Inilah 4 Golongan Yang Dirindukan Surga

Inilah 4 Golongan Yang Dirindukan Surga – Surga merupakan tempat yang paling suci dan mulia. Disanalah puncaknya kenikmatan yang tiada tandingannya. Setiap manusia pasti menginginkan Surga sebagai tempat kembalinya kelak. Namun tidaklah mudah untuk menjadi penghuni Surga, kecuali atas izin Allah dan karena kesabaran kita dalam menjalankan ketaatan kepada-Nya.

Sahabat Muslimah, Surga ternyata memiliki kerinduan, Surga merindukan orang-orang yang sholeh dan taat kepada Allah. Siapa sajakah orang-orang yang dirindukan Surga? Simak uraian selengkapnya berikut ini.

Inilah 4 Golongan Yang Dirindukan Surga

Inilah 4 Golongan Yang Dirindukan Surga

4 Golongan Yang Dirindukan Surga

Dalam sebuah hadits dikatakan:

hadits-4-golongan-yang-dirindukan-surga

Artinya: “Surga merindukan 4 golongan, yakni orang yang membaca Al-Qur’an, yang pandai menjaga lisan, yang mau memberi makan kepada orang yang kelaparan, dan orang-orang yang berpuasa di bulan Ramadhan“.

1. Orang yang membaca Al-Qur’an

Orang yang gemar dan senang membaca Al-Qur’an, memahami dan mengamalkan isinya, menghafal ayat-ayatnya, mengajarkannya kepada orang lain itu merupakan salah satu tanda-tanda orang yang dirindukan Surga.

inilah-4-golongan-yang-dirindukan-surga-membaca-quran

Baca juga: Sejarah Singkat Turunnya Al-Qur’an, Isi Kandungan Dan Keutamaannya

Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam yang mana jika kita membaca dan mengamalkannya, insyaAllah kelak diyaumil qiyamah, Al-Qur’an akan memberikan syafaatnya kepada orang-orang yang mencintai Al-Qur’an. Karena sesungguhnya akhlak Rasulullah SAW adalah Al-Qur’an.

2. Orang yang pandai menjaga lisannya

inilah-4-golongan-yang-dirindukan-surga-menjaga-lisan

Menjaga lisan adalah suatu keharusan. Jika kita tidak mampu menjaga lisan, maka binasalah. Oleh karena itu, orang-orang yang mampu menjaga lisannya dari melakukan fitnah, ghibah, mancaci, menghujat, berbohong, bersumpah palsu, mengadu domba, menyakiti hati orang, menipu, banyak bicara yang tidak ada ilmunya, berbicara yang dilebih-lebihkan dan sejenisnya, maka ia termasuk golongan orang-orang yang dicintai Allah dan Rasul-Nya serta mereka adalah orang-orang yang dirindukan Surga.

Seorang sahabat pernah bertanya kepada Rasulullah: “Apa penyebab terbesar seseorang terjerumus ke dalam neraka?” beliau menjawab: “lisan (lidah) dan kemaluannya“. (HR. at-Tirmidzi)

Baca juga: Waspada Terhadap Ghibah Dan Bahayanya

3. Orang yang mau memberi makan kepada orang yang kelaparan

inilah-4-golongan-yang-dirindukan-surga-memberi-makan

Artinya adalah orang-orang yang memiliki sifat dermawan, gemar bersedekah dan mau menolong antar sesama yang membutuhkan bantuannya, seperti memberikan makan kepada orang-orang yang lapar atau memberi makan orang-orang yang berpuasa (ketika berbuka).

4. Orang-orang yang berpuasa di bulan Ramadhan

inilah-4-golongan-yang-dirindukan-surga-berpuasa

Berpuasa di bulan suci Ramadhan dengan penuh keikhlasan. Selain berpuasa ini merupakan salah satu rukun Islam, ternyata Surga pun merindukan orang-orang yang shaum di bulan penuh kemuliaan dengan tanpa ragu dan ikhlas lillahita’ala.

Baca juga: Inilah 7 Keutamaan Dan Manfaat Puasa Di Bulan Ramadhan

Rasulullah SAW. bersabda yang artinya: “Sesungguhnya di surga ada sebuah pintu yang bernama Ar-Rayyaan. Pada hari kiamat orang-orang yang berpuasa akan masuk surga melalui pintu tersebut dan tidak ada seorang pun yang masuk melalui pintu itu kecuali mereka“. (HR. Bukhari dan Muslim)

MasyaAllah begitu luar biasanya amalan-amalan tersebut, sehingga membuat Surga merindukan para penghuninya yang benar-benar taat kepada Allah SWT. Semoga kita semua senantiasa dapat melakukan semua kebaikan-kebaikan tersebut dengan istiqomah juga amalan-amalan kebaikan lainnya. Aamiin.

Nah itulah pembahasan tentang Inilah 4 Golongan Yang Dirindukan Surga, semoga bermanfaat dan menambah semangat kepada kita semua untuk lebih giat lagi dalam membaca, memahami dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an, mampu menjaga lisan dari perkataan-perkataan keji, kotor dan tidak baik, gemar berbagi kepada sesama, dan lebih meningkatkan lagi kekhusyuan dalam beribadah. Salam ukhuwah 🙂

Comments

comments

Inilah 4 Golongan Yang Dirindukan Surga | Catatan Muslimah | 4.5