Larangan Banyak Makan Dan Tidur Dalam Islam Berdasarkan Hadits

Posted on

Larangan Banyak Makan Dan Tidur Dalam Islam Berdasarkan Hadits – Islam telah mengajarkan pada kita tentang bagaimana menjalani hidup agar selamat dunia dan akhirat. Itulah kenapa menuntut ilmu diwajibkan bahkan sampai ke liang lahat. Karena ilmu itu tidak akan pernah ada habisnya jika kita pelajari. Jangan hanya sekedar mengandalkan sekolah formal saja, tetapi juga mencari tahu dengan mengikuti pengajian, liqo’, membaca buku-buku atau kitab, mendengarkan ceramah, dan lain sebagainya. Jika kita menyadari akan pentingnya ilmu, maka tidak akan ada waktu yang tersisa hanya untuk bersenang-senang.

Larangan Banyak Makan Dan Tidur Dalam Islam Berdasarkan Hadits
Larangan Banyak Makan Dan Tidur Dalam Islam Berdasarkan Hadits

Sahabat muslimah, banyak hal yang sering kita lupakan dan abaikan tentang perintah dan larangan Allah SWT. Tidak hanya satu dua orang yang mengabaikan tentang hal yang akan dibahas pada kesempatan ini. Yaitu banyak makan dan banyak tidur. Bagaimana pandangan Islam terhadap hal-hal tersebut? simak selengkapnya dibawah ini.

 Larangan Banyak Makan Dan Tidur Dalam Islam

Salah satu faktor penyebab kerasnya hati adalah banyak makan. Selain dapat menyebabkan kerasnya hati, banyak makan juga dapat membuat seseorang menjadi pemalas, mudah terserang penyakit, membuat badan buncit, otak sempit tak mampu berpikir dan orang yang banyak makan berarti telah diperbudak oleh syetan karena mengikuti nafsu perutnya. Rasulullah bersabda:

hadits tentang larangan banyak makan

Artinya: “Tidak ada tempat paling buruk yang diisi manusia selain perutnya, cukuplah seorang anak Adam makan beberapa suap makanan saja yang dapat mengokohkan tulang punggungnya. Jika memang ia harus mengisi perutnya maka hendaknya ia memberikan sepertiga untuk makanannya, sepertiga untuk minumannya dan sepertiga lagi untuk nafasnya“. (HR. Tirmidzi).

Larangan Banyak Makan Dalam Islam Berdasarkan Hadits

Dalam kitab Ihya Ulumuddin Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya orang-orang yang lapar di dunia adalah mereka yang kenyang di akhirat. Dan sesungguhnya orang-orang yang paling dibenci Allah adalah orang-orang yang rakus dan terlalu kenyang. Tidaklah seorang hamba meninggalkan makanan yang disukainya, melainkan makanan itu menjadi derajat baginya di surga“.

Dari Ibnu Abbas berkata: Rasulullah Saw bersabda: “Tidak akan masuk kerajaan langit, orang yang memenuhi perutnya“. Diriwayatkan bahwa suatu hari Abi Juhaifah bersendawa di hadapan Rasulullah SAW. Kemudian Rasulullah bersabda kepadanya: “Pendekkanlah sendawamu! Sesungguhnya manusia yang paling lama lapar di hari akhirat adalah mereka yang paling banyak kenyang di dunia“. (HR. Al Baihaqi )

 Keutamaan Lapar

Luqman berpesan kepada anaknya, “Wahai anakku, jika lambung sudah penuh, pikiran menjadi tidur, hikmah tak mampu berbicara, dan anggota badan menjadi malas beribadah“.

Ibnu Abbas berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa banyak kenyang dan banyak tidur, maka keraslah hatinya. Kemudian beliau bersabda, “Setiap sesuatu mempunyai zakat dan zakat badan adalah lapar“. (HR. Ibnu Majah)

Hidupkanlah hatimu dengan sedikit tertawa dan sedikit kenyang dan bersihkan dia dengan lapar, niscaya ia menjadi jernih dan lembut“.

Rasulullah SAW bersabda: “Yang terdekat dariku di antara kamu pada hari kiamat adalah yang terbanyak lapar dan bertafakur diantara kamu“. Disebutkan dalam Ihya, Al-Hasan berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Yang paling utama kedudukannya di antara kamu di sisi Allah ialah yang paling lama lapar dan bertafakur tentang kebesaran Allah SWT. Dan yang paling dibenci Allah di antara kamu pada hari kiamat adalah setiap orang yang terlalu banyak tidur, terlalu banyak makan dan minum“.

Larangan Banyak Tidur Dalam Islam Berdasarkan Hadits

Sedikit tidur adalah lebih baik. Artinya bangunlah diwaktu malam untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan berdoalah sebelum fajar.

Orang yang bertaqwa itu sedikit tidurnya. Sebagaimana dalam firman Allah:

Az zariyat 15-18

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu berada dalam taman-taman (surga) dan mata air-mata air, sambil menerima segala pemberian Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat kebaikan. Di dunia mereka sedikit sekali tidur diwaktu malam. Dan selalu memohonkan ampunan diwaktu pagi sebelum fajar“. (QS. Az-Zariyat 15-18)

Bahaya Kekenyangan Berdasarkan Hadits

Rasulullah SAW bersabda: “Tiada kesehatan jika banyak tidur dan tiada kesehatan jika banyak makan dan tiada kesembuhan dengan obat yang haram“.

Rasulullah bersabda: “Perut kenyang itu asal penyakit dan menjaganya itu asal obat”.

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa banyak makannya, iapun banyak azabnya“.

Rasulullah SAW bersabda: “Janganlah engkau matikan hati dengan banyak makanan dan minuman. Sesungguhnya hati itu seperti tanaman yang akan mati apabila banyak airnya“.

Rasulullah  SAW bersabda: “Hancurkanlah makananmu dengan dzikir dan shalat. Dan janganlah kamu tidur atas makanan (tidur sedang kekenyangan), maka kesatlah hatimu“. (HR At-Thabrani)

Sahabat catatanmuslimah, setelah mengetahui adanya larangan banyak makan dan tidur, sebaiknya kita sebagai orang yang beriman bisa lebih mengontrol lagi hal-hal tersebut. Janganlah rakus terhadap makanan, jangan makan sebelum lapar, berhentilah sebelm kenyang, tidurlah sebentar, jangan sampai tidurmu melalaikan sholat dan ibadahmu. Semoga artikel kali ini tentang Larangan Banyak Makan Dan Tidur Dalam Islam Berdasarkan Hadits dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Sekian terimakasih 🙂

Silakan baca juga artikel menarik lainnya:

Comments

comments