Inilah 5 Manfaat Buah Kurma Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa

Posted on

Inilah 5 Manfaat Buah Kurma Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa – Siapa yang tak mengenal buah kurma? penulis yakin hampir setiap orang yang membaca tulisan ini pasti sudah mengenalnya. Yupz buah yang satu ini sudah menjadi menu favorit ketika berbuka puasa. Meskipun asal buah ini dari jazirah Arab, namun kita bisa menikmati dan mendapatkan buah ini dimana-mana. Tidak hanya sekedar anjuran dan sunnah Rasul, tetapi ternyata buah ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh kita.

5 Manfaat Buah Kurma Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa

Mau tahu donk apa saja manfaatnya buah kurma? ini dia 5 manfaat mengkonsumsi kurma saat berbuka puasa.

Inilah 5 Manfaat Buah Kurma Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa
Inilah 5 Manfaat Buah Kurma Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa

Dapat mengontrol nafsu makan

Waah penting banget nih bagi yang ingin menjaga berat badan, mengkonsumsi kurma saat berbuka ternyata dapat mengontrol nafsu makan. Biasanya setelah seharian menahan rasa lapar, banyak menu yang sengaja kita siapkan untuk dimakan setelah berbuka. Namun makan yang berlebihan akan membuat perut menjadi begah sehingga akan menggannggu ibadah lainnya. Jadi, kurma merupakan pilihan tepat untuk dikonsumsi pertama kali setelah adzan maghrib berkumandang.

Mudah dicerna

Buah kurma memiliki manfaat untuk mengaktifkan enzim-enzim pencernaan, sehingga cocok sekali dikonsumsi sebagai menu awal saat berbuka karena mudah dicerna. Jika berbuka langsung diawali makanan yang berat, maka perut akan terasa sakit karena seharian telah beristirahat.

Sumber energi

Apa yang telah disunnahkan oleh Rasulullah tentu membawa dampak positif seperti halnya berbuka dengan kurma, karena didalam kurma terdapat gula alami juga sebagai sumber energi yang baik untuk tubuh kita setelah seharian berpuasa. Jadi, mengkonsumsi kurma saat berbuka adalah pilihan yang tepat.

Mencegah terjadinya sembelit

Buah kurma memiliki kandungan serat larut dan asam amino yang bermanfaat untuk membantu meringankan kinerja sistem pencernaan kita. Dengan mengkonsumsinya, maka kebutuhan serat bagi tubuh kita akan terpenuhi.

Menyeimbangkan tingkat keasaman darah

Biasanya saat berbuka tingkat keasaman darah akan meningkat, karena tidak terkendalinya makanan yang dikonsumsi. Jika kita tidak mampu mengontrolnya, maka buah kurma ini dapat menyeimbangkan tingkat keasaman darah yang cenderung meningkat saat berbuka puasa.

Darah yang asam dapat memblokir penyerapan vitamin, memperlambat fungsi organ, mengganggu sistem pencernaan, mengeluarkan banyak gas dan perut kembung dan menyebabkan kenaikan berat badan serta mempercepat proses penuaan dini.

Nah, setelah kita mengetahui manfaat buah kurma untuk menu pengawal berbuka puasa. Jangan pernah lewatkan berbuka dengan buah yang satu ini ya sahabat. Selain manfaatnya yang baik untuk tubuh kita, buah kurma juga merupakan makanan sunnah untuk dikonsumsi saat berbuka sesuai dengan anjuran. “Dahulukan berbuka dengan kurma, jika tidak ada kurma maka dengan air minum“.

Sekian penjelasan singkat tentang “Inilah 5 Manfaat Buah Kurma Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa” semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa 🙂

Baca Juga: 15 Hadits Tentang Puasa TerlengkapInilah 6 Hal Yang Dapat Membatalkan Puasa11 Hikmah Puasa Di Bulan Ramadhan Yang Harus Diketahui!