5 Cara Alami Mengatasi Haid Yang Tidak Teratur

5 Cara Alami Mengatasi Haid Yang Tidak Teratur – Haid merupakan proses pembersihan rahim terhadap kelenjar-kelenjar, pembuluh darah dan sel-sel yang tidak terpakai karena tidak adanya pembuahan. Haid pada setiap wanita umumnya terjadi sebulan sekali atau 28-35 hari.

Tetapi, tidak semua wanita mengalami siklus haid normal dan teratur. Ada sebagian diantara mereka yang mengalami siklus haid tidak teratur. Sehingga berdampak buruk bagi kesehatannya, keadaan tubuh menjadi tidak stabil dan membuat stres bagi yang mengalaminya. Untuk itu, catatanmuslimah.com akan berbagi tips tentang cara alami tanpa efek samping untuk mengatasi haid yang tidak teratur.

5 Cara Alami Mengatasi Haid Yang Tidak Teratur

5 Cara Alami Mengatasi Haid Yang Tidak Teratur

Cara Alami Mengatasi Haid Yang Tidak Teratur

Berikut ini ada beberapa tips alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi gangguan haid yang tidak normal atau tidak teratur.

  • Daun Pepaya

Khasiat daun pepaya bagi wanita, selain untuk meredakan nyeri haid ternyata juga dapat memelancarkan haid. Caranya cukup mudah. Bersihkan beberapa helai daun pepaya kemudian rebus dengan air mendidih, tambahkan garam dan asam secukupnya. Kemudian ambillah airnya, tuangkan didalam gelas dan siap untuk diminum. Lakukan cara tersebut berulang-ulang.

  • Kunyit

Bumbu dapur satu ini memiliki khasiat yang luar biasa ampuh untuk memperlancar haid. Caranya, ambil kunyit secukupnya, campurkan sedikit ketumbar, biji pala dan daun srigading. Tumbuk halus bahan-bahan tersebut, kemudian direbus dengan air mendidih. Saring menggunakan penyaringan teh, lalu diminum. Lakukan secara rutin sehari dua kali.

  • Olahraga Ringan

Sesibuk apapun dalam mengerjakan rutinitas, sempatkan waktu beberapa menit untuk melakukan olahraga ringan seperti, lari-lari kecil atau jalan santai. Dengan berolahraga secara rutin dan teratur, maka tubuh akan menjadi lebih segar dan sehat. Dengan kondisi tubuh yang fit, haid pun akan berjalan dengan lancar.

  •  Istirahat Yang Cukup

Di sela-sela waktu dan padatnya rutinitas, jangan lupakan istirahat yang cukup. Karena salah satu penghambat datangnya menstruasi adalah stres ataupun kecapean. Sebisa mungkin untuk tetap menjaga kesehatan dan waktu untuk beristirahat.

  • Mengatur Pola Makan Sehat

Kesehatan merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam dalam menjaga siklus haid teratur. Jika menginginkan haid secara teratur, jangan lupakan pola hidup sehat. Pola hidup sehat juga berasal dari segala asupan yang kita konsumsi. Untuk itu, penting dalam menjaga pola makan sehat agar siklus haid menjadi lancar kembali.  Perbanyaklah mengkonsumsi makanan seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, buah-buahan dan daging merah.

Nah itulah beberapa cara alami yang dapat dipercaya untuk mengatasi gangguan haid pada wanita. Pada intinya, semua itu tergantung pada gaya hidup, makanan yang dikonsumsi, tingkat kelelahan dan stres. Jadi, pandai-pandailah mengatur waktu dan hindari kelelahan yang berlebih karena dapat mempengaruhi siklus haid yang tidak normal. Jika cara tersebut tidak cukup ampuh, maka segeralah periksakan kesehatanmu ke dokter spesialis agar segera ditangani dan diketahui penyebabnya.

Semoga 5 Cara Alami Mengatasi Haid Yang Tidak Teratur ini dapat membantu menjawab pertanyaan sahabat catatanmuslimah.com mengenai gangguan pada haidnya. Semoga bermanfaat dan sekian terimakasih 🙂

Comments

comments

5 Cara Alami Mengatasi Haid Yang Tidak Teratur | Catatan Muslimah | 4.5