11 Ibadah Sunnah Pada Bulan Ramadhan

11 Ibadah Sunnah Pada Bulan Ramadhan – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang selalu ditinggu-tunggu oleh semua umat Muslim di seluruh dunia. Karena di dalam bulan ini terdapat lailatul qadar atau malam seribu bulan juga merupakan bulan yang penuh kemuliaan, keberkahan dan pahala yang berlipat ganda.

Sangat disayangkan jika kita tidak menggunakannya dengan baik atau berleha-leha hanya menjalankan puasa saja. Karena apapun yang dilaksanakan (hal kebajikan) akan dibalas dengan balasan yang tak terhingga. Kita tidak pernah tahu kapan ajal menjemput, adakah jaminan Ramadhan yang akan datang kita masih menjumpainya? Tentu tidak ada yang menjaminnya, hanya Allah yang tahu. Untuk itu, kita harus memperbanyak ibadah atau amalan-amalan sunnah sebisa dan semaksimal mungkin.

Ibadah Sunnah Pada Bulan Ramadhan

Berikut ini merupakan amalan-amalan sunnah atau ibadah sunnah yang dianjurkan selama bulan suci Ramadhan.

1. Melaksanakan sholat tarawih

tarawih

Artinya: “Barang siapa qiyamul lail bersama imam sampai ia selesai, maka ditulis untuknya (pahala) qiyam satu malam (penuh).” (HR. Ahmad, Abu Daud, Tirmidzi, Ibn Majah dan Nasa’i)

Sholat tarawih atau qiyamu Ramadhan bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa berjamaah. Namun lebih utama dilakukan secara berjamaah. Ketika Rasulullah selalu melaksanakan sholat tarawih berjamaah dan banyak sekali pengikutnya, sesekali beliau melaksanakannya di rumah karena khawatir sholat tarawih dianggap sebagai sholat wajib oleh umatnya.

Dari Abu Hurairah ra., Nabi SAW. bersabda:

taraweh

Artinya: “Barang siapa melakukan qiyam (lail) pada bulan Ramadhan, karena iman dan mencari pahala, maka diampuni untuknya apa yang telah lalu dari dosanya.”

2. Membaca Al-Qur’an (Tadarus)

Tak heran pada bulan Ramadhan setiap Muslim yang beriman berlomba-lomba membaca dan mengkhatamkan Al-Qur’an, karena pada bulan inilah ayat Al-Qur’an pertama kali diturunkan. Rasulullah SAW. pun selalu memperbanyak membaca Al-Qur’an pada bulan suci Ramadhan.

Imam Az-Zuhri berkata: “Apabila datang Ramadhan, maka kegiatan utama selain berpuasa adalah membaca Al-Qur’an.” Bacalah dengan tartilul qur’an, suara yang indah, tajwid yang benar, dipahami dan diamalkan isinya.

Barangsiapa membaca satu huruf dari kitab Allah maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf; tetapi alif satu huruf; lam satu huruf dan mim satu huruf. “(HR. At-Tirmidzi, katanya: hadits hasan shahih).

3. Mengakhirkan sahur

Mengakhirkan makan sahur itu di sunnahkan dan didalam sahur itu terdapat keberkahan, sebagaimana Rasulullah SAW. bersabda:

sahur

Artinya: “Makan sahurlah karena sesungguhnya pada sahur itu terdapat berkah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari Abu Said al-Khudri ra. : “Sahur itu barakah maka jangan tinggalkan meski hanya dengan seteguk air. Sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang sahur.” (HR Ahmad)

4. Menyegerakan berbuka puasa

Dari Abu Hurairah ra., Nabi SAW. bersabda:

buka puasa

Artinya: “Dari Nabi SAW. beliau bersabda, Allah Ta’ala berfirman: “Hamba yang paling dicintai di sisi-Ku adalah yang menyegerakan waktu berbuka puasa.

Rasulullah SAW. bersabda yang artinya: “Manusia akan sentiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. Bukhari dan Muslim)

5. Memberi makanan untuk berbuka puasa

memberi makan org berpuasa

Artinya: “Barang siapa yang memberikan makanan berbuka kepada orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang yang berpuasa itu. ” (Nasa’i dan Tirmidzi)

Memberi makanan untuk orang yang berpuasa atau ta’jil juga merupakan ladang pahala (amalan sunnah) bagi kita.

6. Bersedekah

Manfaatkanlah bulan yang mulia ini dengan memberikan sebagian harta yang dimiliki kepada orang-orang fakir dan miskin. Rasulullah SAW. bersabda yang artinya: “Sebaik-baik sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadhan.”(HR. Tirmizi).

11 Ibadah Sunnah Pada Bulan Ramadhan

11 Ibadah Sunnah Pada Bulan Ramadhan

7. I’tikaf

Saat ini sudah jarang orang-orang Muslim yang beri’tikaf didalam Masjid. Padahal berdiam diri (i’tikaf) di masjid dengan memperbanyak dzikir, istighfar, doa, sholat, membaca Al-Qur’an sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW., terutama di 10 malam terakhir. Karena pada malam-malam ganjil di 10 hari terakhir Ramadhan terdapat malam seribu bulan (lailatul qadar). Sehingga Rasulullah SAW. tidak pernah meninggalkannya untuk meraih lailatul qadar.

8. Bertaubat

Manfaatkanlah bulan yang penuh maghfirah ini dengan sebaik mungkin, memperbanyak dzikir, istighfar dan taubat untuk memohon ampunan kepada Allah SWT. Karena di bulan Ramadhan Allah membuka lebar-lebar pintu taubat bagi hamba-hambaNya yang mau bertaubat.

9. Menyibukkan diri untuk berbuat kebajikan

Ramadhan merupakan peluang emas bagi orang-orang yang beriman, sehingga mereka berlomba-lomba dalam kebaikan. Sekecil apapun itu, namun balasannya MasyaaAllah sangat besar dan luar biasa. Jadi, jangan lewatkan untuk selalu berbuat baik dan menyibukkan diri pada kebaikan.

10. Memperbanyak doa

Doa ketika berpuasa dan berbuka merupakan salah satu waktu yang terbaik dan mustajab. Maka dari itu, perbanyaklah bermunajat kepada Allah SWT untuk kehidupan kita, keluarga, masyarakat, agama dan bangsa.

11. Melaksanakan umrah

Bagi yang berkecukupan harta atau memiliki harta yang lebih, ada baiknya untuk melakukan ibadah umrah pada bulan Ramadhan. Rasulullah SAW. bersabda:

umrah

Artinya: “Umrah pada bulan Ramadhan menyerupai haji.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Nah itulah 11 Ibadah Sunnah Pada Bulan Ramadhan yang bisa kita lakukan, dan masih banyak amalan-amalan sunnah lainnya. Apapun amalan-amalan sunnah yang dilakukan pada bulan Ramadhan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda karena bulan Ramadhan adalah bulan kemuliaan dan penuh keberkahan. Semoga bermanfaat dan sekian terimakasih 🙂

Baca juga:
11 Hikmah Puasa Di Bulan Ramadhan
7 Keutamaan Dan Manfaat Puasa Di Bulan Ramadhan
Keutamaan Dan Keistimewaan Bulan Ramadhan

Comments

comments

11 Ibadah Sunnah Pada Bulan Ramadhan | Catatan Muslimah | 4.5