Tren Busana Muslim 2020
busana Muslim,  My Blog

Tren Busana Muslim 2020

Dari waktu ke waktu, yang namanya tren busana Muslim akan terus berkembang. Salah satu faktor yang dipertimbangkan adalah mengenai selera masyarakat. Perkembangan ini tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di negara-negara lain.

Fashion muslim juga mempunyai istilah yang lain yaitu modest fashion. Dengan berkembangnya tren busana muslim yang digemari oleh konsumen, hal ini juga membuat para desainer membuat inovasi baru dalam mendesain busana model terbaru.

Untuk di tahun 2020 sendiri, diprediksikan bahwa tren hijab dan baju-baju muslimah akan condong pada warna dan nuansa berbau alam. Salah satu brand hijab yang cukup terkenal di Indonesia yaitu Elzatta juga mengira-ngira warna yang akan umum dikenakan adalah warna seperti coklat, oranye, olive dan hijau. Hal ini dikatakan mengingat sedang maraknya zero waste fashion serta tren sustainable.

Di bawah ini, akan diulas beberapa pilihan gaya busana Muslim yang kekinian dan sedang tren namun tetap tidak menyalahi aturan. Siapa tahu gaya-gaya berikut bisa memberi Anda inspirasi untuk padu padan pakaian.

Pleats & Ruffles

Apabila Anda menyukai desain pakaian pleated seperti pleated skirt yang kekinian, kini akan ada inovasi terbaru yang tidak jauh-jauh dari desain pleated tersebut, yaitu pleats & ruffles. Kalau biasanya desain ada pada rok, diprediksikan bahwa atasan sampai dress dengan detail berbau pleats akan muncul dan menjadi tren busana Muslim 2020.

Selain pleats, ruffles juga diperkirakan akan banyak dicari dan menjadi tren busana terbaru. Salah satunya adalah model ruffles pada bagian bawah pakaian ditambah motif bunga yang akan mempercantik penampilan dan memberikan kesan yang feminin.

Tabrak Motif

Menggabungkan dua motif yang berbeda dan berabtabrakan dalam pakaian harus hati-hati agar kesan yang ditimbulkan tidak terlihat norak. Nah akan tetapi pada tahun 2020 ini Anda bisa mencampurkan kedua motif tersebut dan berkreasi karena dengan memadukan motif dengan tepat, penampilan tidak akan norak, tapi malah terlihat unik dan edgy.

Hal-hal yang tetap harus diperhatikan dalam memasangkan dua motif adalah Anda harus memastikan bahwa kedua motif tersebut bentuk dasarnya tidak jauh berbeda, contohnya adalah motif kotak dengan motif plaid. Yang kedua, jangan sampai warna keduanya kontras. Akan lebih baik jika warnanya senada tapi tidak sama.

Outerwear

Jenis pakaian outerwear ini memang sedang menjamur dan sering digunakan oleh banyak kalangan. Termasuk Anda yang biasa menggunakan busana Muslim. Jenis-jenis outerwear yang ada contohnya adalah cardigan, blazer dan coat. Semuanya bisa Anda mix dengan busana Anda yang berhijab supaya tidak terlihat monoton.

Kalau mencari yang cocok untuk segala jenis pakaian, coat yang panjang adalah salah satu referensinya. Coat yang panjangnya mencapai mata kaki bisa dipakai ke berbagai tempat, misalnya ke kantor, atau sekadar jalan-jalan santai dan tetap terlihat keren.

Tren Warna

Di setiap tahun, selalu ada warna-warna baru yang menjadi tren pada pakaian. Seperti yang dibilang sebelumnya bahwa diperkirakan pada tahun 2020 ini warna yang akan umum digunakan adalah warna-warna yang earthy, contohnya seperti terakota, olive dan champagne.

Selain warna-warna yang cenderung coklat tersebut, ada juga warna biru yang juga tidak kalah marak di pasaran. Tidak heran mengingat classic blue menjadi warna terpilih dalam Pantone’s 2020 Color of The Year.

Jika ingin menggunakan warna biru dalam pakaian Muslim Anda, tunik dengan warna navy dengan sentuhan sedikit motif pastel berdesain klasik akan cocok jika Anda padukan dengan pakaian apapun.

Gamis Model Mermaid

Untuk menghadiri acara yang formal, tentunya tidak bisa menggunakan sembarang pakaian. Gamis dengan model mermaid ini bisa menjadi salah satu referensi busana Muslim yang sedang kekinian dan tren. Disebut model mermaid karena potongan bajunyayang mirip dengan sirip putri duyung.

Dengan renda-renda yang dikombinasikan dengan kain organza, bisa membuat tampilan Anda terlihat lebih elegan dan manis. Selain untuk dipakai pada acara formal, model yang satu ini juga bisa menjadi pilihan untuk dikenakan para bridesmaid pada hari pernikahan.

Gamis Batik

Pilihan lainnya untuk menghadiri acara formal seperti pesta adalah gamis dengan motif batik. Meskipun batik adalah jenis kain tradisional, namun Anda tetap bisa menghadiri acara formal dengan tampil trendi dengan pakaian ini karena sentuhan bahannya yang unik.

Sportswear

Bagi Anda para pembaca sekalian yang menyukai tampilan hijab yang sporty dan sedikit tomboi, kini ada berita baik. Nike selaku salah satu sportswear terkenal di dunia, sudah meluncurkan koleksi pakaian Nike Pro Hijab yang terbaru. Desain ini dikhususkan bagi para konsumen beragama Islam.

Ini termasuk pertama kalinya Nike merilis hijab made-for-athletes dan langsung disambut dengan antusias oleh para konsumen yang berhijab. Hanya menunggu waktu sebelum retail-retail merek lain akan merilis desain pakaian olahraga yang mirip-mirip untuk para pembeli Muslim.

Maraknya model sportswear terbaru ini membuatnya diperkirakan akan menjadi salah satu tren pada busana Muslim di tahun 2020.

Itulah beberapa tren busana Muslim yang diprediksikan akan melejit pada tahun 2020. Bagaimana, apakah Anda berminat untuk membelinya?