Waspadalah Terhadap Kosmetik Abal-Abal

Waspadalah Terhadap Kosmetik Abal-Abal – Wooow…semakin heboh dunia kecantikan sekarang. Banyak yang tergiur dengan iklan dan iming-iming penjual produk kosmetik ILEGAL. Sebagai customer yang pintar, maka telitilah terlebih dahulu apakah produk kosmetik yang akan digunakan itu aman atau tidak. Paling tidak telah teruji secara klinis dan dermatologi. Untuk memastikannya apakah kosmetik yang akan kita gunakan atau telah kita gunakan aman atau tidaknya akan dijelaskan dalam pembahasan kali ini.

Waspadalah Terhadap Kosmetik Abal-Abal

Waspadalah Terhadap Kosmetik Abal-Abal

Waspadalah Terhadap Kosmetik Abal-Abal

Berbagai merk kosmetik baik cream whitening, serum, lipstik, pemutih badan, dan kosmetik-kosmetik lainnya telah beredar luas di pasaran maupun market online shop. Banyak oknum yang tidak bertanggung jawab dengan barang-barang yang diperjual belikan tanpa adanya izin resmi dari Badan Pengawas Obat Dan Makanan (BPOM) RI. Bahkan tidak sedikit yang menggunakan merk-merk ternama padahal dari produk merk ternama tersebut tidak pernah mengeluarkan barang kosmetik seperti salah satu contoh yang pernah saya temui dari merk Pond’s, Garnier, Pixy, Citra. Banyak penjual kosmetik ilegal yang menjual kosmetik palsu merk tersebut seperti crem pemutih, alas bedak, eye liner, eye shadow, mascara dan lainnya dengan harga yang relatif murah. Setelah di cek no. registrasi yang tertera di kemasan, ternyata produk tersebut PALSU atau ILEGAL. Dan masih banyak produk-produk kecantikan lainnya yang bernasib sama (PALSU).

Lalu bagaimana kita mengetahui apakah no. Registrasi yang dikeluarkan BPOM itu benar atau tidaknya. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka website, masukkan url: http://cekbpom.pom.go.id/
  • Kemudian akan terbuka dan masukkan kode atau nomor registrasi yang ada pada kemasan kosmetik. Seperti pada gambar berikut:
    Cek BPOM Kosmetik
  • Setelah dimasukkan, kemudian klik cari dan pastikan apakah nomor tersebut terdaftar resmi di BPOM atau tidak. Jika resmi maka akan muncul dengan keterangannya. Cocokkan dengan kosmetik yang Anda gunakan, jika cocok berarti kosmetik Anda AMAN dan TIDAK BERBAHAYA.
    Kecocokan No BPOM Kosmetik

Nah itulah langkah cerdas yang paling efektif untuk mengetahui keaslian dan keamanan produk kosmetik yang kita gunakan. Jangan sampai tertipu dengan penjual yang mengumbar-umbar janji palsu, seperti “produknya sangat bagus, aman, cepat, ada BPOMnya, dalam waktu singkat langsung putih, no mercury, no hydroquinon dan lain sebagainya“. Tapi, tidak semua kosmetik PALSU, masih ada penjual yang jujur. Semua kembali pada diri masing-masing semoga lebih smart lagi dalam memilih dan menentukan kosmetik untuk kulit cantik dan sehat.

Selain itu, ada tips juga untuk memastikan kosmetik Aman dan bukan Abal-Abal:

  1. Lihat dari kemasan. Telitilah sebelum membeli barang, pastikan masih bersegel dengan kondisi yang masih bagus).
  2. Ijin edar resmi dari BPOM. Pastikan telah ada nomor resmi inin edarnya dari BPOM Pusat. Langkahnya seperti yang saya tulis diatas.
  3. Label. Lihat dan pastikan semua yang ada di label tertulis dengan jelas, seperti : nama produknya, merek, nomor NA atau kode registrasi, negara produsen, cara penggunaannya, komposisi dan lainnnya.
  4. Expired atau kadaluarsa. Jangan sampai melewati batas kadaluarsa. Customer harus lebih teliti dan memperhatikan tanggal exp atau kadaluarsa pada kosmetik.

Sekarang sudah lebih paham kan? tetap waspada, jangan sampai tertipu ya sahabat sekalian. Sebelum bahayanya menyerang anggota tubuh kita. Maka pilihlah produk yang aman dan terpercaya.

Semoga tulisan kali ini mengenai Waspadalah Terhadap Kosmetik Abal-Abal dapat memberikan manfaat bagi para pembaca semua. Sekian terimakasih 🙂

Comments

comments

Waspadalah Terhadap Kosmetik Abal-Abal | Catatan Muslimah | 4.5