kepribadian wanita muslim
Wanita berkerudung

Apa Saja Kepribadian Wanita Muslim?

Islam merupakan suatu agama yang sangat menjunjung tinggi hak seorang wanita. Dalam Islam, seorang wanita memiliki kedudukan yang sangat istimewa. Seorang wanita yang telah menjadi ibu harus selalu dihormati dan ditanggung kehidupannya oleh anak laki-lakinya. Meskipun anak laki-laki tersebut sudah mempunyai rumah tangga sendiri. Selain itu, seorang suami juga harus memperlakukan istrinya dengan lembut, memenuhi kebutuhan hidupnya baik secara lahir maupun batin. Seorang kakak laki-laki juga harus menjaga adik perempuannya sehingga adik perempuannya dapat hidup dengan  nyaman.

Wanita muslim juga selalu dijaga kehormatannya oleh agama Islam. Seorang wanita muslim diharuskan untuk menutup aurat agar kehormatan mereka tidak diganggu oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Hal ini dimaksudkan agar para wanita muslim tidak menjadi pusat perhatian para kaum lelaki yang bisa saja berlaku kurang ajar kepada mereka.

Selain mempunyai hak yang selalu mengiringi mereka dalam setiap langkah, seorang wanita muslim juga diwajibkan oleh beberapa hal. Salah satunya adalah bagaimana kepribadian wanita muslim  harus ditampilkan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar seorang wanita muslim memiliki kepribadian yang sesuai dengan tuntunan yang ada pada agama. Kepribadian tersebut terdiri dari bagaimana mereka menjaga tutur kata yang diucapkan, sikap yang dilakukan, serta penampilan mereka.

 Para wanita muslim juga harus mampu menghadapi masalah yang mereka punya dengan cara yang telah ditetapkan dalam agama Islam. Ada banyak ciri dari kepribadian wanita muslim yang harus dimiliki oleh setiap wanita muslim atau yang juga disebut sebagai muslimah. Berikut ini adalah beberapa kepribadian yang harus dimiliki oleh seorang muslimah.

Macam – macam Kepribadian Wanita Muslim yang Harus Dimiliki

kepribadian wanita muslim

Salah satu bentuk kepribadian wanita muslim adalah dengan memiliki ‘aqidatus salima atau salimul ‘aqida yang berarti akidah yang lurus. Arti dari akidah yang lurus adalah bahwa seorang wanita muslim harus meyakini bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan yang disembah. Selain itu, setiap kehidupannya merupakan jalan yang sudah ditakdirkan. Wanita muslim yang memiliki akidah yang lurus harus menjalani kehidupannya dengan tata cara yang telah ditetapkan oleh Allah. Mereka juga harus membagun kedekatan secara spiritual dengan Allah.

Wanita muslim juga harus tahu apa saja ibadah yang boleh dilakukan dan bagaimana caranya atau dengan kata lain disebut dengan shahihul ibadah. Wanita muslim harus beribadah sebagaimana Rasulullah Muhammad SAW beribadah. Untuk melakukan tata cara beribadah yang benar, maka seorang wanita muslim harus belajar tentang hal ibadah dalam Islam.

Kepribadian wanita muslim juga dapat dilihat dari akhlak yang dimiliki oleh seorang wanita muslim. Mereka harus memiliki akhlak yang kuat atau disebut dengan matinul khuluq. Wanita muslim memiliki akhlak yang baik kepada sesama manusia, makhluk hidup yang lain serta kepada Allah.

Kepribadian Muslimah dalam Kehidupan

kepribadian wanita muslim

Seorang muslimah juga harus memiliki wawasan yang luas atau yang disebut dengan mutsaqqol fikri. Mereka harus mengerti tentang permasalahan yang terjadi dan mampu berpikir jernih untuk menyelesaikannya. Selain itu, seorang wanita juga akan menjadi ibu yang menjadi madrasah atau sekolah bagi anaknya. Sehingga, mereka harus mempunyai pandangan pemikiran yang luas.

Menjadi seorang muslimah juga perlu memiliki jasmani yang kuat atau disebut dengan qowiyyul jism. Hal ini berlaku tidak hanya bagi seorang muslimah tetapi juga bagi seluruh umat manusia. Memiliki jasmani yang kuat akan membuat muslimah mampu menjalani aktivitasnya yang padat. Sehingga, mereka bisa berkontribusi lebih terhadap lingkungan sekitar.

Selain itu, seorang muslimah juga harus mampu melawan hawa nafsu atau yang disebut dengan mujahadatul linafsihi. Hawa nafsu merupakan salah satu tantangan yang harus dilawan oleh seorang muslimah karena hawa nafsu dapat menjerumuskan manusia kepada perbuatan dosa yang merugikan kehidupannya.

Menjadi orang yang dapat menggunakan waktu dengan baik atau harishul ‘ala waqtihi juga merupakan salah satu kepribadian yang harus dimiliki oleh seorang muslimah. Seperti yang kita tahu bahwa waktu merupakan salah satu hal yang tidak akan bisa kembali. Oleh karena itu, waktu harus digunakan dengan sebaik-baiknya.

Selain itu, setiap muslimah juga akan berusaha untuk membuat sebuah keteraturan dalam setiap urusan yang menyertai mereka. Kepribadian ini disebut dengan munazhzahmun fi syuunihi. Biasanya, mereka akan membuat beberapa daftar yang harus dilakuakn agar setiap aktivitas yang mereka lakukan bisa terlaksana dengan baik.

Menjadi seorang muslimah juga bukan berati akan bergantung pada orang lain. Seorang muslimah juga dapat mempunyai kepribadian mandiri atau qadiirun ‘alal kasbi. Hal ini berarti mereka bisa mengerjakan urusan mereka tanpa harus bergantung pada orang lain. Tentu saja hal tersebut akan berguna bagi kehidupan mereka dimana banyak tuntutan pekerjaan yang harus dilakukan oleh seorang wanita. Untuk pembahasan lain tentang islam yang dapat kami ulas dalam situs https://wasabicary.net, informasi terbaru tentang kepribadian dan juga forum seputar berita online terkini bisa anda langsung kunjungi situs tersebut.