Keutamaan Dan Keistimewaan Bulan Ramadhan

Posted on

Keutamaan Dan Keistimewaan Bulan Ramadhan – Tidak lama lagi ramadhan akan segera tiba. Sudah saatnya kita bergembira untuk menyambut kedatangan bulan yang mulia ini. Bahagia bukan dengan cara menyalakan kembang api atau petasan, namun semangat untuk menjalankan ibadah dibulan yang suci dengan semaksimal mungkin.

Berikut ini akan dibahas tuntas mengenai keutamaan dan keistimewaan bulan suci Ramadhan. Semoga bermanfaat.

Keutamaan Dan Kistimewaan Bulan Ramadhan
Keutamaan Dan Kistimewaan Bulan Ramadhan

Keistimewaan Bulan Ramadhan

Adapun keistimewaan bulan suci Ramadhan diantaranya:

Bulan diturunkannya Al-Qur’an

Al-Qur’an pertama kali diturunkan pada bulan yang mulia yakni bulan Ramadhan. Sebagaimana Allah SWT. berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 185:

ayat puasa

Artinya: “Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.”

Terdapat malam Lailatul Qodar

Pada bulan Ramadhan terdapat malam yang penuh dengan kemuliaan dan keberkahan, yakni malam “Lailatul Qodar” malam yang lebih baik dari seribu bulan. Allah berfirman dala QS. Al-Qadr ayat 1-3:

ayat tentang malam lailatul qadr

Artinya: “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.”

Salah satu waktu terkabulnya doa

Rasulullah SAW. berdabda:

s2

Artinya: “Tiga orang yang do’anya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil dan do’a orang yang dizholimi“. (HR. Ibnu Majah, Tirmidzi dan Ibnu Hibban)

ssss

Artinya: “Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a maka pasti dikabulkan oleh-Nya.”

Oleh karena itu, perbanyaklan memohon dan memanjatkan doa pada bulan yang mulia ini.

Dibukanya pintu Surga dan ditutupnya pintu Neraka saat Ramadhan tiba

hadits

Artinya: “Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup dan setan pun dibelenggu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Orang yang sibuk beribadah dan menanam kebaikan pada bulan Ramadhan dan menjauhkan diri dari hal-hal yang berbau maksiat, maka terbukalah pintu surga bagi mereka yang benar-benar memanfaatkan bulan tersebut untuk beramal shalih.

Bulan penuh maghfiroh

Bulan ini merupakan bulan penuh pengampunan. Rasulullah SAW. bersabda:

s1

Artinya: “Barangsiapa yang menunaikan shalat pada bulan Ramadan dengan keimanan dan niat yang baik, niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Ampunan didapatkan tidak serta merta diperoleh bagi orang yang tidak menjalankan ibadah di bulan tersebut. Ampunan itu hanya diperoleh bagi mereka yang menjalankan ibadah dengan keimanan dan ketaatan kepada-Nya.

Pahala yang berlipat ganda

Tidurnya orang yang berpuasa akan mendapatkan pahala, bacaan dari satu huruf ayat Al-Qur’an terdapat 10 pahala sehingga budayakan untuk memperbanyak tadarus, sedekah atau memberi makan pada orang yang bepuasa saat berbuka bernilai pahala yang berlipat ganda serta ibadah-ibadah lainnya yang dilakukan pada bulan Ramadhan akan dibalas dengan pahala yang berlipat ganda.

Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa: “Barangsiapa memberi perbukaan (makanan atau minuman) kepada orang yang berpuasa, maka dia akan mendapat pahala seperti pahala orang yang berpuasa itu, tanpa mengurangi sedikitpun pahala orang yang berpuasa tersebut.” (HR Ahmad)

Itulah beberapa Keutamaan Dan Keistimewaan Bulan Ramadhan yang wajib kita ketahui sebagai umat Muslim. Semoga bermanfaat dan selamat menyambut bulan suci Ramadhan, bulan yang mulia dan penuh keberkahan dan ampunan. Semoga semangat dalam menjalankan ibadahnya semakin meningkat dan bertambah dari Ramadhan sebelumnya. Aamiin.