Kumpulan Doa Haji Dan Umrah Lengkap Part 1

Posted on

Kumpulan Doa Haji Dan Umrah Lengkap Part 1 – Haji dan Umrah merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan bahkan ibadah Haji diwajibkan bagi orang-orang Muslim yang mampu melaksanakannya. Dalam Islam, melakukan suatu aktivitas atau kegiatan apapun agar lebih berkah hendaknya berdoa. Begitupun dalam pelaksanaan ibadah Haji dan Umrah. Terdapat banyak rangkaian doa-doa, mulai dari doa sebelum berangkat hingga kembali lagi ke tempat semula.

Dalam kesempatan ini, catatanmuslimah.com akan menuliskan beberapa doa dari rangkaian doa-doa perjalanan Haji dan Umrah. Berikut doa-doanya.

Kumpulan Doa Haji Dan Umrah

Kumpulan Doa Haji Dan Umrah Lengkap Part 1
Kumpulan Doa Haji Dan Umrah Lengkap Part 1

Bacaan Talbiyah

bacaan talbiyah

Artinya: “Aku datang memenuhi panggilan-Mu ya Allah, Aku datang memenuhi panggilan-Mu, Aku datang memenuhi panggilan-Mu, tiada sekutu bagi-Mu, Aku datang memenuhi panggilan-Mu, sesungguhnya segala puji, nikmat dan segenap kekuasaan milik-Mu, tiada sekutu bagi-Mu“.

Doa Ketika Sampai Di Tempat Tujuan

Doa Ketika Sampai Di Tempat Tujuan

Artinya: “Ya Allah, saya mohon kepada-Mu kebaikan negeri ini dan kebaikan penduduknya serta kebaikan yang ada di dalamnya. Saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan negeri ini dan kejahatan penduduuknya serta kejahatan yang ada di dalamnya“.

Doa Masuk Kota Mekkah

doa masuk kota mekah

Artinya: “Ya Allah kota ini adalah tanah Haram-Mu dan tempat yang aman, maka hindarkanlah daging, darah, rambut, bulu dan kulitku dari neraka. Amankanlah aku dari siksaMu pada hari Engkau membangkitkan aku ke dalam golongan auliaMu dan ahli ta’at pada Mu“.

Doa Masuk Ke Masjidil Haram

doa masuk ke masjidil haram

Artinya: “Ya Allah Engkau sumber keselamatan, dan daripadaMu lah datangnya keselamatan itu semua. Maka sambutlah kami wahai tuhan dengan selamat sejahtera dan masukanlah kami ke dalam surga negeriMu yang bahagia, Maha Pemberi berkat dan Maha Tinggilah Engkau wahai Tuhan yang punya keagungan dan kehormatan. Ya Allah bukakanlah untukku pintu rahmat dan ampunan, masukanlah aku ke dalam ampunanMu. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah salawat dan salam untuk Rasulullah“.

Doa Melihat Ka’bah

Doa Melihat Ka'bah

Artinya: “Ya Allah, tambahkan lah kemuliaan, kehormatan, keagungan dan kehebatan pada Baitullah ini dan tambahkanlah pula pada orang-orang yang memuliakan, menghormati dan mengagungkannya diantara mereka yang berhaji atau yang berumroh padanya dengan kemuliaan, kehormatan, kebesaran dan kebaikan“.

Niat Ihram

niat umrah

Artinya: “Aku sambut panggilan-Mu ya Allah untuk berumrah“.

Atau bisa juga:

niat umrah1

Artinya: “Saya niat umrah dengan berihram karena Allah ta’ala“.

Niat Haji

niat haji

Artinya: “Aku sambut panggilan-Mu ya Allah untuk berhaji“.

Doa Ihram

Doa Ihram

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mengharamkan diriku dari segala apa yang Engkau haramkan kepada orang yang berihram karena itu rahmatilah aku ya Allah yang Maha Pemberi Rahmat“.

Doa Ketika Minum Air Zam-zam

Doa ketika minum air zam-zam

Artinya: “Ya Allah aku memohon pada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizqi yang luas, dan kesembuhan dari segala macam penyakit penyakit pikun dengan rahmatMu ya Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang“.

Doa Ketika Melintasi Maqam Ibrahim

doa ketika melintasi maqam ibrahim

Artinya: “Ya Tuhanku, masukkanlah aku secara masuk yang benar dan keluarkanlah (pula) aku secara keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasan yang menolong. Dan katakanlah (wahai Muhammad) yang benar telah datang dan yang bathil telah lenyap. Sesungguhnya yang bathil itu adalah sesuatu yang pasti lenyap“.

Doa Setelah Mencium Hajar Aswad

doa mencium hajar Aswad

Artinya: “Ya Allah, Aku datang karena iman kepada-Mu membenarkan kitab-Mu memenuhi Janji-Mu dan karena menuruti Sunnah Nabi-Mu Muhammad SAW“.

Itulah beberapa bacaan doa Haji Dan Umrah, untuk doa-doa lainnya akan didibahas pada kesempatan yang akan datang. Semoga Kumpulan Doa Haji Dan Umrah Lengkap Part 1 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca dan sekian terimakasih 🙂

Comments

comments