Kata-Kata Indah Untuk Ayah Tercinta

Posted on

Kata-Kata Indah Untuk Ayah Tercinta – Sahabat muslimah, jika berbicara tentang seorang ayah tentu tidak akan ada habisnya. Seorang ibu bagi kita adalah segalanya, begitupun dengan ayah. Tanpa ayah kita bukan apa-apa. Mungkin ada sebagian sahabat yang tidak sempat merasakan hangatnya kasih sayang dan pelukan seorang ayah, atau mungkin ada yang tersakiti dengan sikap dan tingkah ayah, sehingga baginya ayah itu ga ada. Bahkan ada yang yang mungkin memiliki ayah namun tidak merasakan kehadirannya dalam hati.

Sahabat muslimah, ayah adalah sosok yang tidak diragukan lagi perjuangan dan pengorbanannya untuk kita anak-anaknya. Disamping kesalahan dan kekhilafannya, ayah tetaplah orang terhebat yang membawa kita menjadi seorang yang tangguh, kuat dan berani untuk melangkah. Banyak yang sudah ayah tanamkan dalam diri kita tentang menapaki dan menjalani kehidupan ini.

Kata-kata yang mungkin tidak akan pernah terucap dari mulut kita untuk ayah secara langsung, namun saat mengenang sosoknya, kata-kata itu bisa bermunculan dan ingin rasanya ayah tahu bagaimana perasaan kita terhadapnya. Tidak sedikit diantara kita yang terkadang bingung untuk merangkai kata indah untuk ayahnya. Nah, mungkin kata-kata yang dirangkai berikut ini bisa menjadi salah satu bentuk ungkapan rasa kita terhadap ayah yang bisa kita sampaikan disaat-saat moment tertentu.

Kata-Kata Indah Untuk Ayah Tercinta

Ayah…Kau memang tidak mengandungku, tapi darahmu mengalir di nadiku, semua sifat terbaikmu diwariskannya kepadaku. Kau memang tidak melahirkanku, tapi saat kau lahir, kau adalah orang pertama yang mengenalkan Tauhid lewat telingaku. Kau tidak menyusuiku, tapi dari keringatmulah tiap suapan yang menjadi air susu untukku.

Ayah…Kau tak pernah berhenti mendoakanku, bahkan disetiap waktupun kau selalu mengkhawatirkanku, sehingga tak lepas dari hatimu doa-doa terbaik untukku.

Tidurku sepanjang malam tidak akan nyenyak dan selalu gelisah jika ayah belum berada didalam rumah. Karena keberadaan ayah dapat membuatku tidak takut, merasa nyaman, terjaga dan terlindungi.

Ayah tak pernah berjanji, karena ia takut aku kecewa jika ia tidak bisa memenuhi janjinya untukku. Karena itu Ayah tidak pernah berjanji untuk memberikan sesuatu yang aku inginkan, namun ayah selalu memberikan surprise yang tak kuduga dan membuatku justru sangat bahagia.

Saat aku sakit, ibu terlihat sibuk dan selalu menangis melihatku tak berdaya. Namun dibalik itu, ada ayah yang ternyata lebih terpukul karena ia tak bisa mengalihkan rasa sakit anaknya.

Ayah… Marahmu mungkin membuatku kesal. Namun jika kau sudah kecewa terhadapku, aku akan amat sangat menyesal.

Tak ada sesuatu yang lebih membanggakan hati seorang ayah, kecuali jika ia melihat anak-anaknya tumbuh menjadi anak yang sholeh dan sholehah.

Ayah selalu bekerja keras dan berfikir bagaimana membuatmu bahagia, bagaimana untuk terus menafkahimu dan keluarga bahkan ia rela menukar kaki jadi kepala, kepala jadi kaki asal kamu dan ibumu bahagia dan tercukupi kebutuhannya. Tanpa kamu fikir bagaimana rapuh dan lelah tubuhnya.

Mungkin ayah sering terdiam dan terkesan cuek ketika kamu mengadukan hal-hal yang membuatmu resah dan sakit. Namun ketahuilah dibalik itu, ayahmu menangis dan sangat sedih ketika ia belum bisa berbuat apa-apa untukmu.

Memang tidak semua keinginanmu selalu dipenuhi oleh ayah, tapi tahukah kamu bahwa ayahmu sangat ingin memenuhi segala keiinginanmu, namun ia harus menjagamu. Karena ia tahu bahwa kamu amatlah sangat berharga.

Ayah akan selalu mengesampingkan apa yang ia inginkan, demi sesuatu yang kamu butuhkan.

Ayah memang terlihat marah ketika kamu membawa laki-laki ke rumah, itu karena ia takut kamu lebih mencintai orang lain daripada ayahmu sendiri.

Dalam diamnya ayah, ia tetap selalu memikirkan dan mengkhawatirkan setiap langkahmu. Meskipun ia berkata “ayah yakin kamu pasti bisa, karena kamu adalah anak hebatnya ayah”.

Kata-Kata Indah Untuk Ayah Tercinta
Kata-Kata Indah Untuk Ayah Tercinta

Saat kamu sudah tidak lagi menjadi tanggung jawabnya, ayah tetap siap siaga untuk membantumu saat kamu terjatuh, saat kamu dalam kesusahan, saat kamu bersedih bahkan saat kamu sakit. Meskipun sudah ada penghalang (suamimu), namun ayah tetap berada dibelakangmu dan selalu siap menopangmu saat kamu terjatuh.

Ketika ada orang lain yang menyakitimu, ayah akan berada didepan untuk membelamu mati-matian demi anaknya tercinta.

Ayah memiliki seribu cara untuk membuatmu bahagia dan tersenyum. Meskipun apa yang diberikannya bukanlah barang-barang mewah dan mahal, namun cara ia membahagiakanmu itu sangat sederhana, tetapi amat berharga ketika kamu sudah dewasa dan berpikir bahwa kasih sayang ayah itu luar biasa.

Bersamamu ayah hidupku akan terasa lebih tenang, kepribadianmu meneduhkan hatiku, bicaramu membuatku tentram, berada dalam pelukanmu akan membuat segala masalahku hilang. Ayah…kau segalanya bagi hidupku.

Itulah beberapa rangkaian ucapan atau kata-kata indah untuk menggambarkan sosok ayah tercinta. Tidak ada laki-laki yang bisa menandingi sosok ayah dalam menjaga, merawat, mendidik dengan kesabarannya, menuangkan segala cinta dan kasih sayangnya serta laki-laki yang tak pernah berhenti menyebut namamu dalam setiap doanya.

Sebelum ayah meninggalkan kita, perbaikilah hubungan baikmu dengan ayah jika kau mengalami suatu masalah dengannya. Apapun alasannya, dalam lubuk hati ayah tersimpan doa dan kasih sayang yang luas untuk anak-anaknya.

Semoga Kata-Kata Indah Untuk Ayah Tercinta ini dapat mewakili rasa kasihmu untuk ayah terhebat yang selalu berjuang mati-matian demi dirimu. Semoga sahabat muslimah bisa menjadi anak-anak yang membanggakan di dunia dan di akhirat. Salam ukhuwah 🙂