wanita muslimah
Wanita berkerudung

Tips Menjadi Seorang Wanita Muslimah yang Sesuai Syariat Islam

Menjadi seorang wanita muslimah yang diridhoi Allah SWT tentu menjadi impian banyak perempuan muslim. Sebelum datangnya Islam, kedudukan wanita di zaman Jahiliyah sangat rendah. Setelah datangnya Islam, kedudukan wanita dimuliakan oleh Allah hingga diberilah aturan-aturan yang berguna untuk membuat seorang muslimah itu tetap tinggi nilai derajatnya. Lalu, kira-kira bagaimana menjadi seorang muslimah yang baik? Yuk, kita ikuti tipsnya di ulasan berikut ini.

Kiat Sukses Menjadi Wanita Muslimah Sesuai Syariat Islam

wanita muslimah

Atas izin Allah SWT, wanita-wanita ditinggikan derajatnya dalam Islam melalui perantara bimbingan Rasulullah SAW. Tidak hanya dimuliakan, wanita-wanita juga diberi banyak keberkahan yang mana tidak dimiliki oleh kaum Adam. Namun tentunya, semua sisi mulia dan keberkahan itu hanya bisa didapatkan ketika mereka menjadi muslimah yang baik.

Adapun untuk menjadi seorang muslimah sejati, ada beberapa hal yang harus kaum hawa lakukan dengan istiqomah. Tidak hanya berpegang teguh pada kodratnya sebagai seorang anak dan istri, para wanita muslimah juga harus mengerti bagaimana menjaga kehormatan dirinya sebagai seorang muslimah sejati.

Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjadi seorang muslimah yang baik dan sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan Al-Hadits sebagai dua pedoman hidup Umat Islam, antara lain :

  • Hati-Hati dan Selalu Menjaga Perkataan

Anda akan disebut sebagai seorang muslimah sejati ketika Anda mampu menahan diri dan selalu berhati-hati dalam bertutur kata. Sebagaimana yang Anda ketahui, Allah memberikan manusia lima panca indera agar bisa dipergunakan dengan baik tanpa merugikan sesama makhluk Allah lainnya.

Sayangnya, perilaku ghibah alias bergosip sudah lekat dengan diri seorang wanita. Di zaman serba modern ini, bergibah bahkan tidak hanya dilakukan dengan cara mouth to mouth, tapi juga dengan mengetik online. Seperti yang Anda tahu, ada banyak akun penyebar gosip di social media yang tidak hanya menyebar fitnah, melainkan juga menyebar ujaran kebencian yang mana sangat tidak pas dengan perilaku seorang muslimah.

Nah, sebaiknya Anda menahan diri di hal-hal tersebut. Selain itu, ada baiknya juga Anda menahan diri dan berhati-hati kala berbicara dengan orang lain. Pasalnya, ucapan kita kadang tak sengaja akan menyinggung dan melukai hati orang lain meski kita tidak bermaksud melakukannya. Jika sudah begitu, diam adalah emas dan ketika Anda bermawas diri dalam bertutur kata, maka Anda sudah satu langkah lebih dekat dengan perilaku seorang muslimah.

  • Menutup Aurat Sesuai Syariat Islam

Keduanya, tentunya cara untuk menjadi wanita muslimah yang baik adalah dengan menutup aurat sesuai yang sudah disyariatkan dalam agama Islam. Adapun aurat wanita adalah seluruh anggota tubuhnya, kecuali muka dan telapak tangan. Namun, tak sedikit pula wanita yang beranggapan jika muka mereka pun bisa mendatangkan dosa sehingga cara yang sering dipilih adalah dengan mengenakan cadar.

Sebenarnya, cadar tidak dilarang, namun juga tidak diwajibkan. Adapun yang diwajibkan adalah mengenakan hijab dan mengenakan pakaian longgar yang tidak membentuk tubuh. Seorang muslimah harus mampu menyembunyikan auratnya sebaik mungkin agar terhindar dari godaan setan dan juga selalu mendapatkan keberkahan dari Allah di setiap langkahnya.

  • Berakhlaqul Karimah

Terakhir, menjadi seorang muslimah sejati bisa Anda tempuh dengan selalu berusaha memiliki akhlaqul karimah. Manusia memang tidak akan pernah luput dari dosa, namun setidaknya dengan selalu mengikuti ajaran Rasulullah SAW dalam berperilaku di keseharian, Anda akan terhindar sejauh mungkin darinya.

Akhlak yang baik tidak hanya harus Anda berikan kepada diri sendiri, namun juga harus Anda perlakukan kepada orang-orang di sekitar Anda, terutama orang tua. Doa orang tua sangat mustajab dan Allah selalu meridhoi langkah seorang anak yang mendapat ridho orang tuanya.

Selain orang tua, wanita juga harus berakhlaqul karimah kepada suaminya. Ketika seorang wanita muslimah menikah, maka surganya berada di tangan suami dan begitu juga murka Allah pun berdasar murka suami. Oleh karena itu, seorang muslimah sejati harus mampu membuka pintu surga dengan selalu berbuat patuh dan baik kepada suaminya.

Langkah pungkasan, Anda yang ingin menjadi seorang muslimah taat harus bergaul dengan sesama muslimah yang juga sholehah. Ketika Anda saling bertemu, saling berbincang, dan saling berbagi ilmu, maka cerminan positif masing-masing diri Anda akan saling membangun dan membantu Anda untuk meningkatkan kualitas diri menjadi seorang muslimah sejati.

Demikian ulasan mengenai tips menjadi seorang wanita muslimah yang sejati. Semoga dengan mengikuti saran ini, Anda dapat meningkatkan kualitas diri dan menjadi seorang muslimah yang tidak hanya memberi inspirasi kepada muslimah lain, namun juga menjadi pembawa kebahagiaan dan juga cahaya kepada orang tua, suami, dan anak-anak Anda di rumah. Semoga ulasannya bermanfaat untuk Anda dan bisa anda cari tahu tentang informasi lainnya di https://www.stoprefabuse.com, kiat mencari usaha dan bisnis 2020 terbaru secara online.