Kenali!!! Inilah 5 Tanda Bayi Sehat Dalam Kandungan

Kenali!!! Inilah 5 Tanda Bayi Sehat Dalam Kandungan – Semua ibu yang mengandung pasti mengharapkan kesehatan pada janinnya. Untuk itu perlu bunda-bunda ketahui tentang tanda atau ciri-ciri bayi Anda sehat dan normal selama dalam kandungan. Apa saja tandanya? ini dia pembahasan selengkapnya.

Kenali!!! Inilah 5 Tanda Bayi Sehat Dalam Kandungan

1. Ibu hamil mengalami kenaikan berat badan

Kenaikan berat badan saat hamil merupakan salah satu tanda janin berkembang normal dan sehat dalam kandungan. Jika ibu hamil tidak mengalami kenaikan berat badan yang sesuai dengan usia kehamilannya, maka segera konsultasikan ke dokter, karena dikhawatirkan janin dalam kandungannya tidak berkembang secara normal atau terjadi masalah pada janin Anda.

Kenaikan berat badan yang ideal selama kehamilan berkisar antara 12 – 15 kg. Menurut WHO:

  • Jika berat badan ibu termasuk pada golongan kurang maka direkomendasikan kenaikan berat badannya antara 12 – 15 kg.
  • Jika berat badan ibu termasuk normal maka kenaikan berat badan harusnya berkisar antara 9 – 12 kg.
  • Dan jika termasuk pada golongan berlebih (overweight) maka kenaikan berat badan biasanya diantara 6 – 9 kg. Perlu diketahui bahwa ibu yang hamil bayi kembar maka kenaikan berat badan normal biasanya lebih tinggi.

Dengan mengetahui ideal atau standar kenaikan berat badan selama hamil, ibu diminta agar lebih mengontrol pola makan dan asupan gizi seimbang selama trimester kehamilan. Kenaikan berat badan selama hamil harus dilakukan secara bertahap, mulai  pada trimester I yakni antara 1-2,5 kg; pada trimester ke II sekitar 5 kg dan 4 – 5 kg pada trimester ke III.

Baca juga: Amalan Dan Doa Doa Ibu Hamil Sesuai Ajaran Islam

2. Ukuran perut ibu hamil semakin membesar

Tanda janin sehat juga bisa dilihat dari membesarnya perut ibu hamil sesuai dengan usia kandungannya. Pada saat memeriksakan kehamilan, dokter ataupun bidan akan memeriksa besarnya rahim untuk mengetahui apakah sudah sesuai atau tidak dengan usia kehamilan, contohnya pada usia kehamilan 20 weeks ditandai dengan ukuran rahim yang teraba setinggi pusar.

3. Jantung bayi berdetak normal

Detak jantung bayi atau janin dalam kandungan memang tidak bisa dideteksi secara langsung oleh ibu hamil, namun dengan menggunakan alat khusus, seperti USG dan doppler, detak jantung janin dalam kandungan ibu bisa dilihat dan didengar secara jelas. Melalui alat ini, dokter bisa mendeteksi apakah janin Anda sehat atau tidak. Detak jantung sehat dan normal apabila berdenyut sebanyak 110/160 kali per menit.

Kenali!!! Inilah 5 Tanda Bayi Sehat Dalam Kandungan

Kenali!!! Inilah 5 Tanda Bayi Sehat Dalam Kandungan

4. Adanya gerakan yang dilakukan bayi

Adanya gerakan pada janin atau bayi dalam kandungan merupakan salah satu tanda janin sehat. Gerakan ini bisa dirasakan oleh ibu hamil ketika usia kehamilan sudah masuk trimester II. Gerakan janin sehat bisa dirasakan sebanyak 6 sampai 10 kali dalam sehari. Gerakan yang dilakukan janin seperti menendang, memukul, menggeliat dan akan terus bertambah kuat seiring bertambahnya usia kehamilan sang ibu. Namun pada umumnya saat kehamilan 7 bulan keatas, gerakan janin akan mengalami penurunan karena semakin berkurangnya ruang gerak janin yang terus bertambah besar.

5. Mengalami perkembangan yang normal

Untuk mengetahui apakah bayi bunda berkembang secara normal dan sempurna, maka rajin-rajinlah memeriksakan kandungan ke dokter atau bidan terdekat. Lakukan pemeriksaan yang menggunakan alat USG untuk mengetahui tumbuh kembang janin dalam kandungan. Dengan pemeriksaan yang dilakukan melalui USG, akan terdeteksi berat bayi, detak jantungnya normal atau tidak, ukuran kepala, panjang tulang dan bagian organ-organ dalamnya akan terdeteksi.

Baca juga: 3 Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Pada Trimester Pertama

Nah itulah sekilas informasi yang harus bunda-bunda ketahui tentang tanda-tanda bayi sehat selama dalam kandungan. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua yang membacanya, sekian terimakasih 🙂

Comments

comments

Kenali!!! Inilah 5 Tanda Bayi Sehat Dalam Kandungan | Catatan Muslimah | 4.5