Mengenal 4 Sifat Nabi Dan Rasul Yang Harus Kita Teladani

Posted on

Mengenal 4 Sifat Nabi Dan Rasul Yang Harus Kita Teladani – Sifat yang dimiliki oleh Nabi dan Rasul adalah sifat-sifat terpuji yang harus menjadi contoh bagi kita umat Muslim. Nabi dan Rasul memiliki sifat wajib dan juga memiliki sifat mustahil. Adapun sifat-sifat wajib bagi mereka ada 4 yakni shiddiq, amanah, tabligh dan fathonah.

Sahabat Muslimah, perlu diketahui bahwa akhlak yang baik itu merupakan ciri dan tanda keIslaman seorang Muslim. Jika seorang Muslim bisa menjaga sifat-sifat terpuji seperti yang dimiliki oleh para Nabi dan Rasul, berarti kita sudah berusaha untuk meneladani akhlak-akhlak terpuji mereka.

Mengenal 4 Sifat Nabi Dan Rasul Yang Harus Kita Teladani
Mengenal 4 Sifat Nabi Dan Rasul Yang Harus Kita Teladani

Dalam Al-Qur’an surat al-Ahzab ayat 21 Allah berfirman:
al-ahzab-21

Artinya: “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu“.

Mengenal 4 Sifat Nabi Dan Rasul Yang Harus Kita Teladani

Sifat Nabi dan Rasul yang wajib diketahui ada 4 seperti yang telah disebutkan diatas. Terlepas dari keempat sifat tersebut, masih banyak sifat mulia lainnya yang harus kita teladani, diantaranya seperti sabar, qonaah, dermawan, pekerja keras, disiplin, bertanggungjawab, rendah hati, penuh kelembutan, dan lain sebagainya.

Baca juga: Nama-Nama 25 Nabi Dan Rasul Yang Wajib Diketahui

Berikut penjelasan tentang sifat-sifat Nabi dan Rasul:

Shiddiq (Benar)

Nabi dan Rasul bersifat shiddiq yang artinya benar dalam setiap ucapan dan perbuatannya. Nabi dan Rasul tidak mungkin dusta atau berbohong (kidzib). Sifat mulia ini sangat penting dimiliki oleh orang beriman. Tidak ada yang keluar dari mulutnya suatu kebohongan, selalu berkata jujur, benar dan tidak ada yang dikurangi atau dilebihkan dalam berucap.

Amanah (Dapat Dipercaya)

Nabi dan Rasul utusan Allah diberikan amanah untuk menyampaikannya kepada umat. Mereka tidak mungkin berkhianat atas amanah yang Allah berikan. Kita harus bisa meneladani sifat ini dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Amanah itu bukan hanya dengan sesama manusia, tetapi juga amanah terhadap diri sendiri juga amanah kepada Allah SWT.

Kita harus mampu menjaga amanah Allah dengan cara menjalankan perintah dan menjauhi segala larangan-Nya. Juga menjaga amanah yang diberikan orang lain kepada kita, jangan sampai kita mengingkarinya.

Tabligh (Menyampaikan)

Nabi dan Rasul selalu menyampaikan apapun yang Allah perintahkan atau diwahyukan kepadanya untuk disampaikan kepada umatnya. Mereka tidak akan menutupi apalagi sampai menyembunyikan wahyu Allah.

Sifat ini bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan cara menyampaikan kebaikan dan kebenaran meskipun itu menyakitkan bagi orang lain. Jangan takut untuk saling menasehati, mengingatkan dan menegur saudara-saudara kita yang salah dengan cara yang benar. Sampaikanlah walau satu ayat, artinya begitu pentingnya menyampaikan suatu kebaikan kepada saudara-saudara kita.

Fathonah (Cerdas)

Kecerdasan seorang Rasul ataupun Nabi tidak dapat tertandingi oleh kita. Namun, belajar dan terus berusaha mengasah kemampuan untuk menjadi orang yang cerdas, insyaAllah bisa kita lakukan. Seorang Nabi dan Rasul mustahil memiliki sifat jahlun (bodoh). Jika Nabi dan rasul tidak memiliki kecerdasan yang luar biasa, tidak mungkin Nabi dan Rasul mampu menyatukan umat yang terpecah belah, saling serang menyerang dan mampu menyampaikan amanah Allah dengan strategi yang tepat.

Baca juga: 12 Cara Ampuh Membuat Otak Lebih Cerdas

Jadi, janganlah kita berdiam dir dalam kebodohan, asahlah kemampuan akal dan pikiran kita untuk bisa menjadi orang yang cerdas, cerdas dalam kebaikan bukan cerdas dalam kejahatan.

Itulah keempat sifat Nabi dan rasul yang harus diteladani dan kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga pembahasan tentang Mengenal 4 Sifat Nabi Dan Rasul Yang Harus Kita Teladani ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua. Tetap istiqomah dijalan-Nya dan terus berusaha untuk memperbaiki diri sendiri. Salam ukhuwah 🙂