4 Bulan Haram Dalam Islam Dan Keutamaannya

Posted on

4 Bulan Haram Dalam Islam Dan Keutamaannya – Sahabat Muslimah, tahukah apa itu bulan haram? Dalam Islam terdapat bulan yang sangat dimuliakan, diistimewakan dan diagung-agungkan yakni bulan haram. Bulan haram merupakan bulan yang suci (syahrullah), sehingga dilarang dan diharamkan melakukan peperangan atau berbuat dosa dan maksiat di bulan-bulan suci itu.

4 Bulan Haram Dalam Islam Dan Keutamaannya
4 Bulan Haram Dalam Islam Dan Keutamaannya

Sebelum membahas ada baiknya kita mengetahui nama-nama bulan dalam kalender Hijriyah. Diawali dengan Muharam, Safar, Rabiul Awal, Rabiul Akhir, Jumadil Awal, Jumadil Akhir, Rajab, Sya’ban, Ramadhan, Syawal, Dzul Qa’idah, dan Dzul Hijjah. Nah dari 12 bulan tersebut, ada empat diantaranya yang termasuk kedalam bulan haram (Syahrul Hurum). Apa saja bulan-bulan haram itu? dan apa saja keutamaannya? Simak pembahasannya berikut ini.

4 Bulan Haram Dalam Islam Dan Keutamaannya

Dalam kalender Hijriyah ada 12 bulan dan diantaranya terdapat 4 bulan yang sangat dimuliakan atau disebut juga dengan bulan haram. Allah SWT berfirman dalam Qur’an surat At-Taubah ayat 36 yaitu:

at-taubah-36

Artinya: “Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah orang-orang musyrik itu seluruhnya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa“.

hadits-tentang-bulan-haram

Artinya: “Bulan-bulan  haram itu  ada  empat:  Rajab,  Dzul  Qa’dah,  Dzul Hijjah, dan Muharram. Satu bulan yang letaknya terpisah (dari yang lain) yaitu Rajab, sementara sisanya terletak berurutan, Dzul Qo’dah, Dzul Hijjah, dan Muharram“.

Abdullab bin Abbas mengatakan: “Janganlah kalian menganiaya diri kalian yaitu pada seluruh bulan  yang  ada,  kemudian dikhususkan  dari  pada bulan-bulan  itu (empat  bulan)  yang  Allah  telah  menjadikannya  sebagai  bulan-bulan  haram,  yang  telah  dilebihkan  kedudukannya  daripada bulan-bulan   yang   lain. Dan   perbuatan   dosa   yang  dilakukan didalamnya lebih besar dihadapan Allah, begitu juga amalan shalih yang dilakukan akan menghasilkan ganjaran yang lebih besar pula“.

Pada bulan-bulan haram itu disunnahkan untuk memperbanyak amalan shalih seperti berpuasa, berdzikir, membaca Al-Qur’an, memperbanyak sedekah, dan berbuat baik. Karena ganjarannya sangat besar dibandingkan pada bulan-bulan yang lain.

Baca selengkapnya: Keutamaan Bulan Muharram Dalam Islam & Kelebihannya

Jadi, sahabat muslimah sekarang sudah tahu kan bulan haram itu apa? yakni bulan yang suci, istimewa dan mulia yang harus kita jaga dari perbuatan maksiat dan dosa, perbanyak amal dan tingkatkan kualitas ibadah pada bula-bulan tersebut, karena Allah telah melebihkan pahala bagi siapa saja yang melakukan kebaikan dan beramal shalih. Semoga pembahasan tentang 4 Bulan Haram Dalam Islam Dan Keutamaannya ini bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.