Agenda Harian Muslim
agenda muslim

Inilah Agenda Harian Seorang Muslim yang Patut Kita Amalkan

Sebagai umat muslim, kita memang harus memiliki sikap disiplin dalam melakukan aktivitas harian yang berkaitan dengan ibadah. Sudah sepatutnya muslim mengamalkan ibadah sebaik mungkin selama ada kesempatan. Ya, kematian merupakan kepastian semua makhluk hidup di dunia ini. Sudah seyogyanya kematian menjadi pengingat agar diri bisa menjadi lebih baik lagi.

Jika Anda merasa kesulitan membagi waktu antara dunia dan akhirat selama ini, coba saja membuat daftar agenda harian muslim secara konsisten.

Agenda Harian Muslim

Berikut agenda harian muslim yang bisa Anda lakukan agar bisa membentuk kedisiplinan ibadah setiap hari.

  • Aktivitas sepertiga malam

Ibadah pada sepertiga malam lebih berharga dibandingkan seisi dunia. Sudah sepatutnya umat muslim melakukan ibadah pada sepertiga malam demi mengharap ridho Allah SWT. Barang siapa yang melaksanakan shalat sunah dan berdoa pada akhir malam, maka Allah SWT akan mengampuni semua dosa dan mengabulkan semua permintaan hamba-Nya.

Anda bisa melakukan shalat sunah Tahajjud dua raka’at dan memanjangkan waktu ruku’ dan sujud, shalat witir dan melakukan ibadah lain seperti dzikir dan membaca Al-Qur’an sampai masa shubuh tiba. Insyaallah amalan sepertiga malam memiliki pahala yang besar. Keluh kesah pada Allah SWT jauh lebih baik daripada kepada sesama manusia, lho!

  • Ibadah shubuh dan terbit fajar

Sebaiknya laki-laki melakukan agenda harian muslim di masjid untuk shalat shubuh berjamaah. Sibukkan diri dengan tilawah, dzikir atau membaca Al-Qur’an sampai waktu shalat berjamaah dimulai.

  • Melaksanakan ibadah shalat dhuha

Sejak terbit matahari mulai sekitar pukul 7 pagi, Anda bisa melaksanakan ibadah shalat dhuha terlebih dahulu. Melakukan ibadah dhuha walau hanya dua raka’at merupakan amalan sunah yang memiliki pahala besar.

  • Bekerja atau belajar

Agenda harian muslim memang tak lepas dari kegiatan yang berkaitan dengan dunia. Bekerja merupakan ibadah yang memiliki pahala besar di sisi Allah SWT sebab manusia mencari rejeki halal dengan kerja keras. Setiap tetes keringat yang keluar demi memberi nafkah untuk keluarga akan dicatat sebagai amal baik Anda. Untuk orang yang masih belajar, maka niatkanlah urusan mencari ilmu karena Allah SWT.

Untuk ibu rumah tangga yang berada di rumah, lakukanlah aktivitas harian didasari karena ikhlas dan ridho. Insyaallah semua lelah karena mengurus urusan rumah tangga, anak dan menyiapkan keperluan suami akan mendapatkan pahala besar di sisi Allah SWT. Jangan lupa untuk senantiasa memanfaatkan waktu luang untuk dzikir, shalawat dan membaca Al-Qur’an.

  • Agenda shalat dhuhur dan ashar

Manusia memang tidak lepas dari kegiatan atau aktivitas harian yang berurusan dengan dunia. Namun, jangan lupakan agenda harian muslim yang wajib yaitu melaksanakan shalat dhuhur dan ashar. Luangkan waktu disela istirahat kerja Anda untuk shalat. Jika Anda punya waktu luang, tidak ada salahnya melakukan shalat sunah lain.

  • Agenda jelang dan habis shalat maghrib

Jika waktu sudah beranjak sore, seorang muslim wajib untuk menyelesaikan segala urusan dengan sebaik-baiknya. Bersihkan diri dan persiapan melaksanakan ibadah maghrib di masjid atau rumah. Sibukkan diri dengan mendengarkan ceramah atau tilawah Qur’an jelang shalat maghrib tiba. Selanjutnya bisa melaksanakan agenda harian muslim berupa ibadah shalat maghrib dan membaca Al-Qur’an.

  • Agenda shalat isya’

Setelah aktivitas penting seperti makan malam, lanjutkan agenda harian muslim yang terakhir sebelum pergi ke tempat tidur. Anda harus menunaikan shalat isya’ di masjid atau rumah untuk kaum perempuan. Jangan lupa memperbanyak doa setelah shalat isya’ atau membaca Al-Qur’an. Aktivitas selanjutnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Misalnya anak-anak memiliki jadwal untuk belajar atau orangtua lebih banyak mengobrol dan berkomunikasi. Aktivitas yang positif bisa mendukung lingkungan keluarga yang kondusif untuk pertumbuhan anak-anak. Bolehkah menonton televisi atau acara hiburan lain? Tentu saja boleh. Selama Anda bisa menyeimbangkan hidup antara dunia dan akhirat, kenapa tidak? Hiburan merupakan salah satu kebutuhan hidup manusia selama Anda tahu mana yang mendatangkan berkah atau mudharat.

  • Tidur

Agar tidur Anda memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, sebaiknya pergi tidur lebih awal. Rasulullah selalu menganjurkan umat untuk tidur lebih awal agar bisa bangun sebelum shubuh tiba. Tidur pukul 9 atau 10 malam bisa membuat tubuh Anda lebih bugar dan prima. Jangan lupa untuk mengambil wudhu dan berdo’a kepada Allah SWT agar diberikan kesempatan hidup keesokan hari. Jika mati datang dalam tidur, muslim bisa mati dalam kondisi husnul khatimah.

Agenda harian muslim wajib dilakukan sebaik mungkin agar Anda tidak menyesal kemudian hari. Hal yang tidak bisa kembali di dunia adalah waktu. Jadi, manfaatkan waktu yang ada untuk memperbanyak amal shalihah tanpa meninggalkan kewajiban Anda di dunia.

Contoh rangkuman di atas bisa saja berbeda pada setiap individu muslim, namun tetap utamakan ibadah yang wajib sebelum melakukan ibadah sunah, ya! Yuk, mari menjadi pribadi muslim yang terus berubah menjadi lebih bertaqwa lagi!