Ketahuilah 10 Dosa Penghalang Datangnya Rezeki Yang Halal

Posted on

Ketahuilah 10 Dosa Penghalang Datangnya Rezeki Yang Halal – Rezeki yang halal merupakan rezeki yang diperolah dengan cara atau jalan yang halal. Sehingga terdapat keberkahan didalamnya. Orang-orang yang beriman tentu tidak ingin dirinya dan keluarganya makan, minum dan segala kebutuhannya terpenuhi dengan harta yang diperoleh dengan cara yang haram.

Memperoleh rezeki yang halal sudah pasti dilakukan dengan cara-cara yang sesuai dengan ketentuan dan syariat Islam. Ada yang merasa kesulitan dalam mencari rezeki yang halal, sehingga menempuh dengan cara yang dilarang oleh agama. Rezeki juga dapat terhalang karena gelimangan dosa dalam diri. Berikut ini akan dipaparkan beberapa dosa besar yang dapat menutup pintu rezeki yang halal.

10 Dosa Penghalang Datangnya Rezeki Yang Halal

Adapun dosa-dosa besar yang dapat menghalangi atau menutup pintu rezeki yang halal diantaranya sebagai berikut:

1. Berbuat Syirik

Syirik atau menyekutukan Allah merupakan dosa besar yang dapat menghambat datangnya rezeki. Syirik juga merupakan dosa besar yang tidak akan diampuni oleh Allah SWT. Orang yang berbuat syirik dan belum bertaubat atas segala dosa yang dilakukannya akan dipersulit oleh Allah baik dalam urusan dunia maupun akhirat. Maka bertawakallah kepada Allah SWT., niscaya Allah akan mencukupkan segala keperluan kita.

2. Meninggalkan Sholat

Kewajiban manusia sebagai makhluk ciptaan Allah SWT. ialah untuk beribadah dan sholat adalah ibadah wajib dan merupakan rukun Islam yang kedua setelah membaca dua kalimat syahadat. Meninggalkan sholat merupakan dosa besar. Jika merasa sulit dalam mencari rezeki atau merasa tidak berkah atas rezeki yang didapatkan, cobalah periksa apakah sholatnya telah terpenuhi setiap waktu ataukah masih lalai bahkan meninggalkannya. Orang yang meninggalkan sholat akan merasakan kurangnya berkah dari harta yang diperoleh dan juga merasa seret rezekinya.

3. Durhaka Kepada Orangtua

Perintah berbakti kepada kedua orangtua telah ditegaskan dalam Al-Qur’an dan hadits. Begitupun dengan ancaman bagi orang-orang yang durhaka kepada kedua orangtuanya, maka Allah SWT akan mempersulit segala urusan kita termasuk dalam urusan rezeki.

Ketahuilah 10 Dosa Penghalang Datangnya Rezeki Yang Halal
Ketahuilah 10 Dosa Penghalang Datangnya Rezeki Yang Halal

4. Berbuat Zina

Perbuatan zina termasuk perbuatan yang sangat keji dan merupakan dosa besar. Maka jauhilah perbuatan zina yang dianggap biasa bagi orang-orang yang miskin ilmu agama. Karena perbuatan ini dapat menjauhkan nikmat dan kasih sayang Allah sehingga pintu rezeki terhalang oleh dosa-dosa besar.

5. Rezeki Haram

Rezeki yang diperoleh dengan usaha atau jalan yang haram akan menutup pintu rezeki yang halal. Jadi, janganlah sekali-kali mencari rezeki dengan jalan yang haram. Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa Rasulullah SAW. bersabda yang artinya: “Jangan sampai tertundanya rezeki mendorong kalian untuk mencarinya dengan cara bermaksiat kepada Allah“.

Selain itu, dari Ibnu Abbas berkata: “Seorang mukmin dan seorang fajir (yang gemar maksiat) sudah ditetapkan rezeki baginya dari yang halal. Jika ia mau bersabar hingga rezeki itu diberi, niscaya Allah akan memberinya. Namun jika ia tidak sabar lantas ia tempuh cara yang haram, niscaya Allah akan mengurangi jatah rezeki halal untuknya“.

6. Minum Khamar

Meminum atau menggunakan sesuatu yang memabukkan adalah khamar dan setiap khamar adalah haram hukumnya. Orang yang suka bermabuk-mabukan akan disempitkan rezekinya dari rezeki yang halal. Maka jauhilah segala bentuk khamr.

7. Memutuskan Tali Silaturahmi

Memutus silaturahim merupakan hal yang dapat menghalangi rezeki, karena perbuatan tersebut sangat dibenci Allah dan Rasul_Nya. Maka sangat dianjurkan untuk selalu menjaga silaturahim agar segala sesuatu yang dilakukan menjadi berkah, dipermudah dalam mencari rezeki dan mendapat kasih sayang dari Allah SWT. Dalam sebuah hadits telah dikatakan bahwa “Siapa yang suka dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi.”

8. Suka Berbohong Dan Menyakiti Hati Orang Lain

Berhati-hatilah dalam menjaga lisan, berkatalah jujur dan baik terhadap orang lain. Karena lisan yang suka berbohong dan menyakiti hati orang lain akan menghalangi datangnya rezeki yang halal.

9. Kikir dan Pelit

Kikir juga termasuk sifat tercela yang dapat menghambat rezeki, maka bersikap dermawanlah agar dimudahkan jalannya dalam meraih rezeki yang halal. Jika memiliki sedikit rezeki maka sisihkanlah untuk bersedekah semampunya, atau bantulah orang lain yang sedang membutuhkan pertolongan kita. Jangan bakhil atau pelit, karena semua yang kita miliki hanyalah titipan. Allah akan menggantikannya dengan yang lebih banyak lagi jika kita bisa saling menolong dan memberikan apa yang kita miliki kepada orang lain yang membutuhkan.

10. Ghibah

Ghibah merupakan perbuatan tercela dan dosanya sangat besar. Karena bahaya ghibah sangatlah besar. Sering kita melakukan ghibah setiap hari bahkan setiap waktu tanpa disadari. Maka, berusahalah untuk menjauhinya dan beristighfarlah kepada Allah SWT.

Jika menginginkan kasih sayang Allah dan diluaskan rezekinya, maka dekatilah Allah, jauhilah perbuatan-perbuatan diatas dan segala bentuk perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT.

Semoga Allah SWT. senantiasa melindungi dan mengampuni kita dari segala sesuatu yang dibenci_Nya. Demikian pembahasan tentang “Ketahuilah 10 Dosa Penghalang Datangnya Rezeki Yang Halal“, semoga bermanfaat bagi sahabat semuanya. Sekian terimakasih 🙂

Baca Juga:

Comments

comments