3 Jenis Teman Yang Harus Anda Ketahui

Posted on

3 Jenis Teman Yang Harus Anda Ketahui – Setiap orang pasti memiliki teman terdekat, teman bermain, teman sejati ataupun teman bergaul. Jika ingin melihat cerminan diri seseorang, cukup dengan melihat dengan siapa saja ia bergaul. Karena “temanmu adalah cerminanmu“. Begitulah pepatah yang sering kita dengar, dan dibenarkan pula dalam sebuah hadits:

hadits tentang teman cerminan diri

Artinya: “Seseorang itu berada pada agama teman karibnya, maka hendaklah salah seorang di antara kalian melihat siapakah yang menjadi teman dekatnya“. (HR. Abu Daud & At-Tirmidzi)

Kita bisa menilai diri kita sendiri, dengan siapa saja kita bergaul, dekat dan menjadikan orang lain sebagai sahabat kita. Karena itulah cerminan siapa diri kita.

3 Jenis Teman Yang Harus Anda Ketahui
3 Jenis Teman Yang Harus Anda Ketahui

3 Jenis Teman Yang Harus Anda Ketahui

Nah sahabat muslimah, perlu diketahui bahwa teman itu ada tiga macam, diantaranya: teman atas dasar asas manfaat, teman hanya untuk bersenang-senang dan teman yang paling utama. Siapa sajakah mereka, berikut penjelasannya.

Teman atas dasar asas manfa’at

Dia adalah orang yang berteman denganmu ketika dia dapat mengambil manfaat darimu, baik berupa harta, kedudukan, ilmu, dan lain sebagainya. Jika dia sudah tidak lagi mengambil manfaat darimu, dia akan membelakangimu, dia akan pergi dan seolahn tidak pernah mengenalmu. Banyak sekali kita temukan jenis teman seperti ini, ketika ada maunya ia mendekat, namun jika ia telah mendapatkan apa yang diinginkannya, ia pergi begitu saja.

Teman untuk bersenang-senang

Teman sejenis ini adalah mereka yang berteman denganmu hanya karena ingin bersenang-senang saja denganmu baik dalam percakapan seperti lewat media sosial, maupun dalam pergaulan seperti berkumpul ataupun jalan, namun sebenarnya dia tidak bermanfaat bagimu. Berteman dengan orang sejenis ini hanyalah menghabiskan waktu, maka hindarilah teman yang seperti ini.

Teman yang utama

Dialah teman yang membawamu kepada kebaikan dan mengingatkanmu dalam kebatilan serta melarangmu dari segala keburukan. Dia akan membuka pintu kebaikan dan menunjukkanmu padanya. Bila engkau tergelincir, maka dialah yang menyelamatkanmu dengan cara yang tidak menjatuhkan kemuliaannya. Imam Syafi’i berkata:

hadits tentang sahabat

Artinya: “Jika engkau mempunyai teman yang membantumu kepada keta’atan, maka eratkanlah peganganmu padanya, karena mendapatkan teman itu sulit, sedangkan berpisah darinya sangatlah mudah“.

Bersahabat yang sebenarnya adalah bersahabat karena saling kasih mengasihi dalam ketaatan. Allah SWT. berfirman dalam surat Az-Zukhruf ayat 67:

az-zukhruf 67

Artinya: “Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertakwa“.

Oleh karena itu, pilihlah sahabat terbaik, sahabat yang mampu mengajakmu pada kebaikan. Pergaulan akan menjadi pengaruh besar bagi agama dan akhlakmu. Adapun sifat sahabat yang baik menurut Ibnu Qudamah Al Maqdisi yaitu:

sifat sahabat yang baik

Artinya: “Secara umum, hendaknya orang yang engkau pilih menjadi sahabat memiliki lima sifat berikut: orang yang berakal, memiliki akhlak yang baik, bukan orang fasik, bukan ahli bid’ah, dan bukan orang yang rakus dengan dunia“.

Coba lihat dan perhatikan, dari semua yang telah dibahas tentu ada beberapa daftar nama teman-teman yang ada dipikiran kita yang masuk kedalam kategori tertentu. Jika kita telah memiliki teman sejati dalam artian teman yang dapat menyelamatkan kita di dunia dan akhirat, jangan pernah lepaskan ia, eratkanlah hubungan persahabatan dan bahagialah jika telah memiliki teman berjihad di jalan Allah. Karena dialah yang sebenar-benarnya teman sejati.

Semoga tulisan tentang 3 Jenis Teman Yang Harus Anda Ketahui ini bermanfaat bagi kita semua, sekian terimakasih 🙂

Silakan Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

3 Jenis Hati Manusia Menurut Islam Yang Harus Anda Ketahui
Inilah 7 Perangkap Rayuan Barat Yang Harus Diwaspadai
Inilah Penyebab Orang Yang Jauh Dari Allah SWT