Waktu Yang Paling Baik Dan Mustajab Untuk Berdoa

Waktu Yang Paling Baik Dan Mustajab Untuk Berdoa – Berdoa merupakan salah satu perintah Allah kepada hamba-hambanya yang membutuhkan pertolongan-Nya. Jika hamba-Nya enggan atau malas berdoa, Sungguh Allah sangat murka, karena pada hakekatnya Allah mencintai orang-orang yang suka berdoa. Berbeda halnya dengan manusia, jika ada yang meminta bantuan atau pertolongannya, justru kesal, marah dan berat hati.

Berdoa juga merupakan salah satu cara kita berkomunikasi dengan Allah SWT. Sebagai salah satu tanda orang yang beriman adalah dengan cara berdoa yang benar dengan adab dan pada waktu-waktu yang tepat. Allah berfirman yang artinya: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku kabulkan“.

Tidak ada waktu yang tidak baik dan kapanpun tidak ada salahnya untuk berdoa. Akan tetapi ada beberapa waktu yang paling afdhol dan mustajab untuk bermunajat dan memohon kepada Allah SWT. Diantaranya yaitu:

Waktu Yang Paling Baik Untuk Berdoa

Waktu Yang Paling Baik Dan Mustajab Untuk Berdoa

Waktu Yang Paling Baik Dan Mustajab Untuk Berdoa

  • Disaat adzan berkumandang

Dari Sahl bin Sa’ad berkata bahwa Rasulullah SAW. bersabda:

hadits tentang doa terijabah saat adzan berkumandang

Artinya: “Rasulullah SAW. bersabda : “Ada dua hal yang tidak ditolak atau hampir tidak ditolak yaitu Doa ketika adzan dan peperangan sengit ketika sebagian mereka membunuh sebagaian yang lainnya.” (HR. Abu Daud, Baihaqi, dan Al-Hakim)

  • Doa di antara Adzan dan iqamah

Dari Anas bin Malik ra. berkata bahwa Rasulullah SAW. bersabda:

hadits tentang doa saat adzan dan iqomat

Artinya: “Sesungguhnya doa yang tidak ditolak ialah doa diantara adzan dan iqomat, maka berdoalah kamu sekalian.” (HR. Ahmad)

  • Diwaktu sepertiga malam

Banyak keutamaan sholat qiyamul lail, salah satunya adalah saat-saat tepat untuk berdoa sehingga Allah akan mengabulkan doanya. Dari Abu Hurairah ra. berkata bahwa Rasulullah SAW. bersabda yang artinya: “Allah turun ke langit dunia setiap malam pada sepertiga malam terakhir. Lalu Allah berfirman, Barangsiapa yang berdoa kepada-Ku niscaya Aku kabulkan! Dan siapa yang meminta kepada-Ku niscaya Aku beri! Dan siapa yang meminta ampun kepada-Ku pasti akan Aku ampuni. Demikianlah keadaannya hingga terbit fajar.” (HR. Bukhari dan Muslim)

  • Saat turun kehujanan

Dari Sahl berkata bahwa Rasulullah SAW. bersabda:

hadits tentang doa terijabah saat hujan

Artinya: “Ada dua waktu doa yang tidak ditolak yaitu, doa ketika adzan dan ketika hujan turun.”(HR. Hakim)

  • Ketika bersujud

Bersujud merupakan saat yang paling dekat dengan Allah SWT. Maka berdoalah ketika sedang sujud. Rasulullah SAW. bersabda yang artinya: “Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu (bersujud).” (HR. Muslim)

  • Sebelum salam diakhir sholat

Hadits tentang doa saat Sebelum salam diakhir sholat

Artinya: “Ada yang bertanya: Wahai Rasulullah, kapan doa kita didengar oleh Allah? Beliau menjawab: “Diakhir malam dan diakhir shalat wajib“.(HR. Tirmidzi)

Ibnu Qayyim Al Jauziyyah menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan kalimat “akhir shalat wajib” ialah sebelum mengucapkan salam.

  • Pada hari Jumat

Abu Hurairah ra. berkata bahwa Rasulullah SAW. ketika membicarakan mengenai hari jumat, beliau bersabda:

Hari jumat adalah waktu yang mustajab untuk berdoa

Artinya: “Pada hari itu ada waktu yang tidaklah seorang hamba muslim mengerjakan sholat lalu meminta sesuatu (berdoa) kepada Allah SWT melainkan akan dikabulkan oleh-Nya.” (HR. Bukhari)

  • Pada hari Arafah

Hari Arafah ialah hari dimana para jamaah haji di Mekkah melakukan wukuf di Arafah tepatnya pada tanggal 9 Dzulhijjah.Hari Arafah merupakan hari yang sangat diistimewakan oleh Allah SWT. Dan semua umat Islam diharuskan untuk banyak-banyak berdoa dan berpuasa pada hari itu. Rasulullah SAW. bersabda:

Keutamaan arafah
Artinya: “Sebaik-baik doa ialah doa pada hari Arafah.” (HR.Al-Tirmidzi)

  • Saat minum Air Zam-zam

Rasulullah SAW. bersabda yang artinya: “Khasiat Air Zam-zam itu sesuai niat orang yang meminumnya.” (HR. Ibnu Majah)

  • Pada bulan Ramadhan (waktu berpuasa, berbuka dan sahur)

Bagi orang yang berpuasa, ketika sahur, puasa hingga berbuka puasa adalah waktu yang sangat tepat untuk berdoa. Selain pahala dan ampunan yang diberikan Allah sebagai balasan kepada orang-orang yang melakukan ketaatan, tetapi juga Allah akan mengabulkan segala doa yang dipanjatkan. Dari Abdullah bin Amr Ash bahwa ia mendengar Rasulullah SAW. bersabda yang artinya: “Sesungguhnya bagi orang yang berpuasa saat berbuka doanya tidak tertolak“. (HR. Ibnu Majah)

doa terijabah saat puasa

Artinya: “Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa sampai ia berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang terzhalimi“. (HR. Ibnu Majah, Tirmidzi dan Ibnu Hibban)

  • Pada malam Lailatul Qadar

Allah SWT. berfirman dalam QS. Al-Qadr ayat 3-5:

QS Al-Qadr ayat 3-5

Artinya: “Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar.”

Itu sebabnya umat Muslim pada malam-malam Lailatul Qodar lebih memperbanyak doa dan amalan-amalan sunnah lainnya agar mendapatkan keistimewaan seribu bulan.

Itulah beberapa Waktu Yang Paling Baik Dan Mustajab Untuk Berdoa. Perbanyaklah meminta kepada Allah, karena berdoa merupakan salah satu anjuran yang diperintahkan Allah dan Rasul-Nya. Semoga bermanfaat dan terimakasih 🙂

Comments

comments

Waktu Yang Paling Baik Dan Mustajab Untuk Berdoa | Catatan Muslimah | 4.5