Luar Biasa!!! 12 Amalan Ini Berpahalakan Surga

Posted on

Luar Biasa!!! 12 Amalan Ini Berpahalakan Surga – Betapa Maha Pemurahnya Allah kepada hamba-hamba-Nya. Memberikan pahala dan balasan yang tidak tanggung-tanggung atas perbuatan yang sering dilakukan hamba-hamba-Nya. Ada banyak sekali amalan ringan yang sering terabaikan padahal jika kita melakukannya dengan ikhlas, niat lillahta’ala insyaAllah Surga balasannya.

Berikut ini ada beberapa amalan yang berpahalakan Surga:

  1. Menyembah Allah dengan tidak menyekutukannya dengan sesuatu apapun
  2. Memenuhi semua rukun Islam
  3. Melaksanakan haji yang mabrur
  4. Selalu membaca sayyidul istighfar
  5. Memelihara anak yatim
  6. Sholat sunnah 12 rokaat setiap hari (sholat sunnah Rawatib)
  7. Memberi salam
  8. mempererat silaturahmi
  9. Qiyamul lail (sholat malam)
  10. Berwudhu secara sempurna dilanjutkan doa (syahadatain)
  11. Membaca surat Al-Ikhlas 10 kali dalam sehari
  12. Membaca doa ketika masuk pasar

Amalan Berpahalakan Surga

Luar Biasa!!! 12 Amalan Ini Berpahalakan Surga
Luar Biasa!!! 12 Amalan Ini Berpahalakan Surga

1. Menyembah Allah dengan tidak menyekutukannya dengan sesuatu apapun

Mempertahankan keimanan adalah pokok penting dalam meraih Surga. Orang yang tidak beriman, pasti akan mudah menyekutukan Allah. Sehingga perbuatannya tidak akan diampuni oleh Allah. Dalam sebuah hadits dikatakan: Dari Abu Ayyub, yaitu Khalid Ibn Zaidal Anshari ra. bahwa ada seorang lelaki berkata:

Hadits tentang tidak menyekutukan Allah

Artinya: “Ya Rasulullah, beritahukanlah kepada aku tentang suatu amalan yang dapat memasukkan aku ke dalam surga. Kemudian Nabi saw. bersabda: “Kamu menyembah Allah dan janganlah engkau menyekutukan dengan sesuatu apapun, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan menyambung silaturrahmi“. (Muttafaq ‘alaih)

2. Memenuhi semua rukun Islam

Amalan lainnya yang dapat menyebabkan masuk ke dalam Surga adalah mendirikan sholat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan dan melaksanakan ibadah haji jika mampu. Semua itu terangkum dalam rukun Islam. Jika semua rukun Islam terpenuhi selama hidup di dunia dengan tidak menyekutukan Allah, insyaAllah pintu surga terbuka untuk orang-orang yang menjaga amalan tersebut.

Dari Mu’az ra. Aku berkata:

Hadits tentang menyembah allah

Artinya: “Ya Rasulullah, beritahukanlah kepada aku dengan sesuatu amalan yang dapat menyebabkan aku masuk surga dan menjauhkanku dari neraka. Beliau bersabda: “Engkau menanyakan sesuatu yang agung, tetapi sesungguhnya hal itu mudah bagi orang yang dimudahkan oleh Allah. Sembahlah Allah, dan janganlah engkau menyekutukan-Nya dengan suatu apapun, mendirikan shalat, menunaikan zakat, berpuasa Ramadhan dan mengerjakan ibadah haji jika mampu“. (HR. Tirmidzi)

3. Melaksanakan haji yang mabrur

Dari Abu Hurairah ra. berkata bahwa Rasulullah SAW. bersabda:

Hadits tentang haji mabrur

Artinya: “Umrah yang satu sampai umrah yang berikutnya merupakan kaffarah terhadap dosa yang dilakukan dalam rentang waktu antara kedua umrah itu. Dan haji yang mabrur tidak ada balasan lain selain surga“. (Muttafaq ‘alaih)

4. Selalu membaca sayyidul istighfar

Pada pembahasan sebelumnya telah dibahas tentang keutamaan dan lafadz sayyidul istighfar. Rasulullah SAW bersabda:

Keutamaan-sayyidul-istighfar

Artinya: “Barangsiapa mengucapkannya pada siang hari dan meyakininya, lalu dia mati pada hari itu sebelum waktu sore, maka dia termasuk penghuni surga. Dan barangsiapa mengucapkannya pada malam hari dalam keadaan meyakininya, lalu dia mati sebelum waktu pagi, maka dia termasuk penghuni surga“. (HR. Bukhari)

5. Memelihara anak yatim

Dari Abu Hurairah ra. berkata: Rasulullah SAW. bersabda:

hadits tentang memelihara anak yatim

Artinya: “Orang yang menanggung anak yatim, baik dari kerabatnya atau kerabat orang lain, aku dan ia seperti ini di surga. Yang merawikan hadits ini yakni Malik ibn Anas mengisyaratkan dengan menggunakan jari telunjuk serta jari tengahnya“. (HR. Muslim)

6. Sholat sunnah 12 rokaat setiap hari (sholat sunnah Rawatib)

Rasulullah SAW. bersabda:

hadits tentang sholat sunnah 12 rokaat

Artinya: “Tidaklah seorang hamba muslim yang mengerjakan shalat sunnah karena Allah Ta’ala setiap hari dua belas rakaat, melainkan Allah akan mendirikan untuknya sebuah rumah dalam surga, atau: melainkan untuknya akan didirikanlah sebuah rumah dalam surga“.(HR. Muslim)

7. Memberi salam, mempererat silaturahmi dan sholat malam

hadis tentang saling memberi salam

Artinya: “Hai sekalian manusia, sebarkan salam, berilah makanan, hubungkanlah sanak keluarga dan dirikanlah shalat ketika orang-orang sedang tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat“. (HR. Tirmidzi)

8. Berwudhu secara sempurna dan dilanjutkan dengan membaca syahadatain setelah selesai berwudhu.

Dari Umar bin Khattab r.a bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Tidaklah salah satu diantara kalian yang berwudhu, lalu disempurnakan wudhunya itu, sesudah itu dia berucap: ”Asyhadu allaa ilaaha illallah, wa asyhadu anna Muhammadan’abduhu wa rasuluh (Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah seorang hamba dan rasul utusan-Nya) melainkan dibukakan baginya 8 pintu surga yang dapat dimasukinya dari mana saja menurut kehendaknya“. (HR Muslim)

9. Membaca surat Al-Ikhlas 10 kali dalam sehari

hadits al ikhlas 10 x

Artinya: “Siapa yang membaca qulhuwallahu ahad sampai mengkhatamkannya sebanyak sepuluh kali, niscaya Allah akan membangunkan baginya istana didalam surga“. (HR. Ahmad)

10. Membaca doa ketika masuk Pasar

Barangsiapa yang membaca doa ketika masuk pasar, maka Allah akan tetapkan sejuta kebaikan dan menghapus darinya sejuta dosa dan mengangkat sejuta derajat serta dibangunkan baginya rumah di surga”. (HR at-Tirmidzi dan ibnu Majah)

inilah bacaan doa masuk pasar:

doa masuk pasar

Itulah beberapa amalan yang pahalanya sungguh luar biasa. Semoga kita dapat melakukannya dengan niat yang tulus, ikhlas karena Allah dan tetap istiqomah. Semoga tulisan tentang Luar Biasa!!! 12 Amalan Ini Berpahalakan Surga ini dapat memberikan motivasi untuk kita agar terus belajar dan berjuang dalam mencari keridhoan-Nya.

Silakan baca juga: