20 Kriteria “Istri Idaman” Yang Membuat Suami Bahagia

Posted on

20 Kriteria “Istri Idaman” Yang Membuat Suami Bahagia – Istri idaman merupakan dambaan semua kaum laki-laki. Semua pasti memiliki kriteria yang berbeda-beda, namun tetap pada intinya semua laki-laki atau suami pasti memiliki kesamaan dalam mendambakan istri idamannya masing-masing. Berikut ini ada beberapa kriteria istri idaman suami yang pasti dapat membahagiakannya lahir dan batin.

20 Kriteria Istri Idaman Yang Membuat Suami Bahagia
20 Kriteria Istri Idaman Yang Membuat Suami Bahagia

Kriteria “Istri Idaman” Yang Membuat Suami Bahagia

Inilah kriteria istri idaman yang perlu sahabat semua ketahui.

  • Istri yang mampu mencintai suaminya sepenuh hati

Yakinlah, semua laki-laki atau suami yang ada di dunia ini pasti mengharapkan istrinya memiliki cinta yang utuh dan sepenuhnya tanpa ada dusta, tanpa cinta yang setengah-setengah, atau justru mendua. Begitupun sebaliknya, seorang istri dimanapun, pasti menginginkan suaminya mecintai dirinya dengan sepenuh hati. Maka berusahalah untuk mencintainya dengan sepenuh hati, jadikanlah ia sebagai pria satu-satunya yang jauh lebih baik dari pria manapun.

  • Istri yang mampu menjadikan suaminya pria lebih baik

Setiap laki-laki pasti mencari sosok pendamping yang bisa membuatnya menjadi lebih baik, dari segi apapun. Karena itu, jadilah istri yang bisa membuat suaminya menjadi pria yang jauh lebih baik dari sebelum bersama denganmu. Kesuksesan pria tidak akan terlepas dari wanita hebat dibelakangnya.

  • Istri yang memiliki sifat keibuan

Hampir semua laki-laki dewasa atau suami membutuhkan seorang pendamping yang memiliki sifat keibuan, penuh perhatian dan kasih sayang, menjadi pendengar yang baik, mudah simpatik, dan tahu mana hal yang harus di prioritaskan. Karena dalam sebuah rumah tangga, tidak hanya membutuhkan cinta saja, tapi butuh partner yang saling support untuk mencapai kebahagiaan dan segala mimpi. Bagaimana semua bisa tercapai dengan baik jika istrinya memiliki sifat kekanak-kanakan?.

  • Istri yang memiliki kesantunan dan lemah lembut

Ini termasuk point penting bagi semua laki-laki. Seorang suami yang baik tentu menginginkan istrinya dapat menjaga lisan dan kesopanannya. Baik di hadapan suami ataupun orang lain. Kelembutan hati dan tutur kata seorang wanita begitu banyak memikat kaum adam. Apalagi seorang suami yang setiap harinya bersama dengan istrinya. Maka tanamkanlah sifat baik ini, karena segala sesuatu jika dibicarakan atau diselesaikan dengan kelembutan dan kesantunan, semuanya akan baik-baik saja. Jika memiliki pasangan yang penuh kekerasan, wallahua’lam deh. Kemungkinan rumah akan terasa panas dan mengacaukan pikiran.

  • Istri yang penyabar

Sifat ini sangat wajib dimiliki oleh setiap pasangan. Begitu pula seorang suami, pasti mendambakan istri yang penyabar. Hidup itu tidak akan pernah selamanya di atas dan tidak selamanya bahagia. Disinilah kenapa kita membutuhkan pendamping yang sabar, sabar dalam segala ujian, sabar dalam segala masalah, sabar dalam menerima taqdir dan sabar adalah kunci kebahagiaan. Saat menjadi istri, ia bisa sabar dalam menghadapi segala kepribadian suami yang tidak ia sukai, saat menjadi ibu, ia bisa sabar dalam mengurus anak, suami, dirinya dan seisi rumah. Inilah istri penyabar pasti dambaan suami.

  • Istri yang mudah akrab dengan orang-orang disekitar suami

Semua laki-laki atau suami pasti sangat senang dan mengharapkan istrinya mudah bergaul, cepat berbaur dan akrab dengan sahabat atau orang-orang di sekeliling suami. Sehingga sifat tersebut akan menumbuhkan kehangatan dan keakraban dalam persaudaraan dan persahabatan.

  • Istri yang pandai menjaga penampilan dan kecantikannya

Kecantikan dan penampilan itu modal pokok untuk menyenangkan hati suami. Tapi bukan berarti kecantikan dan penampilannya untuk diumbar atau diperlihatkan kepada semua orang. Tapi tidak ada salahnya, meskipun di luar rumah, seorang istri pun harus menjaga penampilannya. “Karena Islam itu Indah dan Allah mencintai yang Indah-indah“. Namun tetap semua ada batasannya.

  • Istri yang pintar dan cerdas

Kecerdesan bukan hanya kecerdasan intelektual, tetapi yang tak kalah pentingnya adalah kecerdasan emosional dan kecerdasan perasaan. Semua kecerdasan itu harus seimbang agar suasana dalam keluarga tetap hangat dan jauh dari rasa jenuh dan bosan. Seorang istri yang cerdas akan membuat suami dan anak-anaknya lebih terarah sehingga tujuan utama dalam sebuah rumah tangga akan tercapai. Selain itu juga, seorang ibu adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya. Maka dibutuhkan seorang istri yang memiliki kemampuan untuk mengatur dan mengolah rumah tangga yang harmonis.

  • Istri yang pintar mengatur keuangan

Istri yang tidak suka menghambur-hamburkan uang suami, istri yang bisa menghemat dan bisa mengatur keuangan rumah tangga. Inilah kriteria wanita yang didambakan oleh para suami. Jika dalam keadaan serba kekurangan, seorang istri bisa menahan keinginannya, jangan sampai terbiasa dengan berhutang demi memuaskan segala keinginan atau kebutuhan diluar kemampuannya.

  • Istri yang bisa mandiri

Kemandirian seorang istri itu merupakan harapan dan dambaan para suami. Masih banyak istri yang menggantungkan pekerjaannya pada suami. Semua hal yang ia kerjakan butuh bantuan suami. Memang meminta bantuan suami itu merupakan hal yang sangat wajar dan juga itu merupakan hak istri. Tetapi jangan jadikan hak itu sebagai kesempatan untuk selalu bergantung pada suami. Dalam kehidupan sehari-hari, pasti ada pekerjaan yang bisa kita lakukan sendiri tanpa harus meminta bantuan suami dan biarkanlah suami mengerjakan tugas dan kewajibannya.

  • Istri yang menghormati suami

Bagaimanapun tingginya derajat seorang istri di luar rumah, tetapi ia tetap memiliki raja di dalam rumah tangganya. Jadi, hormatilah suamimu, karena ia imam yang mengarahkan dan menuntunmu ke arah yang lebih baik.

  • Istri yang mengerti soal seks

Bukan hal tabu untuk membicarakan soal seks pada pasangan suami istri. Jika tidak dipahami secara benar, maka bukan hal yang mustahil sebuah pasangan akan mengalami keretakan karena persoalan ini. Oleh karenanya, sebagai istri carilah informasi dan pahamilah tentang seluk beluk persoalan ini. Selain fitrahnya, hal ini juga dapat memicu hubungan baik antara suami dan istri.

  • Istri yang patuh pada ajakan suami

Istri yang menolak ajakan suaminya untuk melakukan jima’ tanpa adanya alasan yang dibenarkan oleh syara’ merupakan perbuatan yang dilarang dan di laknat oleh Allah SWT. Maka jadilah istri yang patuh dan taat pada ajakan suami, karena kepatuhan itu akan mendatangkan keberkahan dalam keluarga. Jika kita hendak menolak ajakan suami, maka sampaikanlah alasan-alasan dan penjelasan yang masuk akal dan dapat diterima oleh suami dengan cara yang baik.

  • Istri yang rajin

Jika seorang istri pemalas, alamat rumah tidak akan pernah rapi, pakaian bertumpukan dimana-mana, barang-barang kotor berantakan, tempat tidur bau dan pasti tidak ada kenyamanan di dalamnya. Oleh karena itu, seorang suami bohong jika tidak mendambakan seorang istri yang rajin. Karena dari hasil kerajinannya itu, suasana hati pun akan lebih tenang dan nyaman.

  • Istri yang jujur dan setia

Kalau memiliki istri yang suka berbohong dan tidak setia, pasti kehidupan keluarganya lambat laun akan berantakan. Jadi, sangat dibutuhkan kejujuran dan kesetiaan seorang istri. Demi kelanggengan, keharmonisan dan kebahagiaan sebuah rumah tangga.

  • Istri yang mampu menjaga dirinya sendiri

Suami menginginkan istrinya mampu menjaga dirinya sendiri saat suami tidak bersamanya. Seperti halnya seorang istri yang tidak suka keluyuran saat suami sedang tidak ada di rumah.

  • Istri yang bisa mengendalikan emosi

Wanita merupakan makhluk ciptaan Allah yang paling sensitif hatinya dibandingkan laki-laki. Jika mereka tidak mampu mengontrol sensitivitasnya, maka wanita akan cenderung menjadi sosok yang pemarah dan emosional. Meskipun sifat-sifat ini sangat manusiawi, namun jika tidak bisa dikontrol dengan baik, maka akan menimbulkan hal-hal negatif dan dapat merugikan. Oleh karenanya, sosok istri yang mampu mengontrol emosinya merupakan sosok istri idaman para pria.

  • Istri yang humoris

Sifat humoris ini juga sangat dibutuhkan pada sosok seorang istri. Karena istri yang humoris bisa membuat hati yang suram menjadi ceria lagi. Tetapi, kadar sifat humoris yang didambakan oleh para suami tidak semua sama. Semuanya kembali pada seleranya masing-masing.

  • Istri yang memiliki akhlak yang baik

Akhlakul karimah atau akhlak terpuji yang melekat pada diri seorang wanita akan mampu memikat hati seorang laki-laki. Terlebih seorang suami yang pasti sangat bangga memiliki istri yang berakhlak dan berbudi pekerti yang baik.

  • Istri yang sholehah dan taat pada agamanya.

Dari awal hingga akhir, inilah kriteria istri idaman paling utama bagi seorang suami. Karena istri sholehah merupakan istri yang nyaris sempurna. Bagaimana tidak? istri sholehah pasti seorang wanita yang taat kepada Allah SWT, memahami agamanya, mengerti bagaimana cara menjaga diri dan menjaga harta suaminya, menghormati suami, mendoakan suami, dan lain sebagainya. Next time kita akan bahas apa saja kriteria istri sholehah dambaan suami.

Dalam sebuah hadits dikatakan yang artinya:

Rasulullah SAW bersabda: “Maukah aku beritakan kepadamu tentang sebaik-baik perbendaharaan seorang laki-laki, yaitu istri shalihah yang jika dipandang akan menyejukkan pandangannya, jika diperintah akan menaatinya dan jika ia pergi, istrinya akan menjaga dirinya” (HR. Abu Dawud)

Dunia itu adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita sholihah“. (HR. Muslim, Ibnu Majah & An-nasa’i)

Barang siapa diberi istri sholihah, berarti ia telah diberi pertolongan (untuk) meraih separuh agamanya. Kemudian hendaklah bertaqwa kepada Allah dalam memelihara separuh lainnya“. (HR. At-Thabrani & Hakim)

Itulah beberapa kriteria istri atau calon istri yang didamba-dambakan oleh suami atau calon suaminya. Semoga artikel tentang 20 Kriteria “Istri Idaman” Yang Membuat Suami Bahagia ini dapat memberikan manfaat dan cerminan bagi kita semua.

Terimakasih 🙂

Silakan baca juga artikel lainnya yang tak kalah menarik: