6 Cara Meningkatkan Kesuburan Wanita Secara Alami

Posted on

6 Cara Meningkatkan Kesuburan Wanita Secara Alami – Kesuburan biasanya dikaitkan erat dengan seorang wanita. Padahal, masalah kesuburan bisa dialami juga oleh pria. Pembahasan berikut ini membahas tentang bagaimana cara alami untuk meningkatkan kesuburan. Cara ini sangatlah penting untuk diterapakan bagi yang benar-benar mendambakan dan menginginkan untuk segera hamil.

Meskipun pembahasan kali ini hanya membahas masalah kesuburan pada wanita saja, namun pada dasarnya dapat juga diterapkan oleh pria. Karena secara umum faktor kesehatan menjadi penentu kesuburan baik pada pria maupun wanita.

Cara Meningkatkan Kesuburan Wanita Secara Alami

Inilah beberapa cara, metode, tips untuk meningkatkan kesuburan secara alami agar cepat hamil.

  • Menjaga Berat Badan

Seorang wanita yang cenderung memiliki berat bedan berlebih atau obesitas akan mengalami resiko ketidaknormalan masa menstruasi yang berkaitan erat dengan pembuahan atau ovulasi.Tidak hanya terlalu gemuk yang dapat menimbulkan gangguan proses pembuahan, terlalu kurus juga dapat mempengaruhinya. Agar proses ovulasi terjadi secara sempurna, wanita membutuhkan berat badan dengan kandungan lemak 17 sampai 21 %.

  • Menjaga Kesehatan dan Jangan Stres

Penyakit tiroid dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon sehingga sangat mempengaruhi kesuburan. Untuk itu, jagalah kesehatan karena kesehatan sangat dibutuhkan jika ingin segera mendapat momongan. Selain itu, jangan Stres dan hindarilah stres, berusahalah untuk tenang, karena stres dapat memicu hormon tidak seimbang sehingga menyulitkan proses pembuahan.

Cara Meningkatkan Kesuburan Wanita Secara Alami
Cara Meningkatkan Kesuburan Wanita Secara Alami
  • Perbaiki Pola Makan

Biasanya wanita yang bekerja di luar rumah lebih sering makan dengan menu yang instan, banyak lemak, makanan tidak seimbang dan lain sebagainya. Makanan yang baik adalah makanan yang komposisi protein, karbohidrat dan lemaknya seimbang dengan tubuh. Pola makan yang tidak sehat akan membuat hormon didalam tubuh menjadi terganggu.

  • Konsumsi Makanan Organik

Hormon didalam tubuh berasal dari asupan makanan yang kita makan. Antioksidan yang terkandung dalam makanan juga dapat membantu melindungi sel telur dan sperma dari radikal bebas. Adanya serangan radikal bebas yang berasal dari makanan-makanan yang telah terkontaminasi dengan pestisida, akan berdampak buruk pada sel telur. Sehingga proses pembuahan tidak dapat berlangsung dengan baik.

Makanlah makanan yang kaya akan serat, sayuran hijau dan buah-buahan organik karena selain gizinya lebih baik, makanan organik juga bebas dari pestisida yang berdampak buruk bagi kesehatan. Jenis makanan tersebut juga terbukti mampu menormalkan kadar gula darah yang menurunkan masalah kesuburan dan meningkatkan keseimbangan hormon. Buah dan sayuran hijau juga kaya akan antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan kesuburan.

  • Minum Suplemen

Pilihlah suplemen yang sangat baik untuk membantu meningkatkan kesuburan. Seperti madu penyubur kandungan yang diyakini memiliki berbagai zat yang bermanfaat bagi kesuburan.  Juga kunyit dan asam yang dapat memperbaiki kerja organ bagi reproduksi wanita. Metode tersebut dijalani dengan bersungguh-sungguh, jangan setengah-setengah. Karena keberhasilannya pada setiap orang akan berbeda-beda. Tergantung pada tingkat kesuburannya masing-masing. Ada yang hanya seminggu berhasil, ada juga yang berbulan-bulan.

  • Menjaga Kualitas Istirahat

Kualitas istirahat sangatlah bepengaruh besar terhadap kesehatan dan tingkat stress. Stres seperti yang disebutkan diatas dapat mempengaruhi tingkat kesuburan. Pastikanlah Anda memiliki waktu istirahat yang cukup dalam setiap harinya. Jangan biasakan tidur larut malam.

Itulah beberapa cara alami yang dapat membantu meningkatkan kesuburan. Cara tersebut akan lebih baik diterapkan sebelum menikah. Agar terbiasa dengan pola hidup sehat. Semoga artikel tentang 6 Cara Meningkatkan Kesuburan Wanita Secara Alami ini dapat memberikan manfaat dan semoga berhasil untuk segera mendapatkan buah hati. Aamin.
Sekian terimakasih 🙂