3 Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Pada Trimester Pertama

Posted on

3 Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Pada Trimester Pertama – Memilih makanan sehat untuk ibu hamil sangat penting sekali terutama pada trimester pertama (3 bulan pertama), karena pada masa-masa awal kehamilan inilah mulai terjadinya proses pembentukan janin didalam rahim. Bagi ibu hamil yang baru pertama kali, mungkin masih banyak membutuhkan pengetahuan tentang seputar kehamilan terutama asupan makanan yang sehat dan bergizi.

Nah, untuk itu perlu diperhatikan beberapa jenis makanan sehat berikut ini yang sangat direkomendasikan untuk ibu hamil terutama pada trimester pertama.

3 Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Pada Trimester Pertama
3 Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Pada Trimester Pertama

Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Pada Trimester Pertama

Hal penting yang harus diperhatikan oleh  ibu hamil dalam memilih makanan sehat adalah makanan tersebut harus berkualitas, artinya makanan tersebut masih segar dan cukup memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan ibu dan juga janinnya.

1. Sayuran

Pada sayuran hijau terkandung zat besi yang amat baik untuk ibu hamil yang bisa membantu mengurangi anemia. Selain itu, sayuran yang kaya akan asam folat ini juga sangat baik untuk memberikan nutrisi pada janin dan ibu hamil. Zat ini berperan penting dalam proses pembelahan dan pertumbuhan sel, sehingga sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin dan juga mencegah kecacatan pada janin.

Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Pada Trimester Pertama

Ada sebagian ibu hamil muda yang mengalami alergi pada sayuran hijau, seperti katuk, bayam, brokoli, wortel dan lain sebagainya. Alergi yang dimaksud yaitu jika ibu hamil mengkonsumsi sayuran justru menambah rasa mual dan menyebabkan muntah. Hal itupun terjadi pada diri saya sendiri, tidak ada sayuran yang bisa tertelan terutama katuk dan wortel. Untuk mengganti nutrisi yang terdapat didalam sayuran bisa diatasi dengan cara mengolah masakan sesuai selera.

2. Buah-Buahan

Jenis asupan makanan berikutnya adalah buah-buahan. Buah-buahan adalah jenis makanan yang kaya akan vitamin, mineral dan serat yang sangat baik untuk ibu hamil. Namun ibu hamil harus tetap cermat dan berhati-hati dalam memilih dan mengkonsumsi buah-buahan. Tidak semua jenis buah-buahan aman dikonsumsi ibu hamil karena kandungannya yang justru dapat membahayakan janin. Buah-buahan yang membahayakan tersebut diantaranya buah durian, nangka, nanas, anggur, pepaya muda dan setengah matang.

Baca juga: Inilah 20 Manfaat Madu Bagi Ibu Hamil

Vitamin dan mineral yang terkandung pada buah-buahan sangat membantu proses pembentukan dan perkembangan janin serta berperan penting dalam menjaga stamina ibu hamil agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Dengan mengkonsumsi buah juga dapat mengurangi gejala morning sickness (mual dan muntah) pada saat hamil muda.

Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Pada Trimester Pertama

Adapun buah yang sangat baik dikonsumsi ibu hamil pada trimester pertama diantaranya: buah naga, apel, semangka, pisang, alpukat, pir, kiwi, tomat, melon, kurma, mangga, jambu dan lain sebagainya. Hal yang harus diperhatikan dalam mengkonsumsi buah adalah memastikan buah tersebut telah dicuci dengan bersih dan higienis. Agar lebih aman sebaiknya buah tersebut (seperti apel, pir, sawo, dls) dikupas sebelum dimakan.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan salah satu jenis makanan yang sangat baik dikonsumsi ibu hamil. Karena kandungan nutrisi yang dimiliki didalam kacang-kacangan sangat baik untuk mendukung proses perkembangan janin di dalam kandungan. Kandungan kalsiumnyapun sangat penting bagi pertumbuhan tulang janin serta memperkuat tulang ibu. Kacang-kacangan juga memiliki kandungan asam folat yang sangat baik bagi ibu hamil. Asam folat ini merupakan salah satu asupan gizi yang sangat dibutuhkan selama masa kehamilan.

Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Pada Trimester Pertama

Jika tubuh kekurangan asam folat maka akan menyebabkan gangguan fungsi otak pada janin, perkembangan janin tidak maksimal atau tidak normal, dapat terjadi kelainan atau kecacatan pada bayi ketika lahir, dan lambatnya perkembangan jaringan-jaringan otak dan sel-sel tubuh pada janin.

Ada 3 jenis kacang-kacangan yang bisa menjadi pilihan terbaik bagi ibu hamil yaitu: kacang hijau, kacang merah dan kacang kedelai. Biasanya kacang hijau diolah menjadi bubur kacang hijau, sedangkan kacang kedelai biasanya diolah menjadi susu kedelai, tahu atau tempe.

Baca juga: 10 Makanan Berbahaya Bagi Ibu Hamil Yang Harus Dihindari

Nah itulah beberapa jenis makanan yang sangat direkomendasikan untuk ibu hamil. Menjaga kesehatan ibu dan janin pada trimester pertama sangatlah penting, karena pada trimester pertama janin masih sangat rentan. Jadi untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan, sebaiknya ibu hamil harus menjaga asupan nutrisi selama masa kehamilan dan menjaga aktivitas serta pikiran agar janin yang dikandung tetap sehat dan berkembang dengan baik.

Semoga pembahasan kali ini tentang 3 Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Pada Trimester Pertama dapat membantu ibu-ibu hamil agar lebih memperhatikan gizi, nutrisi  dan segala asupan makanannya dengan baik dan sesuai dengan kebutuhannya. Terimakasih 🙂

Comments

comments