Inilah Penyebab Orang Yang Jauh Dari Allah SWT

Posted on

Inilah Penyebab Orang Yang Jauh Dari Allah SWT – Sahabat muslimah, cobalah kita sadari apakah diri ini merasa dekat atau malah jauh dari Allah SWT. Hati yang jauh dari Allah akan selalu merasa gelisah, tidak tenang, tidak pernah merasa cukup, nyaman dengan kehidupan duniawi dan lalai dengan kewajibannya sebagai seorang hamba.

Jauh dari Allah SWT akan menyebabkan hati menjadi keras, sehingga nasehatpun akan bablas masuk ke telinga kanan, keluar ke telinga kiri. Tidak akan ada bekas dan berlalu begitu saja. Hanya orang-orang yang dekat dengan Allah lah yang mudah menerima nasehat, peringatan, bahkan mendengar nama Allah atau kalimatullah saja hatinya sudah bergetar.

Para ahli tasawuf, jika hendak mengerjakan sesuatu maka mereka akan berhati-hati, menimbang apakah hal yang dilakukan merupakan hawa nafsu atau bukan, bermanfaat atau tidak, kesenangan duniawi atau bukan. Berpikir berulang kali bahkan selalu memohon petunjuk kepada Allah SWT agar mereka tidak salah dalam melangkah.

Coba kembali lihat pada diri sendiri, apapun yang dilakukan asal membuat hati bahagia, senang dan menikmati sudah cukup. Tidak perlu pikir panjang lebar atau berhati-hati dalam melakukan hal. Ingatlah sahabat, bahwa dunia itu hanyalah kesenangan sesaat.

Inilah Penyebab Orang Yang Jauh Dari Allah SWT
Inilah Penyebab Orang Yang Jauh Dari Allah SWT

Sahabat muslimah yang dirahmati Allah, jauhkanlah diri dari hal-hal yang dapat menyebabkan diri jauh dari Allah SWT dengan cara-cara yang dapat mendekatkan diri kepada-Nya, seperti mengikuti pengajian, membaca buku-buku agama, bermuhasabah dan berbagai cara lainnya. Berkumpul dengan orang-orang sholeh juga bisa menjadi alternatif untuk ngecas keimanan yang mulai lemah supaya stabil lagi tingkat keimanannya.

Inilah Penyebab Orang Yang Jauh Dari Allah SWT

Inilah beberapa penyebab hati yang selalu merasa jauh dari kasih sayang dan rahmat Allah.

1. Selalu menganggap ringan dosa-dosa kecil

Berbohong, lupa akan janji, bakhil, suka menipu, melupakan hutang, berbicara kotor, menghina, mencaci, menyakiti hati orang lain, tidak bisa menjaga lisan, marah, berputus asa, makan berlebihan, melakukan sesuatu yang tidak ada manfaatnya, berkhalwat, berbicara saat khutbah jumat dan lain sebagainya yang merupakan dosa-dosa yang dianggap biasa.  Inilah salah satu penyebab hati merasa jauh dari Allah SWT., karena meremehkan dosa-dosa kecil.

Dalam sebuah hadits dikatakan: “Orang yang bakhil jauh dari Allah, jauh dari Surga, dan jauh dari manusia“. (HR. At-Tirmidzi)

Sering kita saksikan bahkan mungkin sering kita lakukan dosa-dosa kecil setiap waktu, membicarakan aib orang, kumpul bersama dengan orang yang bukan muhrimnya, bersentuhan dengan lawan jenisnya, membuka aurat, memikat hati lawan jenis, berbicara dengan nada yang dapat membangkitkan birahi, mengganggu orang yang sedang sholat atau ibadah dan masih banyak dosa lainnya yang sering dilakukan tanpa disadari. Lama kelamaan, dosa itu akan menjadi besar dan menutupi hati kita, sehingga hati akan jauh dari Allah SWT.

2. Enggan bertaubat

Malas bertaubat merupakan perbuatan yang sangat memalukan. Sebagai manusia biasa tentu kita tidak akan pernah luput dari salah dosa, sehingga setiap waktu diharuskan untuk senantiasa beristighfar. Bukan istighfar yang hanya sesekali tanpa diniatkan untuk menyadari bahwa diri telah berbuat dosa dan berusaha untuk tidak mengulanginya lagi juga bukan hanya sekedar mengucap istighfar karena kesal. Sering kita lihat, tidak hanya kaum Muslim, tetapi non-Muslim juga sering mengucap istighfar karena merasa kesal, marah, atau emosi yang meluap-luap.

Enggan atau malas bertaubat akan membuat hati menjadi keras dan jauh dari Allah SWT. Oleh karenanya, perbanyaklah berdzikir dan beristighfar karena Rasulullah SAW pun selalu beristighfar setiap waktu meskipun beliau telah dijamin masuk Surga.

3. Terlalu santai dan terlena dengan kehidupan dunia

Menganggap hidupnya masih lama, sehingga diri akan terlena dengan urusan-urusan dunia dan santai dengan menikmati segala kesenangan-kesenangan duniawi.

Orang yang terlalu santai dan menganggap enteng segala hal yang diperintahkan Allah SWT., seperti santai jika waktu sholat masih ada, bisa nanti saja diakhir waktu, masih nanggung dengan gamesnya, kerjaannya, masih cape lah, menghabiskan malam-malamnya dengan begadang yang tak ada manfaatnya, sehingga sholat shubuhnya jadi bablas, disibukkan dengan segala macam huru hara yang jauh dari nilai-nilai Islami. Maka akan tertutup hatinya sehingga akan jauh dari kasih sayang Allah SWT.

Sahabat catatanmuslimah, begitu banyak keinginan yang kita panjatkan melalui doa, semua keinginan pasti yang terbaik, maka dekatilah Allah sehingga diri akan merasa tenang dan pasti Allah akan memberikan yang terbaik untuk kita. Jika hati merasa jauh dari Allah, maka segeralah perbaiki diri, benahi hubunganmu dengan Rabbmu dan memohonlah ampunan kepada-Nya.

Semoga tulisan tentang Inilah Penyebab Orang Yang Jauh Dari Allah SWT dapat bermanfaat bagi kita semua dan semoga kita selalu dalam lindungan dan kasih sayang-Nya. Aamiin.

Silakan baca juga artikel yang tak kalah menarik lainnya:

Menangis Karena Takut Pada Allah & Rahasia Didalamnya
8 Ciri Dan Tanda Rasa Takut Kepada Allah
Ini Dia!!! 6 Sumber Penyakit Hati Yang Sering Diabaikan