Bacaan Niat Puasa Arafah Dan Keutamaannya Lengkap

Bacaan Niat Puasa Arafah Dan Keutamaannya Lengkap – Puasa Arafah merupakan puasa sunnah yang sangat dianjurkan bagi orang-orang yang tidak melakukan ibadah haji di tanah suci. Puasa ini dilakukan pada hari ke-9 Dzuhijjah.

Tentu amat sangat disayangkan jika ada kesempatan baik dari Allah untuk bisa melakukan puasa Arafah tetapi enggan atau malas melakukannya karena alasan sibuk, tidak sanggup, lupa dan lain sebagainya. Karena didalamnya terdapat banyak keutamaan dan keistimewaan yang luar biasa.

Salah satu amalan sunnah yang paling utama pada bulan Dzulhijjah adalah puasa Arafah. Puasa yang memiliki keutamaan cukup besar ini tidak selayaknya ditinggalkan oleh umat Muslim.

Berikut ini akan dibahas tentang keutamaan puasa Arafah dan bacaan niat puasanya serta hukum puasa Arafah.

Bacaan Niat Puasa Arafah

Berikut bacaan niat puasa sunnah Arafah dengan tulisan arab, latin dan terjemahannya.

Niat puasa arafah arab

Nawaitu shauma ghadin min yaumil arafati sunnatal lillahita’ala

Artinya: “Saya niat puasa besok hari arafah sunat karena Allah Ta’ala“.

Keutamaan Puasa Arafah

Hukum puasa Arafah adalah sunnah muakadah. Yakni sunnah yang sangat dianjurkan. Adapun keutamaan dan keistimewaan puasa Arafah, diantaranya yaitu:

  •  Menghapus dosa satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang

Rasulullah SAW. bersabda yang artinya: “Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang“. (HR. Muslim)

Karena tidak ada yang menjamin kita terbebas dari segala perbuatan dosa dari yang ringan sampai dosa yang berat selama satu tahun yang lalu dan tahun yang akan datang. Alangkah baiknya kita gunakan kesempatan yang Allah berikan ini dengan sebaik mungkin.

  • Waktu diijabahnya doa

Rasulullah SAW. bersabda yang artinya: “Sebaik-baik doa adalah doa pada hari Arafah“. (HR. Tirmidzi)

Jadi, manfaatkanlah waktu ini dengan berpuasa dan memohon kepada Allah SWT, insyaAllah doanya akan diijabah oleh-Nya.

Bacaan Niat Puasa Arafah Dan Keutamaannya Lengkap

Bacaan Niat Puasa Arafah Dan Keutamaannya Lengkap

  • Dapat membebaskan kita dari api neraka

Rasulullah SAW. bersabda yang artinya: “Di antara hari yang Allah banyak membebaskan seseorang dari neraka adalah hari Arafah. Dia akan mendekati mereka lalu akan menampakkan keutamaan mereka kepada para malaikat“. (HR. Muslim)

Itulah pembahasan singkat mengenai Bacaan Niat Puasa Arafah Dan Keutamaannya Lengkap. Semoga kita semua dapat melaksanakan sunnah ini dengan baik tanpa ada keraguan. Salam ukhuwah 🙂

Silakan baca juga:

 

Comments

comments

Bacaan Niat Puasa Arafah Dan Keutamaannya Lengkap | Catatan Muslimah | 4.5