Terapi Buah Dan Sayur Untuk Meningkatkan Kesuburan

Terapi Buah Dan Sayur Untuk Meningkatkan Kesuburan – Pasangan yang merencanakan untuk segera memiliki momongan tentu harus lebih ekstra dan ketat dalam menjaga kesehatan fisik dan mental. Sangat penting bagi keduanya untuk memperkaya gizi penyubur sistem reproduksi seperti, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin B12, seng, zat besi, asam folat, betakaroten dan selenium.

Terapi Buah Dan Sayur Untuk Meningkatkan kesuburan

Terapi Buah Dan Sayur Untuk Meningkatkan kesuburan

Semua kandungan zat yang kaya akan gizi tersebut banyak ditemukan pada sayuran dan buah-buahan yang sering kita konsumsi dan banyak dijual, sehingga tidak sulit mencarinya untuk dikonsumsi setiap hari.

Terapi Buah Dan Sayur Untuk Meningkatkan Kesuburan

Berikut ini beberapa buah dan sayuran yang dapat membantu meningkatkan kesuburan.

  • Jambu Biji Merah

Jambu biji merah untuk kesuburan

Hampir semua buah yang berwarna cerahh kaya akan likopen. Mekipun tampak berwarna kekuningan pada bagian luar jambu biji ini, namun bagian daging buahnya sangat cerah yakni berwarna merah. Likopen yang terdapat didalam jambu biji lokal ini bersifat menyuburkan reproduksi pria dan sebagai antioksidan. Oleh karenanya, mengkonsumsi jus jambu merah secara rutin dapat membantu meningkatkan kesuburan pada pria.

  • Semangka

semangka untuk kesuburan

Semangka merupakan buah yang sangat segar. Memiliki kandungan likopen, betakaroten dan Vitamin C yang dapat melawan berbagai jenis kanker. Mengkonsumsi sepotong semangka, sama halnya mengkonsumsi 15-20 mg likopen. Pria yang memiliki gangguan pada jumlah sel sperma yang terbatas, struktur sperma yang tidak normal dan pergerakannya sangat lambat, cukup baik mengkonsumsi makanan yang kaya akan likopen. Dengan membiasakan terapi mengkonsumsinya, setelah tiga bulan jumlah sperma bisa meningkat rata-rata 67%, struktur sperma mengalami perbaikan sebanyak 63% dan kecepatan sperma bisa mencapai 73%.

  • Tomat

Tomat untuk kesuburan

Tomat merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan likopen yang sangat tinggi. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak likopen, akan membantu jumlah produksi sel sperma pada pria. Sama seperti pada buah semangka diatas, likopen yang terdapat di dalam buah-buahan ini juga dapat meningkatkan kecepatan lau sperma menuju sel telur.

  • Pisang

Pisang untuk kesuburan

Siapa yang tidak mengenal buah yang satu ini. Yaa…pisang merupakan buah yang enak dan segar juga mengenyangkan. Kandungan Vitamin B6 pada buah pisang merupakan hal yang paling penting dalam membantu pembuahan karena dapat mengatur hormon. Jika kekurangan Vitamin B6, dapat menyebabkan menstruasi tidak lancar dan teratur juga dapat menyebabkan kekurangan sel telur pada wanita dan pengembangan sperma pada pria. Jadi, tidak ada salahnya mengkonsumsi pisang setiap hari sebagai terapi untuk meningkatkan kesuburan sepasang suami istri.

  • Pegagan

tanaman pegagan untuk meningkatkan kesuburan

Yang dikenal juga dengan antanan. Pegagan merupakan tanaman yang merambat dan sering dikonsumsi sebagai pelengkap lalapan segar. Madecocassosida dalam pegagan dapat memacu meningkatnya produksi kolagen. Kolagen ini sangat berperan penting dalam regenerasi sel kulit juga sel telur pada wanita dan sel sperma pada pria. Selain itu juga, pegagan mengandung karoten yang berperan sebagai antioksidan, juga dapat menjaga kualitas sel sperma dan sel telur.

  • Seledri

Seledri untuk meningkatkan kesuburan

Seledri sering kita temukan dalam masakan sayur soup, biasanya juga digunakan untuk pelengkap berbagai masakan. Seledri ternyata memiliki peran penting dalam sistem reproduksi, karena seledri dapat memperbaiki gangguan fungsi hormon. Seperti haid tidak teratur, nyeri saat menjelang haid atau masa haid, ataupun haid yang terlalu banyak. Vitamin A dan Vitamin C yang terkandung dalam daun seledri ini dapat menghambat radikal bebas terhadap dinding sel telur dan sperma karena kandungan antioksidannya cukup kuat.

  • Daun Katuk

Daun katuk untuk kesuburanTidak hanya bermanfaat untuk melancarkan ASI saja, kandungan senyawa yang ada pada daun katuk ini terbukti dapat meningkatkan kualitas sperma dan jumlah sperma termasuk membangkitkan vitalitas seksual. Sedikitnya mengandung tujuh jenis senyawa aktif yang mampu merangsang sintesis hormon-hormon steroid dan senyawa eikosanoid. Daun katuk ini banyak mengandung khasiat untuk pria dalam meningkatkan jumlah produksi sel sperma. Jika dikonsumsi oleh wanita, daun katuk ini dapat membantu memicu hormon kewanitaan sehingga kulit akan terasa lebih halus.

  • Kemangi

Daun kemangi untuk kesuburan

Biasanya daun ini digunakan untuk lalapan. Selain segar untuk dimakan, daun ini juga mampu menghilangkan bau mulut dan bau badan serta keringat. Tanaman ini mengandung arginine yang memperkuat daya tahan hidup sperma, mencegah kemandulan dan dapat menurunkan kadar gula darah. Dalam mendukung proses pembuahan sel telur, daya tahan sperma sangatlah berperan penting. Kandungan senyawa dalam daun kemangi ini berkhasiat untuk menjaga kesehatan. Sangat bagus untuk dikonsumsi sehari-hari, karena cepat atau lambat manfaatnya dapat dirasakan bagi pria maupun wanita.

  • Wortel

Wortel untuk kesuburan

Berdasarkan sebuah penelitian yang ditemukan, mengkonsumsi wortel yang dikukus sebentar akan memperbesar penyerapan beta karoten. Beta karoten merupakan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan dan menghambat proses penuaan. Selain itu, beta karoten juga mampu mencegah dan menekan pertumbuhan sel kanker serta melindungi asam lemak tidak jenuh ganda dari proses oksidasi. Wortel ini mengandung porphyrins yang dapat merangsang kelenjar pituary dan meningkatkan hormon seks.

Nah itulah beberapa jenis buah dan sayur yang sangat baik dikonsumsi sehari-hari. Selain untuk menjaga kesehatan, manfaat lainnya bisa diperoleh dengan mengkonsumsi rutin buah dan sayuran tersebut, terutama bagi yang merencanakan kehamilan. Terapi buah dan sayur untuk kesuburan ini cukup mudah dilakukan dan banyak dijumpai disekitar kita. Jadi, mulai sekarang jangan sia-siakan waktu untuk melakukannya.

Semoga artikel tentang Terapi Buah Dan Sayur Untuk Meningkatkan Kesuburan kali ini dapat memberikan solusi dan jawaban bagi sahabat catatanmuslimah.com yang membutuhkan dan bermanfaat bagi semua yang membaca. Sekian terimakasih 🙂

Comments

comments

Terapi Buah Dan Sayur Untuk Meningkatkan Kesuburan | Catatan Muslimah | 4.5