11 Hikmah Puasa Di Bulan Ramadhan Yang Harus Diketahui!

11 Hikmah Puasa Di Bulan Ramadhan Yang Harus Diketahui! – Setelah sebelumnya kita membahas tentang keutamaan puasa ramadhan dan manfaatnya, kali ini akan dibahas tentang apa saja sih hikmah dibalik puasa satu bulan penuh pada bulan suci Ramadhan.

Hikmah Puasa Di Bulan Ramadhan

Nah, sahabat catatanmuslimah.com tentu secara tidak langsung mengalami banyak hikmah dibalik puasa pada bulan Ramadhan kan? seperti menahan diri untuk tidak berkata kasar, menahan emosi, mengurangi obrolan yang tidak bermanfaat yang pada akhirnya berujung pada ghibah, berkumpul atau bersilaturahmi dengan sahabat, kerabat dan sanak famili dengan mengadakan buka puasa bersama, lebih disiplin, dan lain sebagainya.

Berikut ini ada beberapa hikmah bagi orang-orangyang melaksanakan ibadah puasa dengan ikhlas pada bulan suci Ramadhan.

1. Dapat meningkatkan ketaqwaan

Orang-orang yang berpuasa dengan niat karena Allah dan ikhlas menjalankannya akan lebih menjaga sholatnya, dzikirnya, khataman Al-Qur’annya, sedekahnya, sholat tarawihnya, dan ibadah-ibadah lainnya. Sehingga perbuatan tersebut akan lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.

2. Melatih diri dalam kesabaran

Orang yang berpuasa akan menahan diri dari godaan, nafsu dan syahwat. Mereka akan terlatih kesabarannya ketika sedang berpuasa. Seperti menahan diri dari ejekan orang lain, menahan emosi, menahan agar tidak makan dan minum, dan lain sebagainya.

3. Lebih disiplin

Orang yang berpuasa akan lebih terlatih dalam kedisiplinan. Seperti contoh dalam hal-hal kecil, waktu maghrib bersiap-siap untuk menghidangkan makanan, berbuka puasa, sholat yang kemudian menunggu waktu sholat isya sampai lanjut dengan tarawih dan tadarus sampai tidur dan kembali bangun untuk sahur hingga menyelesaikan aktivitas harian dengan tertata lebih rapi dan lebih disiplin waktu.

11 Hikmah Puasa Di Bulan Ramadhan Yang Harus Diketahui

11 Hikmah Puasa Di Bulan Ramadhan Yang Harus Diketahui

4. Melatih kejujuran

Berpuasa menjadi berkurang pahalanya jika kita berbohong, oleh karenanya sebisa mungkin untuk selalu jujur. Dengan itu, kita akan lebih terlatih sehingga akan terbiasa untuk menjaga kejujuran.

5. Lebih peduli terhadap sesama Muslim

Dengan berpuasa, maka kita akan lebih memperdulikan sesama Muslim. Seperti contoh, mengajak sholat tarawih, berbuka puasa bersama, merasakan bagaimana orang-orang fakir miskin makan hanya satu kali dalam sehari atau bahkan ada yang tidak makan, memberikan makanan kepada yang kurang mampu tatkala berbuka atau sahur, membangunkan orang untuk sahur, menyediakan makanan untuk keluarga dan lain sebagainya.

6. Menghilangkan kesombongan

Puasa mengajarkan kita arti kesetaraan dimata Allah SWT. Sama-sama menahan diri untuk tidak makan dan minum. Jadi, secara tidak langsung kita belajar untuk tidak menyombongkan diri. Karena sesungguhnya yang membedakan kita di mata Allah SWT. hanyalah keimanan dan ketaqwaan. Sehingga kita diperkenankan untuk saling berlomba-lomba dalam mencari keridhoan Allah SWT. Kaya atau miskin, pejabat atau rakyat biasa, orang yang berkedudukan atau buka, semuanya sama.

7. Mempererat tali silaturahmi

Tali silaturahmi akan lebih erat saat memasuki bulan suci Ramadhan sampai hari raya Idul Fitri. Sering kita mengadakan atau hadir dan ikut serta dalam acara-acara seperti pesantren kilat, santunan anak yatim, safari Ramadhan, buka bersama, sholat bersama, istighosah, pengajian atau peringatan Nuzulul-Qur’an dan kegiatan lainnya yang dapat menyatukan atau mengumpulkan sesama Muslim sehingga terjalin hubungan tali silaturahmi.

8. Lebih berhati-hati dalam perbuatan

Dengan berpuasa sebulan penuh akan melatih kita untuk lebih berhati-hati dalam berbuat dan bertindak, karena selama berpuasa selain menahan lapar dan haus, kita juga belajar menahan tangan, kaki, mata, telinga dan anggota tubuh lainnya dari hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT.

9. Melatih hidup sederhana

Mungkin hampir semua sahabat sering kali bernafsu untuk mengumpulkan segala makanan yang diinginkan untuk dimakan saat berbuka puasa. Namun kenyataannya, baru saja segelas air putih dan sepotong roti sudah mewakilkan nafsu yang sangat bergejolak ketika masih puasa. Al-hasil makanan yang beraneka macam tidak termakan (mubadzir). Jadi, denganberpuasa kita banyak belajar tentang arti kesederhanaan dan jangan mengikuti atau menuruti hawa nafsu yang kesenangannya hanya saat itu saja.

10. Lebih mensyukuri nikmat Allah SWT.

Tanda terimakasih kepada Allah SWT karena semua ibadah mengandung arti rasa syukur atas pemberian nikmat-Nya yang tak terbatas dan tak ternilai harganya.

11. Puasa dapat menjaga kesehatan

Orang yang berpuasa akan lebih terjaga kesehatannya baik secara jasmani maupun rohaninya. Untuk itu manfaat puasa bagi kesehatan sangatlah banyak. Ini merupakan salah satu bonus dari Allah SWT. untuk kita yang menjalankan ibadah puasa. Disamping pahalanya yang luar biasa, Allah berikan kesehatan baik jasmani maupun rohani.

Nah itulah beberapa hikmah puasa di bulan Ramadhan yang sesaat lagi akan datang, semoga makin bersemangat lagi dalam menjalankan ibadah puasa di tahun ini. Semoga tulisan tentang 11 Hikmah Puasa Di Bulan Ramadhan Yang Harus Diketahui! ini bermanfaat. Sekian terimakasih 🙂

Baca juga:
7 Keutamaan Dan Manfaat Puasa Di Bulan Ramadhan
Keutamaan Dan Kestimewaan Bulan Ramadhan

Comments

comments

11 Hikmah Puasa Di Bulan Ramadhan Yang Harus Diketahui! | Catatan Muslimah | 4.5