Keutamaan Lailatul Qodar Beserta Doa Dan Tanda-Tandanya

Posted on

Keutamaan Lailatul Qodar Beserta Doa Dan Tanda-Tandanya – Lailatul qadar merupakan malam yang terjadi di bulan suci Ramadhan sebagai malam diturunkannya ayat-ayat Al-Qur’an secara keseluruhan dari Lauhil Mahfudz ke Baitul Izzah yang kemudian Allah menurunkannya secara berangsur-angsur dan lailatul qadar merupakan malam yang penuh keberkahan dan kemuliaan karena lebih baik daripada seribu bulan.

Keutamaan Lailatul Qodar

Keistimewaan lailatul qadar sangat luar biasa dan bagi orang-orang yang beriman, mereka tidak ingin melewatkan malam-malam ganjil pada 10 terakhir dengan menghidupkan malam-malam tersebut dengan cara i’tikaf di Masjid, sholat malam atau sholat sunnah, membaca Al-Qur’an, berdzikir, bershalawat, banyak berdoa dan beribadah secara sungguh-sungguh.

Adapun keistimewaan dan keutamaan lailatul qadar diantaranya:

1. Waktu diturunkannya Al-Qur’an

surat al qadar ayat 1

Artinya: “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan.” (QS. Al-Qadar ayat 1)

Dari Ibnu ‘Abbas dikatakan, “Allah menurunkan Al-Quran secara keseluruhan sekaligus dari Lauhul Mahfudz ke Baitul Izzah yang ada di langit dunia. Kemudian Allah menurunkan Al-Quran kepada Rasulullah SAW. tersebut secara beransur-ansur sesuai dengan peristiwa dan kejadian yang berlaku sepanjang 23 tahun.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 14: 403)

Hal ini menunjukkan bahwa keistimewaan lailatul qadar sangat luar biasa, sehingga Allah SWT. memilihnya untuk menurunkan Al-Qur’anul Kariim secara keseluruhan.

2. Malam yang lebih baik dari seribu bulan

surat al qadar ayat 2

Artinya: “Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al-Qadar: 3)

Lebih baik dari seribu bulan artinya segala amal ibadah yang dilakukan pada lailatul qadar dengan penuh keikhlasan itu sama seperti ibadah yang dilakukan tanpa terputus selama seribu bulan atau kurang lebih 83 tahun 4 bulan. MasyaaAllah. Inilah kenapa hamba-hamba Allah yang beriman dan berpikir tidak ingin melewatinya dengan sia-sia. Karena kemuliaannya sungguh luar biasa.

3. Malaikat turun membawa keberkahan dan rahmat

Surat Al-Qadar ayat 4-5

Artinya: “Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al-Qadar: 4-5)

Al-Qurthubi mengatakan bahwa pada malam itu para malaikat turun untuk  mengaminkan doa-doa yang diucapkan oleh manusia hingga terbit fajar. Para malaikat turun dengan membawa rahmat atas perintah Allah SWT dan membawa setiap urusan yang telah ditentukan dan ditetapkan Allah SWT. Lailatul Qodar adalah malam yang penuh kesejahteraan dan kebaikan tanpa adanya keburukan sampai terbit fajar.

4. Akan diampuni dosa-dosanya bagi yang menghidupkan Lailatul Qadar

Dari Abu Hurairah ra., bahwa Rasulullah SAW. bersabda:

Hadits tentang menghidupkan lailatul qadar

Artinya: “Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam kemuliaan (lailatul qadar) karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari)

Kapan Waktu Terjadinya Lailatul Qadar?

Rasulullah SAW. bersabda:

hadits lailatul qadar

Artinya: “Carilah Lailatul Qadar pada (bilangan) ganjil di sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Yang dimaksud dengan malam-malam ganjil yaitu mulai malam ke 21, 23, 25, 27, sampai maam ke  29. Kapan tanggal pasti terjadinya lalatul qadar itu tidak ada yang tahu.Menurut beberapa pendapat para jumhur ulama mengatakan bahwa lailatul qadar itu terjadi pada malam ganjil dari sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan dan waktunya berpindah-pindah dari tahun ke tahun (Fathul Bari, 4/262-266).

Para ulama mengatakan bahwa hikmah Allah SWT menyembunyikan atau merahasiakan kapan tanggal pasti terjadinya lailatul qadar adalah agar hamba-hambaNya  bersemangat untuk mencarinya.

Tanda-Tanda Lailatul Qadar

Inilah beberapa tanda-tanda Lailatul Qodar menurut beberapa hadits.

Keutamaan Lailatul Qodar Beserta Doa Dan Tanda-Tandanya
Keutamaan Lailatul Qodar Beserta Doa Dan Tanda-Tandanya

Rasulullah bersabda: “Lailatul Qodar adalah malam yang cerah, tidak panas dan tidak dingin, matahari pada hari itu bersinar kemerahan lemah.” Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah yang dishahihkan oleh Al-Bani.

Rasulullah bersabda,”Tandanya adalah matahari terbit pada pagi harinya dengan cerah tanpa sinar.” (HR. Muslim)

Rasulullah bersabda “Sesungguhnya aku diperlihatkan Lailatul Qodar, lalu aku dilupakan, ia ada di sepuluh malam terakhir. Malam itu cerah, tidak panas dan tidak dingin bagaikan bulan menyingkap bintang-bintang. Tidaklah keluar setannya hingga terbit fajarnya.” (HR. Ibnu Hibban)

Rasulullah bersabda,”Sesungguhnya para malaikat pada malam itu lebih banyak turun ke bumi daripada jumlah pepasiran.” (HR. Ibnu Khuzaimah yang sanadnya dihasankan oleh Al-Bani)

Rasulullah bersabda,”Lailatul Qadar adalah malam yang terang, tidak panas, tidak dingin, tidak ada awan, tidak ada hujan, tidak ada angin kencang dan tidak ada yang dilempar pada malam itu dengan bintang.” (HR. At-Thabrani)

Doa Lailatul Qadar

Malam kemuliaan ini terdapat pada malam ganjil dari 10 malam terakhir pada bulan Ramadhan. Adapun bacaan doanya bisa dibaca ketika menjelang lailatul qadar yang kedatangannya merupakan suatu kerahasiaan. Kita hanya diberikan tanda-tanda kapan lailatul qadar itu turun. Sehingga kewajiban kita hanyalah beribadah secara sungguh-sungguh agar memperoleh malam yang lebih baik dari seribu bulan tersebut.

Inilah bacaan doa yang sering kita baca bersama-sama dengan panduan imam setelah menyelesaikan sholat tarawih.

doa lailatul qadar

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Mulia, Engkau mencintai orang yang meminta maaf, maka maafkanlah aku wahai Tuhan Yang Maha Mulia.”

Sekian pembahasan mengenai Keutamaan Lailatul Qodar Beserta Doa Dan Tanda-Tandanya, semoga bermanfaat juga dapat membantu membangkitkan kembali semangat dalam menyambut Ramadhan dan malam kemuliaan pada tahun ini. Semoga Allah meridhoi segala niat baik kita. Aamiin

Baca juga: