Kumpulan Ayat Al-Qur’an Tentang Puasa

Kumpulan Ayat Al-Qur’an Tentang Puasa – Sebentar lagi bulan suci Ramadhan akan segera tiba. Waktunya umat Muslim untuk berbenah diri dan memperbanyak amalan shalih pada bulan suci yang selalu dinantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Puasa merupakan salah satu rukun Islam, dimana setiap umat Muslim yang telah memenuhi syarat puasa, maka diwajibkan baginya untuk melaksanakan puasa.

Dalam pembahasan kali ini, catatanmuslimah.com berkesempatan untuk menuliskan ayat-ayat Al-Qur’an tentang puasa. Berikut selengkapnya.

Kumpulan Ayat Al-Qur’an Tentang Puasa

Kumpulan Ayat Al-Qur'an Tentang Puasa

Kumpulan Ayat Al-Qur’an Tentang Puasa

1. Surat Al-Baqarah Ayat 183

surat Al-Baqarah Ayat 183

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

2. Surat Al-Baqarah Ayat 184

Surat Al baqarah ayat 184

Artinya: “(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”

3. Surat  Al-Baqarah Ayat 185

Surat al-baqarah Ayat 185

Artinya: “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.”

4. Surat Maryam Ayat 26

Surat MaryamAyat 26

Artinya: “Maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah: “Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusiapun pada hari ini.”

Itulah beberapa ayat yang berkaitan dengan puasa. Untuk pembahasan selanjutnya akan dibahas mengenai hadits-hadits tentang puasa. Semoga Kumpulan Ayat Al-Qur’an Tentang Puasa ini dapat memberikan manfaat. Terimakasih 🙂

Comments

comments

Kumpulan Ayat Al-Qur’an Tentang Puasa | Catatan Muslimah | 4.5