5 Cara Mengobati Sakit Hati Menurut Islam

Posted on

5 Cara Mengobati Sakit Hati Menurut Islam – Ada tiga jenis hati menurut Islam, yang pertama hati yang bersih, hati yang mati dan terakhir hati yang sakit. Hati yang sudah mati sulit untuk memperoleh hidayah. Sedangkan hati yang sakit, sebelum ia mati maka segera obatilah dengan 5 perkara yang akan dibahas berikut ini.

5 Cara Mengobati Sakit Hati Menurut Islam
5 Cara Mengobati Sakit Hati Menurut Islam

5 Cara Mengobati Sakit Hati Menurut Islam

Sahabat Muslimah, orang yang sudah mati akan mustahil untuk kembali lagi ke dunia, begitu pula dengan hati yang telah mati akan mustahil dihidupkan kecuali atas izin Allah SWT. Adapun hati yang sakit akan mudah disembuhkan jika ia berusaha mencari obatnya.

Dalam Islam, ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai obat hati yang sakit. Diantaranya:

1. Qiyamul Lail (Sholat Malam)

5 Cara Mengobati Sakit Hati Menurut Islam (sholat)

Qiyamul lail adalah amalan sunnat yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah. Hal ini mengindikasikan bahwa ada keistimewaan tersendiri pada qiyamul lail. Melaksanakan qiyamul lail adalah bukti penghambaan murni seorang makhluk kepada Tuhannya. Disaat malam yang sepi, hanya dirinya dan kehadiran Allah SWT. Dan Allah pun menjanjikan jalan keluar yang mudah dalam segala urusan jika rajin mendirikan qiyamul lail. Seseorang yang rajin mendekatkan diri kepada Tuhannya jelas akan terhindar dari berbagai penyakit hati.

2. Membaca Al-Qur’an

5 Cara Mengobati Sakit Hati Menurut Islam (baca Qur'an)

Seseorang yang rajin membaca Al-Qur’an disamping memperoleh pahala yang besar akan mendapatkan banyak hikmah, diantaranya ketentraman jiwa dan ketenangan hati. Al-Qur’an sendiri merupakan Syifaun atau obat bagi segala penyakit.

3. Dzikrullah

5 Cara Mengobati Sakit Hati Menurut Islam (dzikir)

Yakni mengingat Allah SWT. Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa seorang tidak akan mencuri disaat ingat Allah SWT. Hal ini berarti dzikir kepada Allah SWT. adalah benteng yang akan menjaga hati kita dari bisikan syetan.

Al-Qur’an sendiri menjelaskan bahwa syetan tidak akan menggoda manusia (hamba) yang mukhlis (bersih, damai). Dzikir disini cakupannya amat luas, bisa berarti lisan juga bisa perbuatan. Dengan lisan yaitu senantiasa melafalkan kalimat thoyyibah atau kata-kata baik seperti subhanallah, alhamdulillah, astaghfirullah dls. Dengan perbuatan misalnya selalu terdorong untuk menolong orang lain, menjaga kebersihan, dls. Dengan dzikir dan doa maka hati akan menjadi lapang, tenang dan dapat menghilangkan rasa sakit hati.

4. Bergaul Dengan Orang-Orang Sholeh

5 Cara Mengobati Sakit Hati Menurut Islam (berkumpul dengan orang sholeh)

Pergaulan sangat menentukan kepribadian dan sangat mempengaruhi kehidupan kita. Jika bergaul dengan orang-orang sholeh, InsyaaAllah hati akan menjadi tenang karena nasehat dan mereka akan mengajak pada ketaatan. Dengan demikian, hati yang sakit akan terobati dengan berkumpulnya bersama orang-sholeh.

5. Puasalah

5 Cara Mengobati Sakit Hati Menurut Islam (puasa)

Berpuasa akan melatih diri untuk lebih sabar, empati pada orang lain, menahan diri untuk melakukan perbuatan yang dilarang Allah SWT. Selain itu puasa juga dapat mengobati berbagai penyakit hati, seperti ujub, takabur, riya, iri, dengki, dan lain sebagainya.

Itulah 5 Cara Mengobati Sakit Hati Menurut Islam. Jika kelima perkara tersebut sudah kita lakukan sebagai terapi untuk mensucikan dan membersihkan hati dari segala penyakit, InsyaaAllah kita akan menjadi hamba yang jauh lebih baik, memiliki hati yang sehat, bersih dan selamat. Semoga tulisan ini bermanfaat jangan lupa baca juga artikel yang masih berkaitan dengan hati. Terimakasih 🙂

Silakan baca juga: