Puluhan Manfaat Dan Kelebihan Bagi Yang Jomblo

Puluhan Manfaat Dan Kelebihan Bagi Yang Jomblo – Single atau Jomblo? malu di katain ga laku? kesepian? sering diejekin? Ga usah khawatir, justru jomblo itu menyimpan banyak kelebihan lho. Mau tahu apa saja?

Disini catatanmuslimah.com telah merangkum berbagai keuntungan dan manfaatnya menjomblo. Yuuk kita lihat pada pembahasan berikut ini.

Puluhan Manfaat Dan Kelebihan Bagi Yang Jomblo

Puluhan Manfaat Dan Kelebihan Bagi Yang Jomblo

Puluhan Manfaat Dan Kelebihan Bagi Yang Jomblo

Khusus buat seorang muslim dan muslimah, jomblo itu “pilihan“. Kenapa? Karena dalam Islam, dengan jomblo hidup akan terasa lebih berkah.

Ini dia beberapa kelebihan dan manfaat jomblo bagi kaum Muslimin:

  • Terhindar dari berbagai bentuk “maksiat”

Pacaran banyak menimbulkan mudhorot, terutama dalam hal ini. Salah satu cara mendekati zina itu dengan pacaran. Berkhalwat (berdua-duaan) di tempat yang sepi dan gelap, menyentuh, memandang, bergandengan tangan, mencium, memeluk, bahkan bisa lebih dari itu. Jikalau iman tak kuat, sudah pasti terjerumus kedalam lembah kehinaan, baik di mata manusia maupun di mata Allah Sang Maha Pencipta. Kalau masih ragu dengan keadaan imannya, mendingan jauhin dulu yang namanya “pacaran”, pikirkan bagaimana caranya menyudahi itu dengan “menikah“. Saya rasa menikah adalah pilihan yang terhormat.

  • Lebih khusu’ dalam beribadah

Ada yang berkata “mau cari penyemangat, biar makin rajin sholatnya, biar makin kuat ibadahnya“. Wooow…ibadah ko riya’, penyemangat itu timbul dari hati nurani sendiri. Kita rajin ibadah karena mengumpulkan bekal, tiada yang tahu kapan ajal datang. Ko cari penyemangat ibadah dengan pacaran. Kalau jomblo, sudah pasti tidak ada yang menggangu saat mau beribadah. Waktunya magrib ga sibuk nungguin pacar pulang kerja, mau sholat isya ga di tunda-tunda karena lagi dinner sama pacar, mau sholat shubuh ga kesiangan karna semalaman habis telfonan menyelesaikan masalah.

  • Lebih menyehatkan tubuh

Gimana tubuh ga sehat, jomblo kan bisa mengatur waktu istirahat. Kalau pacaran bisanya mau makan aja nunggu diperhatiin, waktunya istirahat sibuk jalan-jalan, telfonan, nangis-nangisan karena masalah ga kelar-kelar. Pikiran jadi terganggu, emosi jadi meningkat, alhasil bobot tubuh jadi menurun.

  • Bisa lebih menghemat “Pengeluaran”

Isi dompet para jomblo biasanya jarang terkuras dengan hal-hal yang ga penting. Coba bayangin kalau pacaran, belum bensin, bayarin makan, beliin sesuatu, kado tiap bulannya, pulsa non stop, dan semua itu berlaku hampir tiap hari. Kan lebih baik segera menikah, agar semua pengorbanan itu terbayar dengan “pahala“. “Jadi jomblo itu lebih hemat“.

  • Pikiran lebih tenang

Tenang karena tidak terlalu memikirkan seseorang yang masih dalam perjalanan pulang dari suatu tempat, tidak memikirkan dia yang selalu berbohong dibalik keluguannya, tidak sibuk mencari alasan saat datang tidak tepat waktu, tidak takut disakiti, tidak harus menelan kekecewaan, tidak harus berpura-pura menjadi yang dia mau, dan alasan-alasan lain yang menyebabkan pikiran jadi ga tenang. Jomblo akan lebih fresh dengan segudang masalah percintaan.

  • Tidak menghabiskan waktu dengan sia-sia

Waktu untuk belajar, istirahat, kumpul keluarga jadi berkurang. Hampir 24 jam dalam sehari isi dalam benak hanyalah “dia, dia dan dia“. Ada sedikit waktu luang, buat telfonan, ketemuan, jalan-jalan, jadi berkurang waktu istirahatnya juga untuk keluarga dan sahabat-sahabatnya. Atau ada juga yang menghabiskan waktu untuk istirahat, dan sisanya hanya untuk pacaran. Padahal banyak aktivitas lain yang harus dilakukan tanpa harus memegang handphone setiap saat. Jadi beruntunglah kalian yang memilih untuk tetap jomblo sampai saatnya tiba untuk berta’aruf sampai menikah.

  • Mengurangi air mata

Percaya ga percaya, perempuan akan lebih sering meneteskan air mata ketika ia memiliki seorang pacar. Mulai seringnya dibohongin, di php’in, di selingkuhin, pasangan ga setia, di putusin yang sakitnya ga hilang-hilang. Kan jauh lebih baik seorang jomblo yang konsisten dengan jomblonya. Air mata jatuh mungkin karena ia takut nilai jelek, takut orang tua marah kalau dia pulang telat dan lain sebagainya.

  • Lebih mandiri

Kenapa jomblo lebih mandiri? karena apa-apa yang dilakukan tidak harus dibantuin sama pacar dan tidak bergantung sama pacar. Mau ngapa-ngapain harus ditemani, walau hanya sekedar beli obat di apotek harus nungguin pacar. Jadi para jomblo bisa lebih menghemat waktu.

Baca juga: Ingat!!! Pacarmu Bukanlah Mahrammu

  • Lebih fokus bertanggung jawab pada diri sendiri

Jomblo ga harus pusing mikirin kehidupan orang lain, bertanggung jawab untuk diri sendiri aja belum tentu bisa. Pikirkan saja kalau punya pacar, seolah hidupnya hidup kita juga (kan mendingan nikah). harus menjaganya, memperhatikan dan memperdulikannya. Sedangkan bertanggung jawab untuk diri sendiri saja blum tentu bisa. Masih mengandalkan orang tua. Walaupun kenyataannya, sampai kapanpun orang tua tetap peduli pada anak-anaknya.

  • Bebas bergaul dengan siapapun

Jomblo akan lebih bebas bergaul dengan siapapun. Ga ada yang mengatur kita harus begini, harus begitu, jangan begini, jangan begitu. Kalau pacaran, si “dia” harus diprioritaskan. Bahkan tidak jarang si “dia” bisa mengalahkan orang tua.

  • Banyak waktu untuk meningkatkan kualitas diri

Jomblo akan lebih banyak memiliki waktu untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri. Banyak pengalaman yang harus di coba dan banyak ilmu yang harus dipelajari. Semuanya butuh fokus dan waktu yang cukup banyak untuk mengarungi segala hal yang berkaitan dengan peningkatan kualitas diri. Jadi, jangan habiskan waktu dengan sia-sia terlebih jika usia masih sangat muda.

So, jomblo itu gak rendahan ko, jangan takut di ejek dan jangan takut di bully. Dalam Islam, jomblo itu berkah. Begitu banyak manfaatnya, baik dari segi psikologi, kesehatan dan keimanan.

Semoga tulisan tentang Puluhan Manfaat Dan Kelebihan Bagi Yang Jomblo ini dapat memberikan manfaat khususnya bagi sahabat muslim dan muslimah.

Baca juga: Inilah Penyebab Orang Yang Jauh Dari Allah SWT

Comments

comments

Puluhan Manfaat Dan Kelebihan Bagi Yang Jomblo | Catatan Muslimah | 4.5