8 Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Tubuh Terdahsyat

Posted on

8 Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Tubuh Terdahsyat – Yang hobi menangis wajib tahu tentang manfaatnya air mata, terutama bagi orang-orang melankolis. Biasanya, menangis itu menjadi salah satu cara kita dalam meluapkan emosi. Karena dengan menangis, hati akan merasa lebih puas, lega dan tenang. Meskipun menangis itu tidak dapat menyelesaikan masalah. Paling tidak ada manfaatnya sebagaimana yang diperoleh dari hasil penelitian bahwa menangis ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Ini dia pemaparan selengkapnya.

8 Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Tubuh Terdahsyat
8 Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Tubuh Terdahsyat

Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Tubuh

Ada beberapa manfaat air mata bagi kesehatan tubuh, diantaranya sebagai berikut:

1. Bermanfaat untuk mengeluarkan racun

William Frey adalah seorang ahli biokimia yang telah melakukan penelitian terhadap air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangisnya seseorang karena luapan emosi ternyata mengandung racun. Jadi, keluarnya air mata itu menandakan bahwa ia membawa racun-racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui mata.

2. Membunuh Bakteri

Tak perlu lagi sibuk-sibuk mencari obat tetes mata, cukup air mata yang berfungsi alami sebagai antibakteri. Air mata mengandung lisozom yang dapat membunuh bakteri sekitar 90-95%.

3. Mengurangi Stress

Air mata juga mengeluarkan hormon endorphin dan prolactin dimana hormone inilah yang membantu meningkatkan kadar kebahagiaan seseorang. Hormon ini juga sangat baik untuk membantu menstabilkan kondisi seseorang menjadi lebih baik sehingga dapat membantu mengurangi stress dan emosional yang masih labil.

4. Meningkatkan Mood dan Menstabilkan Kondisi Tubuh

Dengan menangis seseorang bisa menurunkan tingkat depresi sehingga mood seseorang akan sedikit membaik. Air mata yang dihasilkan dari menangis karena emosi mengandung 24% protein albumin yang bermanfaat dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

5. Melegakan Perasaan

Pasti kita sering merasakah manfaat yang satu ini. Setelah menangis biasanya akan muncul perasaan lebih lega. Karena setelah menangis sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar, sehingga hal tersebut akan membuat perasaan menjadi lebih baik, lega dan tidak tertekan.

6. Mengurangi Resiko Flu dan Pilek

Air mata juga dapat membantu kita untuk bertahan dari serangan penyakit. Salah satunya adalah flu dan pilek. Karena saat menangis maka lisozom fluida akan membantu membunuh bakteri hingga 95% di dalam tubuh. Sehingga zat ini akan mencegah kuman masuk dari luar yang menjadi penyebab penyakit flu dan pilek.

7. Membantu Penglihatan Mata

Fungsi utama dari airmata adalah sebagai pelumas yakni melumasi bola mata sehingga kita dapat melihat. Air mata melembabkan dan mencegah dehidrasi pada selaput mata. Tanpa adanya air mata, maka kita tidak akan mampu melihat.

8. Melembabkan Mata

Air mata juga dapat melembabkan mata, menghindari terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan (kering), rasa perih dan iritasi. Dengan menangis maka mata kita akan menjadi lembab walau agak sedikit merah. Namun merah atau bengkak pada mata tidak akan berlangsung lama.

Selain itu, menangis juga dapat menjadikan diri lebih kuat dan tegar. Karena dengan menangis itulah kita akan menjadi orang yang lebih sabar. Meluapkan emosi yang paling baik itu dengan menangis, bukan dengan cara berteriak-teriak atau banting-banting barang, memukul tembok dan lain sebagainya. Menangislah dan jangan lupa Allah SWT. tempat yang paling mengerti dan memahami kita serta tempat yang paling nyaman untuk bersandar dalam kesedihan kita.

Ingat, segala sesuatu yang berlebihan tidak baik, begitupun dengan menangis. Janganlah menangis secara berlebihan, karena manfaatnya tidak dapat dirasakan dan Allah akan membenci perbuatanmu itu jika kau lakukan secara berlebihan.

Semoga 8 Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Tubuh Terdahsyat ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan baru bagi kita. Sekian terimakasih 🙂