Beberapa Sunnah Yang Dilakukan Rasulullah Sebelum Tidur

Beberapa Sunnah Yang Dilakukan Rasulullah Sebelum Tidur – Sahabat muslimah, ternyata segala sesuatu yang kita lakukan itu bisa bernilai ibadah lho jika kita mengerjakannya. Salah satunya adalah sunnah yang sering dilakukan Rasulullah sebelum beranjak tidur. Tidak hanya berdoa saja, tetapi ada aktivitas lainnya yang jika kita lakukan akan bernilai ibadah dan menambah pahala.

Sunnah Yang Dilakukan Rasulullah Sebelum Tidur

surat ar-rum ayat 23

Artinya: “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan“. (Ar-Rum: 23)

Berikut ini beberapa sunnah yang bisa kita lakukan sebelum tidur.

1. Melaksanakan sholat witir

Khawatir jika tidak bangun malam untuk melaksanakan qiyamul lail, maka Rasulullah melaksanakan sholat witir sebelum tidur. Sebagaimana dalam wasiatnya:

sholat witir

Artinya: “Kekasihku yaitu Rasulullah SAW mewasiatkan kepadaku tiga wasiat yaitu: berpuasa tiga hari setiap bulannya, mengerjakan sholat dhuha dua rakaat, dan mengerjakan witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari)

2. Mengibaskan tempat tidur dengan kain

Daru Abu Hurairah ra. Rasulullah SAW. bersabda yang artinya: “Apabila salah seorang dari kalian hendak barbaring di tempat tidurnya hendaklah ia kibas-kibas tempat tidurnya itu dengan sarung (kain)nya. Karena dia tidak tahu apa yang terjadi pada tempat tidurnya setelah ia tinggalkan sebelumnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam sebuah hadits lainnya: “Bagi orang yang bangun dari tempat tidurnya kemudian kembali lagi, maka dianjurkan untuk mengibasinya kembali.” (HR. At-Tirmidzi)

Ada fakta ilmiah mengapa sebelum tidur harus mengibaskan tempat tidurnya (kasur) dengan kain atau alat lainnya.

  • Para Ilmuwan mengatakan bahwa setiap orang tidur di atas kasur, akan ada sel-sel mati di tubuhnya yang berjatuhan di atas kasur dan pada saat seseorang itu terjaga dari tidurnya sel-sel tersebut tinggal di kasur. Ketika orang tersebut kembali tidur namun tidak terlebih dahulu membersihkan kasur yang akan ditempati, kemungkinan besar ada kuman tak terlihat yang memakan sel-sel mati tersebut di atas kasur, selimut dan bantal yang kita gunakan. Oleh karena itu sangatlah penting untuk mengibaskan kasur terlebih dahulu sebelum beranjak tidur.
  • Sebagai orang yang beriman pada yang ghaib tentu kita menyadari bahwa kita hidup bersama dengan makhluk ciptaan Allah lainnya yang tak kasat oleh mata, oleh karena itu melakukan sunah mengibas-ngibaskan kasur dengan sarung sebelum tidur sambil membaca basmallah insyaAllah kita akan terhindar dari godaan syetan yang terkutuk.
    Tidak ada satu kasur pun yg tergelar di dalam suatu rumah yang tidak ditiduri oleh manusia, kecuali syetan akan tidur diatas kasur itu…”. (Ahkamul Marjan fii ahkamil Jaan)

3. Tidur dalam keadaan berwudhu

Dari Al Barra bin Azib, bahwa Rasululah bersabda:

hadits tentang tidur dalam keadaan berwudhu

Artinya: “Jika engkau hendak menuju pembaringanmu (tempat tidur), maka berwudhulah sebagaimana engkau berwudhu untuk shalat“. (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Memadamkan api (lampu), menutup pintu dan bejana

Mematikan lampu sebelum tidur telah dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Dari Jabir bin Abdillah ra. Rasulullah SAW. bersabda: “Padamkanlah lampu-lampu di malam hari ketika kalian hendak tidur malam, kuncilah pintu dan tutuplah bejana, makanan dan minuman”. (HR Bukhori dan Muslim).

5. Tidur berbaring pada sisi sebelah kanan

Rasulullah bersabda yang artinya: “Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu“. (HR. Bukhari dan Muslim). Dalam riwayat lain: ” Rasulullah SAW apabila tidur, beliau meletakkan tangan kanannya di bawah pipi kanannya“. (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah dan Ibnu Hibban)

Adapun tidur dengan posisi tengkurap sangatlah dibenci dan dilarangnya. Sebagaimana sabdanya: “Sesungguhnya (posisi tidur tengkurap) itu adalah posisi tidur yang dimurkai Allah Azza Wa Jalla“. (HR. Abu Dawud)

Beberapa Sunnah Yang Dilakukan Rasulullah Sebelum Tidur

Beberapa Sunnah Yang Dilakukan Rasulullah Sebelum Tidur

6. Membaca mu’awwidzatain yakni surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas

Sebelum tidur hendaknya membaca surat Al-ikhlas, Al-falaq dan An-naas. Dari Aisyah ra. berkata:

sebelum-tidur-membaca-surat-al-ikhlas

Artinya: “Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW. ketika berada di tempat tidur di setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya lalu kedua telapak tangan tersebut ditiup dan dibacakan (Qul huwallahu ahad), (Qul a’udzu birobbil falaq) dan (Qul a’udzu birobbin naas). Kemudian beliau mengusapkan kedua telapak tangannya pada anggota tubuhnya dimulai dari kepalanya, wajahnya dan juga tubuh bagian depan. Beliau melakukan yang demikian itu sebanyak tiga kali“. (HR. Bukhari)

Baca juga:
9 Waktu Yang Dianjurkan Untuk Membaca Surat Al-Ikhlas

7. Membaca ayat kursi

Ayat kursi ialah ayat ke 255 dari surat Al-Baqarah. Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalah ayat kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi“. (HR. Al-Bukhari)

8. Membaca doa sebelum tidur

Dan yang terpenting adalah membaca doa sebelum tidur.

doa sebelum tidur

Artinya: “Dengan menyebut nama-Mu Ya Allah, aku hidup dan dengan menyebut Nama-Mu aku mati.”

9. Membaca sholawat dan dzikir

Sampai benar-benar ngantuk dan tertidur diusahakan membaca sholawat dan dzikir. Seperti membaca surat-surat pendek (Al-Kafirun, Al-Mulk, dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah) dan dzikir lainnya (membaca bismillah, membaca kalimat tauhid (laa ilaa ha illallah), tasbih, tahmid, takbir dls).

Itulah beberapa amalan sunnah yang bisa kita amalkan sebagaimana Rasulullah SAW telah menganjurkan dan mencontohkannya. Semoga Beberapa Sunnah Yang Dilakukan Rasulullah Sebelum Tidur ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan dapat diamalkan secara rutin.

Baca Juga:

6 Manfaat Tidur Malam Lebih Awal
5 Waktu Tidur Yang Dilarang Dalam Islam Dan Wajib Diketahui

Comments

comments

Beberapa Sunnah Yang Dilakukan Rasulullah Sebelum Tidur | Catatan Muslimah | 4.5