Tiga Waktu Yang Paling Menakutkan Bagi Manusia

Posted on

Tiga Waktu Yang Paling Menakutkan Bagi Manusia – Ada tiga fase yang harus kita lewati sebagai manusia, dimana fase-fase tersebut merupakan waktu yang sangat menakutkan. Dalam Al-Qur’an surat Maryam ayat 15 Allah SWT. Berfirman:

surat maryam ayat 15

Artinya: “Dan salam (keselamatan) atas dirinya pada hari ia dilahirkan dan pada hari ia meninggal dan pada hari ia dibangkitkan hidup kembali.”

Tiga Waktu Yang Paling Menakutkan Bagi Manusia

Ayat diatas menjelaskan bahwa Allah SWT. memberi salam kepada Nabi Yahya as. dan Nabi Isa as.  saat beliau dilahirkan, wafat dan dibangkitkan kembali pada hari kebangkitan. Mengapa Allah SWT. memberikan salam pada ketiga waktu tersebut? karena pada ketika itulah saat-saat yang paling menakutkan bagi kehidupan manusia.

Yang pertama adalah waktu dimana manusia terlahir ke muka bumi.

Telah diriwayatkan dari Abu Hurairah ra., beliau berkata, “Saya mendengar Rasulullah bersabda:  “tidak ada seorang anak Adam yang lahir kecuali di pegang oleh setan ketika ia dilahirkan, sehingga ia berteriak menangis karena pegangan setan, kecuali maryam dan anaknya.”

Tentang hal serupa juga disampaikan oleh Ibnu Abbas yang diriwayatkan oleh Ad Darami, beliau berkata: “Tidak ada seorang anak yang lahir kecuali ia menangis, setan memegang perutnya hingga ia menangis kecuali Isa putra maryam.”

Dunia itu penjaranya orang-orang mukmin dan Surganya orang kafir.” (HR. Muslim)

Lahirnya seorang bayi akan diawali dengan tangisan, kecuali Nabi Isa as., Itu salah satu bahwa mereka tahu bahwa dunia itu adalah penjara bagi mereka.

Yang kedua adalah waktu manusia meninggal dunia.

Begitu sakitnya saat ruh terlepas dari jasad, begitu dahsyatnya sakaratul maut. Waktu yang sangat menakutkan ini pasti akan terlewati oleh kita. Kematian merupakan gerbang selanjutnya yang akan dilewati oleh setiap manusia yang hidup.

Dari Hasan Rasulullah SAW. menyebut kematian, kesusahan dan kepedihannya, lalu beliau bersabda: “Kematian itu kadarnya tiga ratus pukulan dengan pedang”.

Gambaran tentang sakaratul maut menurut Imam Al-Ghozali: “Demi Allah, seandainya jenazah yang sedang kalian tangisi mampu berbicara sekejap saja, lalu menceritakan (pengalaman sakaratul mautnya) kepada kalian, niscaya kalian akan melupakan jenazah itu, dan mulai menangisi diri kalian sendiri.”

Tiga Waktu Yang Paling Menakutkan Bagi Manusia
Tiga Waktu Yang Paling Menakutkan Bagi Manusia

Yang ketiga ialah saat manusia dibangkitkan hidup kembali

Waktu yang paling menakutkan selanjutnya adalah saat manusia dihidupkan kembali dari alam kuburnya dan dikumpulkan di padang mahsyar. Disanalah segala perbuatan akan terlihat tanpa ada yang tertutupi sedikitpun. Karena yang akan berbicara langsung anggota tubuhnya sebagai saksi. Tidak akan ada satupun yang dapat menolong ketika itu, kecuali amal shalih.

Selain ketiga fase tersebut memang ada waktu yang mengerikan bagi manusia, seperti saat dialam kubur. Bagi orang yang beriman, pertanyaan demi pertanyaan telah terjawab, maka ia akan merasakan seperti tidurnya orang yang sedang menunggu pagi. Mereka tidak akan merasakan kepedihan adzab kubur. Namun, bagi orang yang ingkar kepada Allah SWT., maka ia akan merasakan pedihnya siksaan kubur dan menunggu waktu kiamat tiba akan sangat terasa lama karena dipenuhi dengan siksaan demi siksaan. Na’udzubillahi min dzalik.

Semoga Tiga Waktu Yang Paling Menakutkan Bagi Manusia ini dapat mengingatkan kepada kita tentang apa arti kehidupan yang sebenarnya. Sebagai hamba Allah SWT. kita diperintahkan untuk mengikuti segala aturan-Nya agar selamat dari segala siksaan-Nya. Semoga bermanfaat dan sekian terimakasih 🙂

Baca juga: