Inilah Cara Mudah Meruqyah Diri Sendiri

Inilah Cara Mudah Meruqyah Diri Sendiri – Sahabat muslimah, sering kita sadari bahwa ada saat-saat dimana iman kita sedang turun, sehingga ibadah yang dilakukan hanya seperlunya atau hanya menggugurkan kewajiban. Selain itu juga terkadang kita sering merasakan emosi tidak stabil, badan terasa berat, hubungan kekeluargaan tidak harmonis, sering bertengkar, malas ibadah, enggan membaca Al-Qur’an, maka waspadalah karena bisa jadi hal-hal tersebut efek dari gangguan jin.

Nah karena itulah kenapa penting bagi kita untuk melakukan ruqyah pada diri sendiri ataupun lingkungan rumah kita. Caranya tidak begitu sulit, dapat kita lakukan sendiri setiap malam sebelum tidur atau seperlunya.

Pengertian Ruyah dan Manfaatnya

Sebelum membicarakan lebih jauh tentang ruqyah ada baiknya kita mengenal apa itu ruqyah. Ruqyah merupakan salah satu metode penyembuhan atau terapi pengobatan dengan cara membacakan ayat-ayat Al-Qur’an dan doa-doa perlindungan pada orang yang sakit, terkena sihir atau kerasukan jin dan syetan.

Ruqyah itu termasuk bagian dari doa. Hanya saja, doanya dalam bentuk memohon perlindungan dari gangguan sesuatu yang tidak diinginkan, baik penyakit batin maupun fisik.

Adapun manfaat ruqyah yaitu:

Untuk penjagaan atau perlindungan

Yaitu ruqyah yang dibaca oleh orang yang sehat (tidak diganggu jin) dengan tujuan meminta perlin­dungan kepada Allah SWT agar dijaga dari gangguan jin dan syetan. Ruqyah jenis ini senantiasa dilakukan oleh Rasulullah, terutama menjelang tidur dengan membaca surat al-Ikhlas, al-Falaq dan an-Nas.

Rasulullah bersabda yang artinya: “Apabila kamu hendak tidur di pembaringan, bacalah ayat kursi sampai tuntas, karena Allah senantiasa men­jagamu dan syetan tidak akan mendekatimu sampai pagi“.(HR. Bukhari).

Dalam riwayat lain Rasulullah bersabda: “Barangsiapa membaca dua ayat terakhir dari surat al-Baqarah pada saat malam hari, maka cukuplah baginya (sebagai perlindungan)“. (HR. Bukhari)

Ruqyah untuk pengobatan dan penyembuhan

Jika diri kita merasa sakit maka bacalah ayat-ayat ruqyah untuk memohon kesembuhan dari Allah, atau kita bacakan kepada saudara kita yang sedang sakit agar cepat diberikan kesembuhkan oleh Allah. Malaikat Jibril pernah meruqyah Rasulullah yang sedang sakit.

Aisyah berkata: “Apabila Rasulullah merasa sakit, datanglah malaikat Jibril meruqyahnya dengan do’a (yang artinya), “Dengan nama Allah yang membebaskan­mu, menyembuhkanmu dari segala macam penyakit, dan dari kejahatan orang yang dengki ketika ia dengki, dan dari kejahatan pemilik pandangan yang berbahaya“. (HR. Muslim).

Inilah Cara Mudah Meruqyah Diri Sendiri

Inilah Cara Mudah Meruqyah Diri Sendiri

Cara Mudah Meruqyah Diri Sendiri

Meruqyah diri sendiri cukup mudah dilakukan, caranya yaitu sebagai berikut:

1. Dalam keadaan suci

Pastikan diri dalam keadaan berwudhu, pakaian bersih dan tempat suci dari segala kotoran dan najis.

2. Awali dengan membaca ta’awudz

Sebelum membaca ayat al-Qur’an disunnahkan membaca ta’awudz kemudian basmalah. Allah berfirman dalam surat An-Nahl ayat 98:

An Nahl 98

Artinya: “Apabila kamu membaca Al Quran hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk“.

3. Membaca ayat-ayat Al-Qur’an

Caranya gabungkan dua telapak tangan, lalu dibacakan surat al-Fatihah, ayat kursi, al-Kafirun, al-Ikhlas, al-Falaq dan an-Naas, kemudian tiupkan ke kedua telapak tangan. Setelah itu usapkan kedua telapak tangan ke seluruh tubuh yang dapat dijangkau. Dimulai dari kepala, seluruh wajah dan tubuh bagian depan. Hal tersebut diulang sebanyak tiga kali.

Dari Aisyah ra berkata:

sebelum-tidur-membaca-surat-al-ikhlas

Artinya: “Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW. ketika berada di tempat tidur di setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya lalu kedua telapak tangan tersebut ditiup dan dibacakan (Qul huwallahu ahad), (Qul a’udzu birobbil falaq) dan (Qul a’udzu birobbin naas). Kemudian beliau mengusapkan kedua telapak tangannya pada anggota tubuhnya dimulai dari kepalanya, wajahnya dan juga tubuh bagian depan. Beliau melakukan yang demikian itu sebanyak tiga kali”. (HR. Bukhari)

Demikianlah pembahasan tentang “Inilah Cara Mudah Meruqyah Diri Sendiri“, semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu sahabat semua untuk dapat menjaga diri sendiri dari segala bentuk gangguan syetan. Salam ukhuwah 🙂

Silakan baca juga:

 

Comments

comments

Inilah Cara Mudah Meruqyah Diri Sendiri | Catatan Muslimah | 4.5