Pengertian, Ruang Lingkup, Dan Nama-Nama lain Ilmu Kalam

Pengertian, Ruang Lingkup, Dan Nama-Nama lain Ilmu Kalam – Sebagai umat Islam kita harus percaya dan yakin dengan agama yang kita pegang sebagai pedoman hidup. Jika kita berpegang teguh pada ajaran agama, maka insyaAllah hidup kita akan bahagia, selamat dunia dan akhirat. Namun, terlepas dari itu semua, terlebih dahulu kita harus lebih mengenal Allah SWT. apapun tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan Dzat dan keEsaan-Nya. Setiap waktu, setiap hari kita harus memperkuat keimanan atau keyakinan, dimana hal itu merupakan dasar-dasar ketauhidan.

Sebelum pembahasan lebih jauh tentang tauhid, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu tentang apa itu ilmu kalam, ruang lingkupnya dan nama-nama lain dari ilmu kalam.

Pengertian Ilmu Kalam Menurut Para Ahli

Berikut ini akan dipaparkan oleh para ahli terkemuka tentang apa itu ilmu kalam.

Ibnu Kholdun

Beliau adalah seorang ilmuwan dari Tunisia yang dikenal dengan “bapak Sosiologi Islam” itu menjelaskan ilmu kalam sebagai ilmu yang berisi alasan-alasan untuk mempertahankan kepercayaan-kepercayan iman dengan menggunakan dalil-dalil pikiran dan berisi bantahan-bantahan terhadap orang-orang yang menyeleweng dari kepercayaan salaf dan ahli sunnah.

Mustafa Abdul Raziq

Menurutnya, ilmu kalam adalah ilmu yang sangat erat kaitannya dengan keyakinan iman atau aqidah seseorang yang berasal dari argumen-argumen yang rasional.

Muhammad Abduh

Beliau adalah syekh dari Mesir yang merupakan salah satu tokoh pembaharuan pendidikan Islam. Beliau menjelaskan ilmu kalam sebagai suatu ilmu yang membahas tentang wujud Allah, sifat-sifat wajib yang ada bagi-Nya, sifat-sifat jaiz yang disifatkan bagi-Nya, dari sifat-sifat yang tidak ada bagi-Nya, juga membahas tentang rasul-rasul Allah untuk menetapkan kebenaran risalahnya, apa yang wajib ada pada dirinya, hal-hal jaiz yang dihubungkan pada diri mereka dan hal-hal terlarang yang dihubungkan kepada diri mereka.

Al-Farabi

Al-Farabi adalah seorang ilmuwan dan filsuf Islam yang berasal dari Turki. Beliau mengemukakan ilmu kalam sebagai ilmu yang mempelajari tentang ketauhidan atau keesaan zat Allah dan sifat-sifatnya beserta eksistensi-eksistensinya, mulai dari masalah dunia hingga masalah setelah mati yang berlandaskan doktrin Islam.

Pengertian, Ruang Lingkup, Dan Nama-Nama lain Ilmu Kalam

Pengertian, Ruang Lingkup, Dan Nama-Nama lain Ilmu Kalam

Ruang Lingkup Ilmu Kalam

Ruang lingkup pembahasan ilmu kalam mencakup beberapa hal, yaitu sebagai berikut:

Menurut para Mutakallimin (para ahli ilmu kalam), ruang lingkup kajian ilmu kalam itu mencakup tiga hal:

  1. Hal-hal yang berkaitan dengan Allah SWT.
    antara lain tentang Zat-Nya,sifat-sifat-Nya, kekuasaan-Nya, kehendak-Nya, perintah-Nya dan qadha qadar-Nya.
  2. Hal-hal yang berkaitan dengan Rasul utusan-Nya sebagai pembawa risalah kepada manusia. Seperti malaikat, nabi, rasul dan kitab suci.
  3. Hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan yang akan datang.
    Seperti adanya hari kebangkitan, siksa kubur, surga dan neraka.

Menurut Hasan Al-Banna, ruang lingkup pembahasan ilmu kalam mencakup 4 hal:

1. Illahiyat

Yakni kajian tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan Allah, seperti wujud Allah, nama-nama Allah, sifat-sifat Allah, af’al Allah dan lain sebagainya.

2. Nubuwat

Yakni kajian tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan nabi dan rasul termasuk pembahasan tentang kitab-kitab Allah, mu’jizat, karomah dan lain sebagainya.

3. Ruhaniyat

Yakni kajian tentang segala sesuatu yang berhubungan denga alam metafisik, seperti malaikat, jin, iblis, syetan dan lain sebagainya.

4. Sam’iyat

Yakni kajian tentang segala sesuatu yang hanya bisa diketahui lewat sam’i (dalil naqli atau berupa Al-qur’an dan sunah) seperti alam barzakh, akhirat, adzab kubur, surga dan neraka dan lain sebagainya.

Nama-Nama Lain Ilmu Kalam

Ilmu kalam juga dikenal dengan nama-nama seperti berikut ini:

a. Ilmu Tauhid

Dinamakan ilmu tauhid karena pembahasannya lebih ditekankan pada pengesaan Allah SWT dan ini adalah hal yang paling utama.

b. Ilmu Aqidah

Dinamakan ilmu Aqidah karena membahas tentang kepercayaan dalam Islam. Aqidah merupakan aspek fundamental dalam Islam yang berhubungan dengan keimanan dan kepercayaan terhadap hal-hal yang ghaib.

c. Ilmu Ushuluddin

Dinamakan ilmu ushuluddin karena membahas tentang pokok-pokok kepercayaan dalam Islam atau keyakinan pada Tuhan dan itu merupakan asas-asas berdirinya agama, seperti ketauhidan, kenabian, takdir, hari akhir dan lain sebagainya.

d. Teologi Islam

Theo berarti Tuhan dan logos berarti ilmu, jadi teologi Islam ialah sebuah ilmu yang membahas tentang  ketuhanan dalam Islam.

Itulah pembahasan singkat mengenai Pengertian, Ruang Lingkup, Dan Nama-Nama lain Ilmu Kalam semoga dapat bermanfaat dan salam ukhuwah buat semua sahabat catatanmuslimah.com 🙂

Silakan baca juga artikel lainnya:

Comments

comments

Pengertian, Ruang Lingkup, Dan Nama-Nama lain Ilmu Kalam | Catatan Muslimah | 4.5