13 Sifat Suami Yang Bertanggung Jawab Dalam Keluarga

13 Sifat Suami Yang Bertanggung Jawab Dalam Keluarga – Suami yang setia dan penuh tanggung jawab adalah impian semua wanita. Jika suami tidak bertanggung jawab atau kurang bertanggung jawab terhadap keluarga yang dipimpinnya, maka sebuah keluarga akan jauh dari keharmonisan.

Berikut ini ada beberapa sifat laki-laki yang bisa dikatakan bahwa laki-laki atau suami yang telah bertanggung jawab pada keluarga.

Sifat Suami Yang Bertanggung Jawab Dalam Keluarga

Adapun sifat-sifat atau kriteria suami yang bertanggung jawab dalam keluarga diantaranya sebagai berikut:

1. Mengajak dan menuntun keluarganya untuk beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Ia akan selalu mengajak isteri dan anak-anaknya untuk menjadi orang-orang yang lebih taat kepada Allah SWT, lebih beriman dan bertaqwa kepada-Nya. Jika keluarganya tergolong orang-orang yang taat kepada Allah SWT, ia akan tetap selalu berusaha lebih taat dan membawa istri dan anak-anaknya pada ketaatan yang lebih tinggi.

Allah berfirman dalam QS. At-Tahrim ayat 6:

Surat at-tahrim ayat 6

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”

Rasulullah SAW. bersabda yang artinya: “Tidaklah seseorang yang menjumpai Allah dengan membawa dosa yang lebih besar daripada seorang suami yang tidak sanggup mendidik keluarganya.”

2. Menjadikan rumah kami adalah surga kami

Ia akan selalu berusaha menjadikan rumahnya sebagai surga bagi isteri dan anak-anaknya. Karena baginya rumah kami adalah surga bagi kami. Yang dimaksud dengan surga di dunia (rumah) adalah kenyamanan, kehangatan, kebahagiaan, ketentraman dan tempat berkumpul bersama keluarga dan tempat berbagi kasih dan sayang.

3. Mencukupi kebutuhan keluarga dengan rezeki yang halal

Ia senantiasa selalu berusaha untuk bertanggung jawab penuh atas segala kebutuhan isteri dan anaknya dengan mencari rezeki yang halal. Kebutuhan yang dipenuhi seperti sandang, pangan, papan dan nafkah lahir dan batin.

4. Membimbing istrinya agar menjadi istri yang shalihah

Senantiasa berupaya untuk membimbing dan membantu istrinya untuk menjadi istri shalihah yang selalu taat kepada suaminya. Ketaatan seorang istri juga tergantung bagaimana suami memperlakukannya.

5. Bersikap lembut dan Penyayang

Selalu bersikap lembut, ramah dan penyayang kepada istri dan anak-anaknya. Karena mereka adalah amanat dari Allah SWT, tidak ingin tega rasanya jika berkata kasar, membentak apalagi acuh kepada mereka.

6. Setia dan penuh kasih sayang

Ia akan selalu bertanggung jawab penuh dalam menjaga kesetiaan, cinta  dan kasih sayangnya hanya kepada istrinya seorang dimanapun ia berada. Meskipun harta berlimpah dan kedudukannya yang tinggi, namun pantang baginya untuk berpaling kepada wanita lain diluar rumah.

7. Pemaaf dan pengayom

Selalu memberikan nasehat kepada isterinya di saat melakukan kesalahan atau kekhilafan, mudah memaafkan jika istrinya berbuat salah dan dapat mengayomi keluarganya meskipun mereka dalam keadaan bersalah serta tidak merasa malu dan rendah diri untuk meminta maaf kepada istrinya jika ia berbuat salah.

8. Sabar dalam menyikapi permasalahan rumah tangga

Senantiasa berusaha untuk selalu sabar dalam menyikapi hal apapun yang membuatnya tidak suka, seperti menyikapi sifat-sifat istri yang tidak ia sukai. Dengan kesabarannya, ia tetap telaten untuk selalu mengarahkan dan membimbing istrinya untuk menjadi lebih baik.

9. Tidak mengungkit-ungkit kesalahan istri

Ia berusaha untuk selalu mengingat kebaikan-kebaikan yang pernah dilakukan istrinya dibandingkan mengungkit-ungkit kesalahan atau keburukannya yang telah berlalu. Karena hal itu akan membuatnya jauh lebih qonaah dan lebih bersyukur.

10. Mencari solusi dalam menyelesaikan masalah

Selalu menutupi aib keluarga dengan berusaha menyelesaikan setiap permasalahan dalam rumah tangga dengan sebaik-baiknya dan tidak mudah menceritakannya kepada orang lain. Jika ada permasalahan, ia akan selalu mencari solusi terbaik, bukan membuatnya semakin runyam.

13 Sifat Suami Yang Bertanggung Jawab Dalam Keluarga

13 Sifat Suami Yang Bertanggung Jawab Dalam Keluarga

11. Terus berusaha menjadi pemimpin keluarga yang baik

Selalu berusaha menjadi pemimpin atau imam yang lebih baik dan bijak serta menjadi suri tauladan yang baik bagi istri dan anak-anaknya. Ia akan berusaha memperlihatkan segala perbuatannya, ucapan dan sosok yang patut untuk dicontoh bagi keluarganya.

12. Selalu ada disaat keluarga membutuhkan

Memiliki cukup waktu untuk berkumpul dan bersenda gurau atau bercengkrama bersama istri dan anak-anaknya, walaupun hanya sekedar makan malam bersama, ngaji bersama, duduk-duduk diteras menjelang maghrib, dan lain sebagainya. Banyak suami-suami yang sibuk dengan urusan pekerjaan, tidak pernah mengajak keluarga untuk berkumpul bersama dan bahkan selalu mengesampingkan urusan istri dan anak-anaknya.

13. Cepat tanggap terhadap sesuatu yang berkaitan dengan rumah tangga

Suami yang penuh tanggung jawab dapat dilihat dari bagaimana ia merespon sesuatu yang berkaitan dengan istri dan anak-anaknya. Jika istri atau anak dalam keadaan tidak sehat, ia akan terlihat sigap dan cepat dalam bertindak. Contoh lain saat istri sedang sibuk dan suami bisa membantu istrinya, maka ia langsung menawarkan diri untuk membantu apa yang bisa ia kerjakan. Dan masih banyak contoh lainnya.

Itulah 13 Sifat Suami Yang Bertanggung Jawab Dalam Keluarga. Jika sifat tersebut semuanya telah dimiliki oleh pasangan hidupmu, maka bersyukurlah karena Allah SWT. telah menitipkanmu pada orang yang amanah 🙂

Nabi SAW. bersabda yang artinya: “Takutlah kepada Allah dalam memimpin istri-istrimu, karena sesungguhnya mereka adalah amanah yang berada disampingmu. Barangsiapa tidak memerintahkan sholat kepada istrinya dan tidak mengajarkan agama kepadanya, maka ia telah berkhianat kepada Allah dan Rasul-Nya.”

Comments

comments

13 Sifat Suami Yang Bertanggung Jawab Dalam Keluarga | Catatan Muslimah | 4.5