Inilah 11 Keajaiban Pelukan Seorang Ibu Yang Luar Biasa

Posted on

Inilah 11 Keajaiban Pelukan Seorang Ibu Yang Luar Biasa – Seorang ibu memiliki naluri keibuan yang dapat merubah segalanya bagi seorang anak. Begitu banyaknya manfaat yang dapat dirasakan saat seorang ibu memeluk anaknya. Inilah beberapa keajaiban yang dapat dirasakan saat ibu memeluk anaknya.

Keajaiban Pelukan Seorang Ibu Yang Luar Biasa

Banyak alasan kenapa diharuskan seringnya seorang ibu memeluk anaknya, baik saat anak-anak masih kecil maupun sudah dewasa. Pelukan merupakan salah satu bentuk afeksi yang paling tepat untuk mengekspresikan rasa kasih sayang kepada anak, dan jauh lebih efektif jika dibandingkan dengan hadiah atau pujian.

Pelukan juga dapat memberikan rasa aman, nyaman, tentram dan hangat serta dapat menimbulkan rasa empati yang tinggi juga dapat menumbuhkan kasih sayang yang tulus dari hati. Inilah beberapa alasan atau sebab pentingnya memeluk anak.

Dapat menyehatkan jiwa raganya

Pelukan seorang ibu dapat menurunkan tekanan darah dan juga stress. Selain itu pelukan juga dapat meningkatkan self-esteem dan mendorong sang anak untuk menjadi lebih baik. Rasa bahagia yang diperoleh dapat membuat jiwa dan raganya lebih sehat.

Mampu menyembuhkan hati yang terluka

Hanya dengan pelukan, hati yang terluka akan terobati. Terlebih pelukan dari seorang ibu yang dapat menentramkan hati.

Dapat menguatkan sistem imun

Sentuhan yang tepat merangsang kelenjar tymus yang mana dapat merangsang sel darah putih yang merupakan komponen utama dalam pertahanan tubuh manusia. Maka peluklah anak disaat ia sedang sakit.

Dapat meningkatkan Mood

Pelukan yang lama akan meningkatkan arus hormon serotonin dalam tubuh. Pelukan dapat meningkatkan skala kegembiraan anak semakin bertambah.

Dapat mempercepat pertumbuhan dan perkembangan anak

Seorang bayi yang sering dipeluk akan tumbuh dan berkembang lebih cepat dibandingkan bayi-bayi yang jarang dipeluk. Jadi banyak memeluk anak saat masih bayi sangat berpengaruh terhadap proses tumbuh kembangnya.

Dapat meningkatkan IQ

Pelukan dan sentuhan seorang ibu akan merangang aliran darah ke otak. Sehingga dapat meningkatkan IQ anak, anak akan lebih mudah menangkap, lebih cerdas dan mudah paham.

Dapat meredakan  emosi

Saat anak sedang marah, peluklah ia, karena pelukan seorang ibu dapat meredam amarahnya sehingga anak akan lebih merasa tenang dan mampu mengontrol emosinya.

Belajar apa itu artinya menerima dan memberi

Pelukan dan sentuhan itu dapat mendidik sang anak agar lebih memahami pentingnya kasih sayang dan berharganya saling mengasihi dan menyayangi. Ia akan tahu artinya memberi dan menerima serta saling mengasihi.

Inilah 11 Keajaiban Pelukan Seorang Ibu Yang Luar Biasa
Inilah 11 Keajaiban Pelukan Seorang Ibu Yang Luar Biasa

Dapat mendekatkan dan menguatkan batin

Sebuah pelukan dapat memberikan kedekatan dan kekuatan getaran batin antara ibu dan anak. Berdasarkan hasil penelitian psikolog Edward R. Christopherson. Ph.D, pelukan jauh lebih efektif daripada pujian atau ucapan sayang, karena dapat membuat anak akan merasa sangat dicintai dan dihargai.

Pelukan yang tulus dapat meluluhkan hati yang keras

Dengan pelukan, hati yang keras akan menjadi luluh. Sering-seringlah memeluk anak, meskipun ia telah dewasa. Karena pelukan seorang ibu akan tetap sama hangatnya dirasakan ketika anak-anak masih kecil.

Mengurangi ketegangan syaraf

Para ahli menemukan bahwa saat melakukan pelukan maka produktivitas hormon endomorfin meningkat, sehingga hal ini dapat memberi efek ketenangan karena mengurangi ketegangan syaraf dan juga menormalkan tekanan darah.

Menurut Melly Puspita Sari, Psi selaku psikolog sekaligus penulis buku “The Miracle of Hug“, menatakan bahwa pelukan pada anak sebaiknya diberikan minimal delapan kali dalam sehari dari kedua orangtuanya. Karena hal ini dapat memberikan energi baru bagi anak sehingga ia bisa beraktivitas dan mengoptimalkan potensinya.

Itulah beberapa point penting tentang Keajaiban Pelukan Seorang Ibu Yang Luar Biasa berpengaruh besar terhadap anaknya. Selain bentuk ungkapan rasa sayang, pelukan juga sangat bermanfaat untuk mengontrol emosi dan menyehatkan jiwa dan raga.

Semoga bermanfaat dan sekian terimakasih 🙂