Ketahuilah 16 Kebiasaan Suami Ini Sering Membuat Istri Kesal

Posted on

Ketahuilah 16 Kebiasaan Suami Ini Sering Membuat Istri Kesal – Awal pernikahan biasanya belum banyak permasalahan yang muncul, setelah menjalani kehidupan rumah tangga, semakin mengenal sifat dan karakter sesungguhnya, baru deh muncul perasaan yang agak ga enak kepada suami. Mulai dari kebiasaan dia yang suka sembarangan narik pakaian di lemari, kebiasaannya yang jarang mandi, suka nyuruh-nyuruh hal sepele yang bisa dilakukan sendiri, padahal istri lagi sibuk dengan urusan rumah, dan hal-hal lainnya yang bisa menyebabkan suasana rumah menjadi hening.

Hmmm perlu sahabat muslimah ketahui, bahwa hidup rumah tangga itu tidak akan selamanya mulus, tidak akan selamanya indah, tidak akan selamanya manis. Tinggal bagaimana keduan pemegang biduk rumah tangga ini saling pengerian, memahami, saling memberi solusi, dan sabar kuncinya. Karena jika tidak memiliki sifat sabar yang luas, maka akan banyak keretakan rumah tangga hanya perkara kebiasaan buruk dari pasangan.

16 Kebiasaan Suami Ini Sering Membuat Istri Kesal

Kenapa istri sering marah pada suami? Coba deh cek apakah kebiasaan-kebiasaan suami yang ada dibawah ini sering dilakukan. Karena kebiasaan-kebiasaan inilah yang sering menjadi penyebab utama kemarahan dan kekesalan sang istri.

1. Jorok

Baru saja diingetin “yah, baju kotornya langsung taro di tempat cucian ya?, ga lama kemudian “mah berangkat dulu ya, udah telat“. Sedangkan baju kotornya numpuk diatas kasur. Jadi deh baunya kemana-mana padahal sprei baru diganti. Kebiasaan jorok lainnya adalah suka ga tau tempat naro handuk basah, dan kasur menjadi tempat favoritnya.

2. Cuek atau kurang peduli

Ga semua pria cuek itu ga sayang lho, tapi wanita tetep wanita yang ga mau dicuekin, lagi diajak bicara tapi fokusnya ke televisi, komputer, handphone. Bisa-bisa handphnenya pecah lho gara-gara setiap diajak ngobrol matanya asik tertuju ke hp sambil buka-buka media sosial. Istri akan merasa tidak dihargai, alhasil ga akan diajak bicara lagi lho sama istrinya 😀

3. Lelet

Allahu akbar, waktunya magrib baru sempet mandi, yang lain udah jamaah, ini mah baru aja mau ngambil air wudhu, istri udah nungguin mau berangkat kondangan, dia malah asik nyerudut kopi “santai sih mah“. Gara-gara lelet kan jadi kena PHK, gara-gara buang sampah  dinanti-nanti, jadi deh ulet dan belatung bergelantungan di tembok, gara-gara kebanyakan nyantai rezekinya kepatok orang. Itulah sifat suami yang lelet, lambat, ga disiplin waktu, hidupnya jadi ga jelas, istri makin memuncak amarahnya setiap hari.

4. Mementingkan kesenangannya

Suami yang suka terlena dengan sesuatu yang menyenangkan baginya, padahal merugikan bagi istri dan keluarganya. Istri sibuk masak sambil gendong si anak dengan susah payah, suami sibuk dengan hobinya bermain dan ngurusin burung lah, motor lah, ngobrol asik dengan teman-teman, dan lain sebagainya.

Ketahuilah 16 Kebiasaan Suami Ini Sering Membuat Istri Kesal
Ketahuilah 16 Kebiasaan Suami Ini Sering Membuat Istri Kesal

5. Pelupa

Nih salah satu sifat suami yang suka lupa dengan janjinya yang sering bikin istri tiba-tiba marah, diem seribu kata, terus nangis deh. Cuma karena merasa si suami lupa dengan janjinya, katanya abis pulang kerja siap-siap ya, kita jalan-jalan. Si istri yang sudah dandan dan bersiap-siap dengan muka bahagia dan ceria, melihat kepulangan suami yang tiba-tiba bilang, tumben dandan rapih mah, udah masak belum ayah laper nih. Hmmm seketika wajah sang istri langsung mendadak lusuh, kesel dan marah campur aduk.  Perkara suami yang lupaan.

6. Banyak tidur dan bermalas-malasan

Waktu libur memang untuk istirahat, tapi bukan berarti sepanjang hari cuma untuk bermalas-malasan dan tidur melulu. Kan istri kerepotan, sesekali dong suami sempetin buat bantuin istri, pegang anaknya dulu atau membantu meringankan pekerjaan istri. Kan istri jadi ga bawel dan ngoceh-ngoceh kalau suami pengertian. Istri bakalan sering kesel jika suami santai-santai dan asyik dengan dunianya, sedangkan istri sedang kerepotan dan super sibuk, sedangkan suami ga peka.

7. Kurang peka

Istri biasanya lebih sering menggunakan kode untuk meminta bantuan suami atau ketika ingin diperhatikan. namun tak jarang suami-suami banyak yang tidak peka dengan kode yang diberikan istrinya. Kemampuan seorang suami untuk berpikir logis membuatnya kurang bisa menangkap kode yang dilancarkan istri.

8. Bicara dengan nada keras

Paling kesal saat diajak diskusi atau berbicara, suami malah menaikkan volume suaranya, bernada lebih tinggi dan keras yang kebanyakan para istri resah dan kesal dengan kebiasaan suaminya ini.

9. Mudah tersinggung

Ini suami mau pada dapet kali ya, tempramen dan sensitif banget hatinya. Padahal cuma sekedar nanya ko pulangnya terlambat, malah jangan mikir yang aneh-aneh, ilangin tuh negative thinkingnya, semua-mua yang ayah lakuin salah, padahal si istri cuma mau minta keterangan aja, cuma mau ngingetin kalau ada janji yang dilupakan.

10. Keras kepala

Mentang-mentang kepala rumah tangga, semua yang dia lakukan benar, tidak menghargai pendapat istri, tidak mau mengalah untuk keluarga dan selalu merasa diri paling benar.

11. Membahas wanita lain di depan istri

Keliatannya aja mungkin si istri tertawa dan ikut berpendapat soal wanita yang disebut, padahal di hati kecilnya gondok setengah kilo, paleng dan bikin mood jadi hilang. Ada wanita cantik selalu dilirik, walaupun suami cuma bilang “pake baju ko ga bener, siapa sih ko kayak kenal, liat geh mah orang tu cantik ya mah, sayang aja pakai baju norak” dan alasan-alasan lainnya yang bikin istri cuma tersenyum setengah senti 😀

12. Ngeladen

Istri paling benci sama suami yang masih mau ngeladenin orang yang hanya sekedar say hallo, chattingan yang ga penting, cari tahu tentang orang lain yang lagi dideketin sama temennya, ikut sibuk cari perhatian dengan dalih mau mendekatkan si dia dengan temannya dan lain sebagainya. Kebiasaan suami seperti inilah yang bisa menyebabkan ketidakharmonisan dalam rumah tangga.

13. Lebih baik sama orang lain daripada sama istri sendiri

Banyak banget nih keluhan dari ibu-ibu tentang suaminya, baik banget kalo lagi ngomong sama perempuan selain istrinya, bicaranya lembut, so asik, humoris, pokoknya ngeladen dan baik banget deh. Tapi giliran istrinya di cuekinnya MasyaAllah. Bales sms aja cuma huruf “y” atau “ga“. Kalau lagi dines suka lupa ngabarin istrinya di rumah, apalagi mau merhatiin istrinya. Kan kebiasaan seperti ini bikin kesel emak-emak di rumah yang lagi nungguin anak-anak, rumah dan hartanya.

14. Bersendawa di depan umum

Kalau bersendawa cuma di depan istri it’s okey lah ya, tapi saat makan di luar, suami sering kelupaan sendawa dengan diperpanjang dan dinikmati. Bikin semua mata fokus dan tertuju ke meja kita, kan bikin malu.

15. Sibuk dengan gadget-nya

Paling kesel dengan suami yang kemana-mana dan dimana pun dia berada, gadget-nya tidak pernah lepas dari tangannya. Seakan-akan istri yang berada di sebelahnya itu tidak ada. Nah, ini dia salah satu penyebab yang sering kali membuat istri uring-uringan ga jelas. Mau tidur, sibuk dengan gadget, nemenin istri belanja bukannya ngebantuin malah ngotak-ngatik gadget terus, bangun tidur bukannya membantu ngemong si bayi, malah nyariin gadget. “Ujung-ujungnya nikah aja sano sama si Oppo” 😀

16. Suka nongkrong bersama teman-temannya

Istri paling kesal ketika suami lebih banyak menghabiskan waktunya dengan nongkrong bersama teman-temannya ketimbang menghabiskan waktu luangnya bersama istri atau anak-anak, terlebih saat berkumpul bersama teman-temannya hingga lupa waktu. Jika sesekali saja mungkin masih bisa dimaklumi, namun jika sudah menjadi rutinitas setiap malam atau sepulang kerja yang sudah menjadi kebiasaan suami, sudah pasti istri akan sangat marah dan kesal.

Nah itulah beberapa kebiasaan suami yang sering kali membuat para istri merasa geram dan kesal akan kebiasaan-kebiasaannya. Semoga sahabat semua bisa mencari solusi terbaik untuk setiap permasalahan yang timbul dalam keluarga. Jangan karena kesal yang tak berujung, akhirnya memutuskan untuk mengakhiri kehidupan rumah tangga. Semuanya bisa diatasi dengan baik-baik dan semoga suami yang baik bisa menerima segala nasehat dari istrinya.

Silakan baca juga artikel menarik lainnya: