Tips Menjaga Kesehatan Saat Berpuasa

Posted on

Tips Menjaga Kesehatan Saat Berpuasa – Siapa bilang puasa untuk bermalas-malasan? alasan lemas dan tak bertenaga. Jika kita tahu bagaimana caranya untuk hidup lebih sehat selama puasa, tentu kita tidak akan mengeluhkan rasa lemas saat beraktivitas. Selain niat yang kuat kita juga diharuskan untuk menjaga daya tahan tubuh ketika berpuasa.

Nah, kali ini kita akan bahas mengenai tips-tips menjaga kesehatan saat berpuasa, agar aktivitas tetap berjalan dengan lancar.

Tips Menjaga Kesehatan Saat Berpuasa
Tips Menjaga Kesehatan Saat Berpuasa

Tips Menjaga Kesehatan Saat Berpuasa

Memang selama kita berpuasa sehari penuh sejak fajar sampai terbenamnya matahari, tidak ada asupan makanan dan minuman yang diperoleh tubuh kita. Padahal saat-saat tersebut adalah saat dimana kita banyak membutuhkan energi dalam melakukan berbagai macam aktivitas. Jadi tidak heran jika saat berpuasa terutama siang dan sore hari, badan akan terasa lemas, loyo, tak berdaya dan tak bertenaga.

Oleh karenanya, menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa sangatlah penting. Berikut ini ada beberapa tips buat sahabat semua untuk tetap bugar dan sehat selama puasa.

Cukupi kebutuhan air putih

Ini sangat penting sekali, tubuh sangat membutuhkan banyak mineral sehingga saat berpuasa tubuh tidak akan mengalami dehidrasi. Caranya kita harus penuhi kebutuhan mineral saat berbuka sampai waktu sahur. Minumlah air putih sebanyak 2 liter, agar tubuh tidak lemas dan aliran oksigen di dalam tubuh menjadi lancar.

Jangan makan berlebih ketika sahur

Sunnah ketika sahur adalah mengakhiri makan sahur. Artinya makan dan minumlah sebelum waktu imsak tiba. Sekitar pukul 03.30 s/d waktu imsak. Tetapi, hindarilah makan secara berlebihan karena jika makan berlebihan justru akan mengganggu sistem pencernaan. Cukupilah gizi yang seimbang, seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Makanan yang mengandung serat tinggi akan lebih lama di cerna oleh tubuh, sehingga tidak akan merasa lapar dalam waktu singkat.

Hindari tidur setelah makan sahur

Sering kita temui atau justru sering kita lakukan, setelah makan sahur langsung tiduran sambil menunggu waktu subuh atau benar-benar tidur. Tipsnya agar tidak tidur adalah mengakhirkan waktu sahur sehingga menunggu waktu subuh tidak lama. Setelah itu selanglah dengan beraktivitas atau jika ingin meneruskan tidur tunggu hingga satu jam setelah makan. Jika langsung tidur setelah makan sahur, maka hal tersebut akan mengganggu proses metabolisme dalam tubuh.

Berolahraga

Olahraga dibutuhkan agar tubuh kita tetap sehat selama berpuasa. Olahraga yang dibutuhkan tidak harus olahraga yang berat, cukup olahraga ringan yang tidak banyak menguras tenaga seperti jalan kaki, lari-lari kecil di pagi hari yang sering kita sebut dengan istilah maraton, dan melakukan gerakan-gerakan ringan.

Jangan gunakan tenaga secara berlebihan

Saat beraktivitas, jangan terlalu membuang-buang banyak energi. Terutama aktivitas fisik yang banyak menguras tenaga. Cadangan energi harus kita hemat sampai waktunya berbuka puasa.

Tidur siang

Serangan utama saat berpuasa adalah mengantuk. Yupz ngantuk sering kali dialami oleh orang-orang yang berpuasa. Hal itu terjadi karena jumlah kalori dalam tubuh berkurang saat sedang berpuasa. Kita membutuhkan waktu 1-2 jam untuk mengembalikan tenaga dalam tubuh dengan tidur siang. Tidur yang baik itu setelah sholat dhuhur. Terlalu lama atau berlebihan dalam tidur juga tidak baik karena justru akan menambah rasa lemas dan tak berdaya.

Awali berbuka dengan yang hangat dan manis

Makanan dan minuman yang hangat sangat bersahabat dengan lambung, karena dapat menetralisir asam lambung. Sedangkan makanan-makanan yang manis seperti kurma, buah-buahan akan lebih cepat diserap oleh tubuh sehingga dapat memulihkan kembali energi yang terbuang saat berpuasa.

Hindari menyantap makanan atau menu utama saat berbuka

Saat berbuka puasa, hindari langsung santap makanan pokok seperti nasi sayur. Karena dikhawatirkan keadaan lambung belum siap untuk mencerna makanan dalam jumlah besar. Sebaiknya kita menyantap makanan ringan terlebih dahulu kemudian diseling dengan sholat maghrib, baru setelahnya makan secukupnya. Jangan terlalu banyak dan berlebihan karena di khawatirkan kembung dan tidak kuat untuk melaksanakan sholat tarawih.

Nah itulah beberapa Tips Menjaga Kesehatan Saat Berpuasa, selamat mencoba dan semoga puasa pada tahun ini akan selalu diberi kelancaran dan diterima oleh Allah SWT. Terimakasih 🙂

Baca juga: