Inilah 17 Tanda Lemahnya Iman Yang Harus Disadari

Posted on

Inilah 17 Tanda Lemahnya Iman Yang Harus Disadari – Sahabat Muslimah, pernahkah kita berpikir bahwa apa yang kita lakukan merupakan hal yang biasa-biasa saja, padahal jelas-jelas perbuatan yang dilakukan itu adalah perbuatan dosa yang harus dihindari? Pasti jawabannya sering. Kita menyangkal bahwa hal itu adalah wajar, masih banyak orang lain yang lebih dari kita, dalam hal masabodonya melakukan perbuatan dosa.

Jika kita berpikir seperti itu, maka kita termasuk orang-orang yang lemah imannya. Perlu disadari tentang beberapa hal yang sebenarnya jika dilakukan atau terjadi pada diri kita berarti itu menandakan bahwa iman kita sedang lemah. Apa saja tanda-tanda lemahnya iman, berikut catatanmuslimah merangkumnya dari beberapa sumber dan fakta.

Tanda-Tanda Lemahnya Iman Yang Harus Disadari

Jika salah satu atau beberapa point berikut ini ada atau terjadi pada diri kita, maka sadarilah bahwa itu pertanda keimananmu sedang turun, segeralah untuk bertaubat dan belajar untuk merubahnya. Semoga bermanfaat.

1. Tidak merasa bersalah dan takut saat melakukan dosa

Hati yang tidak merasa takut dan bersalah ketika melakukan dosa secara terus menerus, baik itu dosa kecil maupun dosa besar, berarti tidak ada iman dalam hatinya. Jika berani melakukannya, itu pertanda imanmu sangat lemah.

2. Tidak bersahabat dengan Al-Qur’an

Al-Qur’an merupakan pedoman umat Islam, jika mengaku sebagai umat Islam namun tidak pernah membuka, membaca, menghafalkan, menghayati dan mengamalka Al-Qur’an, ini pertanda keimananmu harus segera diperbaiki. Ingat Al-Qu’ran akan datang pada hari Kiamat membawa syafaat untuk para pembaca dan pecinta Al-Qur’an.

3. Malas dalam melakukan ketaatan dan ibadah

Malas-malasan dalam menyegerakan sholat lima waktu, malas berjamaah di Masjid bagi pria, menunda pergi sholat Jumat (datang belakangan, pulang duluan), malas berdzikir, sedikit berdoa, sholat tidak tuma’ninah, tidak khusyu dalam ibadah, malas menuntut ilmu agama dan lain sebagainya. Jika kita sudah mulai malas dalam melakukan ketaatan dan ibadah, itu pertanda bahwa iman kita sedang lemah. Segera diperbaiki sebelum semua terlambat.

4. Tidak marah ketika menyaksikan kemungkaran

Artinya tidak ada sedikitpun perasaan marah dan benci ketika melihat orang-orang disekeliling melakukan kemungkaran, pelanggaran, keburukan dan kebiasaan yang jauh dari syariat dan ajaran Islam. Misalnya, menyaksikan temannya bergaul bebas dengan pacar atau lawan jenisnya (berpegangan, bermesraan, bersentuhan, berciuman dls) di depan mata kepala tanpa sedikitpun ada keresahan dan amarah dalam hatimu, berarti dirimu termasuk orang yang lemah imannya.

Baca juga: 3 Jenis Hati Manusia Menurut Islam Yang Harus Anda Ketahui

5. Berani meninggalkan sunnah

Jika mengaku umat Rasulullah, maka kitapun harus mencintai apapun yang diperintah dan dilakukan oleh Rasulullah SAW. Jangan mengaku umat Nabi Muhamad, jika dalam hidupmu jauh dari sunnah. Banyak sekali sunnah Nabi yang harus kita lakukan, dari hal-hal kecil sampai hal terbesar semuanya ada. Seperti sunnahnya makan, sunnah mandi, sunnah sebelum dan sesudah tidur, sunnah dalam bermuamalah, sunnah dalam beribadah, dan lain sebagainya.

6. Tidak mendahulukan panggilan Allah

Banyak yang mendengar suara adzan sebagai tanda Allah memanggil untuk kita bertemu dengan-Nya, namun kita malah asyik dengan kesibukan yang sifatnya duniawi, seperti sibuk mendengarkan musik, bahkan tidak mematikannya saat ada panggilan Allah, sibuk bermain gadget, tetap asyik ngobrol, dan lain sebagainya. Kecuali jika sedang dalam perjalanan dan sesuatu yang sifatnya tidak bisa dihentikan, maka ada rukhsoh. Namun, jika imanmu lemah, hatimu tidak akan merasa resah dan gelisah karena belum menunaikan kewajibanmu. Kau akan tetap tenang, santai dan melihat waktu masih cukup panjang, jadi diakhir-akhirkan saja, itulah tanda imanmu lemah.

Baca juga: Inilah 3 Panggilan Allah Untuk Manusia

7. Enggan bersedekah

Takut jika bersedekah harta akan habis. Sangat terlihat sekali bahwa tidak ada kepercayaan kepada Allah Zat Yang Maha Memberi dan Mencukupi segala kebutuhan kita. Orang yang takut bersedekah dan enggan mengeluarkan sebagian hartanya untuk orang lain yang membutuhkan, ini pertanda imanmu sangat lemah. Orang yang beriman kepada Allah tidak akan pernah takut untuk bersedekah. Bersedekahlah dengan benar.

Baca juga: 12 Keutamaan Sedekah Berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits

8. Tidak sabar dalam menerima ujian, cobaan dan musibah

Orang yang tidak sabar dan mampu menerima segala ujian, cobaan dan musibah yang menimpanya seperti diuji dengan penyakit, ditinggalkan orang yang dicintai, kehilangan harta benda dan lain sebagainya, itu salah satu pertanda lemahnya iman. Orang yang memiliki iman yang kuat, akan sabar dan ikhlas menerima apapun yang ditakdirkan oleh Allah kepada dirinya.

9. Berlebih-lebihan dalam segala hal

Apapun yang berlebihan itu tidak diperbolehkan. Seperti berlebihan dalam hal berpakaian, berdandan, makan dan minum, berbicara, menyanjung yang tidak sesuai, membelanjakan harta dan lain sebagainya. Semua itu ada larangannya. Orang yang suka berlebihan itu temannya syetan, maka hindarilah segala sesuatu yang sifatnya berlebihan.

Baca juga: Larangan Banyak Makan Dan Tidur Dalam Islam Berdasarkan Hadits

10. Mengucapkan atau menggunakan bahasa yang kotor

Yang sering dan biasa mengucapkan kata atau bahasa yang seronok, kasar dan kotor itu menandakan tidak adanya keimanan dalam hatinya. Yang pernah keceplosan karena sedang emosi, itu pertanda bahwa iman dalam hatinya sedang melemah. Maka, jagalah bahasa, jagalah ucapan dan kata-kata dari hal-hal yang merugikan keimanan kita.

11. Gila harta dan kedudukan

Orang yang mati-matian mempertaruhkan dirinya untuk mendapatkan jabatan tinggi demi memperoleh kekayaan, kehormatan dan disegani banyak orang, itu menandakan kosongnya keimanan dalam hatinya. Ingin menjadi pemimpin tetapi kurang dalam hal kemampuan dan tanggung jawab.

12. Berlaku kasar pada orangtua

Tidak hanya untuk orangtua (ayah dan ibu) saja kita hormat dan berperilaku santu, tetapi juga menghargai dan menghormati semua orang yang lebih tua dari kita. Orang yang tidak santun dan berani berlaku kasar pada orangtua dan orang yang lebih tua, itu tanda imannya sedang lemah.

Inilah 17 Tanda Lemahnya Iman Yang Harus Disadari
Inilah 17 Tanda Lemahnya Iman Yang Harus Disadari

13. Mendoakan hal buruk kepada orang lain

Orang yang beriman tentu akan selalu mendoakan hal-hal yang baik untuk orang lain, meskipun hatinya tersakiti. Hanya orang yang lemah imannya-lah yang selalu mendoakan keburukan pada orang lain.

14. Memiliki hati yang keras

Orang yang memiliki hati keras akan sulit terbuka hatinya, akan sulit menerima nasihat dan sulit memperoleh hidayah. Contohnya, ketika ada yang memberikan nasihat baik kepadanya ia tidak mau menerima, justru mengelaknya, membantah bahkan berani mencemooh orang yang menasehati kebaikan tersebut. Ketika ada yang wafat dan menyaksikan sakaratul maut, tidak sedikitpun hatinya tergugah dan takut akan kematian datang menghampirinya.

15. Mudah diperbudak oleh hawa nafsu

Nafsu itu terbagi menjadi tiga yaitu nafsu mutmainnah (yang mendorong pada kebaikan), lawaamah (mendorong untuk mengoreksi diri) dan amaroh (yang mendorong pada perbuatan salah dan dosa). Orang yang mengikuti nafsu amaroh, tidak bisa mengendalikannya dan selalu menuruti nafsu amaroh maka hal ini menandakan kehancuran iman.

16. Mengalami kegersangan hati

Adapun ciri atau tanda hati yang gersang diantaranya adalah pesimis, mudah putus asa, kurang bersyukur, tidak merasakan ketenangan, kedamaian dan selalu gelisah, tidak merasakan nikmat saat beribadah, selalu mengeluh, iri terhadap orang lain, tidak mau memaafkan kesalahan orang lain, dan lain sebagainya. Jika mengalami hal-hal tersebut itu menandakan bahwa imanmu sangat lemah.

Baca juga: 3 Tanda Orang Bersyukur Kepada Allah SWT

17. Lebih mengutamakan kehidupan dunia

Orang yang lalai pada kehidupan akhirat sangat terlihat jelas pada kehidupan sehari-harinya, sejak bangun sampai tidur kembali apa yang ia lakukan, bagaimana ia menghabiskan waktunya, seberapa banyak ia terlena dengan urusan akhirat? Orang yang lebih mengutamakan kahidupan dunia, maka hidupnya akan sia-sia, tidak terasa saat ini tetapi nanti pada waktu memulai kehidupan yang sesungguhnya. Ingat ketika hari-harimu kau habiskan hanya untuk urusan duniawi, itu menandakan lemahnya iman yang kamu miliki.

Kuat dan lemahnya iman itu bukan ditentukan oleh kecerdasan atau sekolah yang tinggi, tetapi ditentukan oleh kebersihan hati. Nah, itulah beberapa hal yang menandakan lemahnya iman. Semoga tulisan kali ini mengenai Inilah 17 Tanda Lemahnya Iman Yang Harus Disadari dapat menjadikan cerminan dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian terimakasih 🙂

Comments

comments