Wanita Berkerudung
My Blog,  Wanita berkerudung

Wanita Berkerudung Rambut Tetap Hebat, Bisakah?

Wanita berkerudung cenderung memiliki masalah rambut yang umum seperti ketombe, rontok dan lain-lain. Jangan menganggap bahwa kerudung merupakan perlindungan paling tepat dari paparan sinar matahari, debu atau polusi. Bisa jadi rambut yang selalu tertutupi kerudung sering mengalami masalah kerusakan yang tak kalah serius. Oleh sebab itu, wanita memakai kerudung tetap wajib melakukan perawatan agar rambut kembali sehat dan hebat. Lalu, bagaimana cara membuat rambut tetap terawat?

Ada beberapa cara merawat rambut wanita berkerudung yang bisa memberikan efek positif bagi kesehatan rambut Anda. Berikut rangkuman tips yang bisa Anda praktikkan demi menjaga rambut tetap hebat dibawah jilbab setiap hari.

  • Menyisir rambut sebelum mandi setiap hari

Jika Anda memiliki kebiasaan menyisir rambut setelah mandi, sebaiknya mulai menyisir rambut sebelum mandi pula. Gunakan siri bergerigi jarang yang bisa meluruskan kembali rambut yang kusut setelah pemakaian jilbab. Menyisir rambut bisa membantu merangsang sirkulasi darah ke kulit kepala Anda.

  • Tidak disarankan menggunakan kondisioner terus menerus

Bagi Anda yang memakai kerudung setiap hari, sebaiknya memilih produk sampo dan kondisioner yang cocok sesuai kondisi rambut. Pilih sampo dan kondisioner ringan agar bisa menyeimbangkan kulit kepala Anda sehingga jauh dari masalah kerontokan dan ketombe. Jangan menggunakan kondisioner setiap keramas, tetapi gunakanlah produk secara berselang hari saja.

  • Rajin melakukan masker rambut

Wanita berkerudung harus lebih perhatian terhadap kesehatan rambut yang senantiasa tertutupi setiap hari. Cara mengembalikan kilau alami rambut adalah rajin membuat masker sendiri. Anda bisa menggunakan rekomendasi jenis masker yang baik untuk kesehatan rambut seperti minyak zaitun, minyak almond dan minyak dari biji bunga matahari.

Masker rambut secara rutin setidaknya dua kali seminggu akan membuat rambut hijab Anda tampak lebih sehat. Anda juga bisa melakukan terapi kesehatan rambut dengan duduk di bawah sinar matahari seminggu sekali selama dua puluh menit saja. Biarkan sinar matahari yang kaya akan vitamin D mendorong kesehatan rambut dan kulit kepala Anda.

  • Jangan suka memakai kerudung sebelum rambut benar-benar kering

Setelah Anda melakukan keramas, sebaiknya biarkan rambut mengering secara alami. Penggunaan hairdryer diperbolehkan kalau Anda memang diburu waktu. Namun, sebaiknya Anda membatasi penggunaan alat elektronik dalam mengeringkan rambut.

Biarkan rambut benar-benar kering sebelum memakai kerudung dan beraktivitas harian. Jika wanita berkerudung selalu membiarkan rambut basah dan tertutupi material hijab, maka dipastikan rambut akan semakin sensitif dan rentan mengalami kerusakan seperti patah atau rontok.

  • Melakukan perawatan rambut yang benar

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan para wanita berkerudung dalam menjaga rambut tetap sehat, tebal dan hebat setiap hari. Anda harus membiarkan rambut tergerai sesekali agar sirkulasi darah tetap lancar dibandingkan mengikat rambut terus menerus. Jangan membiasakan untuk mengikat rambut terlalu kencang yang berdampak pada rambut menjadi lebih lemah. Rambut yang memiliki akar dan helai lemah, bakal lebih gampang rontok, lho!

Selain itu, cara menjaga rambut tetap sehat bagi wanita berkerudung adalah rutin melakukan pemotongan sendiri. Hal ini berlaku untuk rambut wanita yang panjang, tetapi mengalami masalah bercabang atau kemerahan. Potong ujung-ujung yang bermasalah menggunakan gunting secara rutin agar kerusakan tidak semakin parah. Meskipun orang lain tidak bisa melihat rambut Anda, namun Anda wajib melakukan perawatan sempurna demi kesehatan rambut sendiri, bukan?

  • Memilih bahan kerudung terbaik

Selain tahu tips penting dalam merawat rambut di atas, Anda juga harus menggunakan material atau bahan kerudung yang terbaik. Pastikan material kain merupakan bahan yang menyerap keringat atau bisa memberikan kelancaran pada sirkulasi udara yang keluar masuk. Kulit kepala akan bernapas lebih baik kalau memilih kain yang mendukung sirkulasi tersebut.

Wanita berkerudung bisa menggunakan kain-kain yang terbuat dari serat alami seperti sifon atau katun. Kalau memang harus memakai bahan kerudung dari nilon atau polyester, sebaiknya gunakan dalaman kerudung yang bisa melindungi rambut dan kulit kepala dari dampak negatif penggunaan kain kerudung. Jangan lupa untuk menghindari material kerudung yang berwarna hitam pada masa panas sebab lebih gampang menyerap panas.

Nah, apakah Anda sudah mempraktikkan beberapa tips menjaga rambut tetap sehat bagi wanita berkerudung di atas? Kerudung atau jilbab tidak akan menghalangi Anda untuk tampil lebih sempurna dengan bebas dari gatal, ketombe atau masalah kesehatan rambut yang lain. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang bisa mendukung kesehatan rambut lebih baik. Makanan kaya asam amino dan protein seperti ikan salmon, kenari, telur, bayam, dan lain-lain wajib masuk dalam menu harian Anda.

Jangan lupa pula untuk menghindari gaya hidup tidak sehat yang semakin memperburuk kesehatan rambut Anda. Hindari kebiasaan buruk seperti merokok, alkohol, begadang atau stress berlebihan yang bisa memicu masalah kerusakan rambut. Rambut yang sehat didukung oleh pikiran yang selalu bahagia dan bebas dari stress. Yuk, ciptakan rambut yang sehat dan hebat bagi wanita berkerudung setiap hari!