Kenali 5 Jenis Kulit Wajah Dan Cara Merawatnya

Kenali 5 Jenis Kulit Wajah Dan Cara Merawatnya – Setiap jenis kulit tentu memerlukan perawatan yang tidak sama. Sehingga mengenali tipe atau jenis kulit wajah sendiri sangatlah penting agar lebih mudah dalam melakukan perawatan yang sesuai, cocok dan tepat. Jika kita telah mengetahui apa jenis kulit wajah kita, maka akan memudahkan kita dalam memilih rangkaian perawatan yang sesuai dengan jenis kulit wajah.

Dalam kesempatan ini, catatanmuslimah.com akan berbagi tentang cara mengenali jenis-jenis kulit wajah sekaligus cara perawatannya.

Kenali 5 Jenis Kulit Wajah Dan Cara Merawatnya

Ada 5 jenis atau tipe kulit wajah yang harus kita ketahui, diantaranya yaitu:

  • Jenis Kulit Normal

Jenis kulit ini merupakan jenis kulit yang sangat ideal dan diidamkan oleh kebanyakan wanita, karena perawatannya sangat mudah dan hasilnya akan lebih maksimal. Cara mengenali jenis kulit ini yaitu jika kulit wajah tidak ada masalah, lembab, tidak ada minyak berlebih dan juga tidak kering sehingga kulitnya terlihat bersih dari noda.

Kenali 5 Jenis Kulit Wajah Dan Cara Merawatnya

Kenali 5 Jenis Kulit Wajah Dan Cara Merawatnya

  • Jenis Kulit Berminyak

Tipe jenis kulit ini memiliki ciri-ciri seperti saat memakai bedak dan tidak lama kemudian, wajah jadi mengkilap, penuh dengan minyak. Untuk memastikan kulit berminyak bisa dengan cara menempelkan paper oil ke wajah, jika banyak minyak yang menempel, berarti kulit wajah Anda termasuk kedalam jenis kulit ini.  Kebanyakan orang yang memiliki jenis kulit ini rentan akan masalah jerawat, pori-pori membesar dan komedo.

  • Jenis Kulit Kering

Salah satu tanda jenis kulit wajah kering ialah wajah terasa keras, kasar, kaku, bersisik, terlihat kusam, tidak lembab dan dapat menimbulkan tanda-tanda penuaan dini. Memiliki kulit kering sangatlah tidak nyaman karena wajah akan terlihat sangat kusam. Adapun faktor penyebab terjadinya kulit kering adalah karena kulit kekurangan asam lemak atau lipid. Untuk mengatasinya kita dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak esensial, seperti Omega 3 dan Omega 6 yang berasal dari berbagai sumber makanan. Contohnya ikan laut, kerang, sayuran hijau dan lain sebagainya.

  • Jenis Kulit Sensitif

Kulit sensitif ini biasanya memiliki ciri: mudah luka, memerah, kulit terasa panas, gatal jika memakai pelembab atau perawatan kulit yang tidak cocok dengan jenis kulitnya. Dalam perawatannya, jenis kulit ini membutuhkan perawatan yang super extra hati-hati, karena jenis kulit ini memiliki kulit yang tipis dan mudah iritasi dengan bahan-bahan yang tidak cocok untuk kulit. Jika dalam perawatannya extra hati-hati, maka kulit wajah akan tetap aman dan tidak rusak karena salah perawatan.

  • Jenis Kulit Kombinasi

Jenis kulit kombinasi ini yaitu gabungan antara kulit berminyak dan kering. Bagian yang kering berada di sekitar pipi dan sekitar area mata. Sedangkan yang berminyak pada umumnya di sekitar bagian T yakni dahi, hidung dan dagu. Dalam perawatannya, bagian dahi, hidung dan dagu harus lebih diutamakan.

Nah itulah jenis-jenis kulit wajah yang harus diketahui. Setelah mengenal jenis kulit wajah kita sendiri, maka lakukanlah perawatan sesuai dengan tipe atau jenis kulit secara lebih optimal, sehingga hasilnya akan lebih maksimal.

Semoga informasi mengenai Kenali 5 Jenis Kulit Wajah Dan Cara Merawatnya dapat memberikan manfaat dan sekian terimakasih 🙂

Comments

comments

Kenali 5 Jenis Kulit Wajah Dan Cara Merawatnya | Catatan Muslimah | 4.5