Inilah 6 Manfaat Tidur Malam Lebih Awal

Posted on

Inilah 6 Manfaat Tidur Malam Lebih Awal – Banyak sekali manfaat yang kita peroleh untuk kesehatan jasmani dan rohani kita jika tidur malam lebih cepat. Cepat disini bukan berarti selepas maghrib, tetapi setelah sholat Isya. Dibutuhkan waktu istirahat 7-8 jam untuk mengoptimalkan kerja tubuh, agar manfaatnya pun dapat dirasakan.

Dari Abi Barzah berkata:

tidur sebelum isya di benci

Artinya: “Rasulullah SAW. membenci tidur sebelum shalat Isya dan ngobrol-ngobrol setelahnya.” (HR. Bukhari)

Dalam hadits tersebut Rasulullah SAW. pun telah melarang, bahkan membenci seseorang yang tidur sebelum melaksanakan sholat Isya. Tidur di awal malam yang di maksdu yakni setelah masuknya waktu Isya.

Manfaat Tidur Malam Lebih Awal

Tidur diawal malam memang dinilai lebih menyehatkan tubuh. Berikut ini akan dijabarkan beberapa manfaat tidur lebih cepat bagi kesehatan tubuh.

Inilah 6 Manfaat Tidur Malam Lebih Awal
Inilah 6 Manfaat Tidur Malam Lebih Awal

1. Badan terasa lebih segar

Tidur lebih cepat sangat membantu memperbaiki vitalitas tubuh secara optimal. Saat bangun dari tidur, tubuh akan terasa lebih segar karena cukup istirahat. Bandingkan ketika kita tidur larut malam, kita akan cenderung bangun dalam keadaan lelah, lemas dan tak bersemangat. Mereka yang tidurnya lebih awal cenderung bangun dengan pikiran yang lebih jernih, sehat, produktif dan bersemangat.

2. Dapat menyehatkan jantung

Orang yang tidur malam lebih awal dan cukup, maka kesehatan jantungnya akan lebih terjamin. Karena orang yang tidur larut malam akan lebih mudah mengalami pengerasan pada pembuluh darahnya, sedangkan pengerasan pada pembuluh darah tersebut merupakan salah satu awal penyebab munculnya penyakit jantung.

3. Memperbaiki kualitas otak

Sebuah penelitian menemukan bahwa tidur lebih awal cenderung akan memudahkan seseorang dalam berpikir dan menyelesaikan semua pekerjaannya dengan sangat baik dan lebih optimal.

4. Mengurangi stres

Dengan tidur lebih cepat, maka pikiran kita pun akan lebih rileks sehingga dapat mengurangi tingkat depresi atau stres.

5. Sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh (antibodi)

Orang yang tidur larut malam akan lebih rentan terkena infeksi dan virus penyebab timbulnya berbagai penyakit. Dengan tidur lebih awal dan suasana tenang, maka tubuh kita akan melakukan proses detoksifikasi dengan sempurna.

  • Proses detoks (pembuangan zat-zat racen pada kelenjar getah bening) terjadi antara pukul 21.00 – 23.00.
  • pada pukul 23.oo – 01.00 terjadi proses pembuangan racun pada hati  atau liverdan kegiatan terbaiknya adalah tidur pulas.
  • Pada pukul 01.00 – 03.00 ialah proses pembuangan racun pada bagian empedu dan kondisi  saat tidur pulas.
  • Pukul 03.00 – 05.00 ialah terjadinya proses pembuangan racun pada paru- paru . Biasanya pada jam-jam ini si penderita batuk akan mengalami batuk hebat, sebab pada jam ini adalah proses pembersihan kotoran yang mencapai saluran pernapasan.
  • Sedangkan pukul 05.00 – 07.00 adalah proses pembuangan racun pada usus besar, yakni dengan buang air besar.

6. Tidur lebih Nyenyak dan berkualitas

Waktu istirahat 7-8 jam dirasa cukup berkualitas ditambah tidur dengan pulas dan nyenyak. Tentu ketika bangun badan akan terasa lebih ringan dan jauh lebih sehat. Jika tidur larut malam, badan akan terasa pegal, sakit dan kurang berenergi. Karena kurangnya kualitas tidur.

Nah itulah beberapa manfaat penting yang harus Anda ketahui tentang tidur malam lebih awal. Selain beberapa manfaat diatas, tentu masih banyak manfaat lainnya yang dapat langsung Anda rasakan ketika tidur lebih cepat dibandingkan tidur larut malam. Terlebih bagi Anda yang suka begadang, sebaiknya mulailah untuk menguranginya. Karena kebiasaan tidur larut malam dapat merusak organ-organ tubuh juga memperburuk kesehatan. Dan ingat penyebab utama kerusakan hati adalah Tidur Terlalu Malam Dan Bangun Terlalu Siang.

Inilah 6 Manfaat Tidur Malam Lebih Awal, semoga dapat memberikan manfaat dan pengetahuan baru buat sahabat semua. Sekian terimakasih 🙂

Baca juga: