12 Tempat Bersarangnya Bakteri Dan Kuman Disekitarmu

Posted on

12 Tempat Bersarangnya Bakteri Dan Kuman Disekitarmu – Tanpa disadari, ternyata banyak sekali tempat-tempat di sekitar kita yang menyimpan banyak bakteri dan kuman. Jadi, harus lebih extra dalam menjaga kebersihan tempat-tempat di rumah, juga lebih hati-hati dengan sesuatu yang selalu di pegang dan sering di gunakan. Berikut ini catatanmuslimah.com akan merangkum beberapa tempat bersarangnya bakteri dan kuman yang paling banyak.

12 Tempat Bersarangnya Bakteri Dan Kuman Disekitarmu
12 Tempat Bersarangnya Bakteri Dan Kuman Disekitarmu

Tempat-Tempat Bersarangnya Bakteri Dan Kuman

Berikut ini, ada beberapa tempat yang harus diwaspadai dan lebih dijaga kebersihannya. Karena tempat-tempat berikut ini menyimpan banyak bakteri dan kuman yang cukup membahayakan bagi kesehatan kita.

  • Handphone atau Ponsel

Kuman Pada Handhphone

Tak jarang orang yang tidak memiliki handphone pada saat ini. Setiap hari bahkan setiap waktu ponsel ini selalu digunakan oleh pemiliknya. Ditempelkan pada pipi dan telinga. Padahal ponsel ini dijadikan tempat tumbuhnya kuman dan bakteri sehingga sangat mudah bakteri dan kuman pindah ke tubuh.

  • Talenan

Kuman pada Talenan

Talenan yang sering digunakan untuk memotong daging, ikan, bumbu dan lain sebagainya ternyata menyimpan kekotoran sehingga mudah dihinggapi bakteri dan kuman. Pastikan sebelum menggunakannya, talenan tersebut dalam keadaan bersih dan biasakan setelah selesai menggunakan, cuci dengan sabun cuci anti bakteri.

  • Spons cuci piring

Kuman Pada Spons Cuci Piring

Nah ini dia tempat bakteri dan kuman hinggap tanpa diketahui oleh penggunanya. Banyak yang menggunakan spons cuci piring, tapi tidak menjaga kebersihannya, mereka membersihkan spons hanya cukup menyiramnya dengan air. Padahal kuman dan bakteri masih berserakan di dalam spons tersebut. Untuk lebih menjaga agar kuman dan bakteri tersebut tidak berpindah tangan pada tangan si penggunanya atau langsung pindah ke piring, gelas atau perabotan yang dicuci, sebaiknya sering-sering menggantinya dengan yang baru, minimal 2 minggu sekali. Selain itu juga, setelah menggunakan spons cuci piring, cucilah spons tersebut dengan bersih, bisa dengan air biasa lalu di keringkan, jangan biarkan lembab dan lebih baik di cuci dengan menggunakan air hangat juga bisa memanaskannya dalam mikrowave selama 1 s/d 2 menit.

  • Wastafel

Kuman Pada Wastafel

Wastafel di dapur lebih banyak bakteri dan kumannya, karena sisa-sisa makanan pada piring yang di cuci dan diletakkandi wastafel membuatnya menjadi sarang bakteri dan kuman. Bakteri yang terdapat pada setiap inci wastafel kisaran 500.000 bakteri. Untuk membersihkannya bisa gunakan baking soda dan cuka atau menggunakan alat pembersih yang mengandung anti bakteri. Setelah itu, siram dengan air sampai bersih dan di kringkan menggunakan lap sehingga watafel terlihat lebih bersih dan higienis

  • Kamar mandi dan Toilet

Kuman Pada Toilet

Kebersihan kamar mandi juga perlu di jaga, agar bakteri dan kuman tidak menyebar keseluruh ruangan kamar mandi. Bak mandi dan toilet merupakan sarang bakteri, tempat tumbuh kembangnya kuman-kuman karena kelembapan dan jarang dibersihkan. Menurut Charles Gerba, saat toilet disiram dengan air, bakteri yang ada di dalamnya dapat terbang hingga 2 meter dan menyebar keseluruh ruangan kamar mandi. Jadi, sering-seringlah membersihkan kamar mandi, terutama pada bak mandi dan toiletnya juga dnding-dinding kamar mandi.

  • Sikat gigi

Kuman Pada Sikat Gigi

Benda satu ini pasti dimiliki semua orang. Tahukan Anda bahwa benda ini rentan di hinggapi kuman dan bakteri. Menurut seorang direktur Eileen Abruzzo, dari Long Island College Hospital Brooklyn di New York, sebagian besar jamur atau bakteri sangat betah tinggal di tempat-tempat yang lembap dan basah. Oleh karenanya, sikat gigi yang masuk ke mulut seseorang 1, 2 atau 3 kali dalam sehari dapat menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri. Untuk menghindarinya, tempatkan sikat gigi sejauh mungkin dan gantilah secara rutin 2 bulan sekali. Dan hindari pemakaian sikat gigi secara bergantian dengan orang lain. Karena kita tidak tahu apakah mulut orang itu bersih dari kuman dan bakteri.

  • Handuk

Kuman Pada Handuk

Handuk yang basah atau lembab bisa jadi tempat yang paling subur untuk tumbuh kembangnya bakteri dan kuman. Handuk digunakan untuk mengusap seluruh anggota badan. Bisa jadi kuman yang berada pada wajah (terutama yang berjerawat) pindah pada handuk, juga alergi kulit seperti gatal-gatal atau luka dan penyakit-penyakit kulit lainnya dengan cepat pindah pada handuk. Dengan kelembapannya, kuman dan bakteri tumbuh semakin banyak sehingga dapat menyebabkan penyakit baru pada kulit badan Anda. Oleh karenanya, pastikan handuk di jemur dan diganti seminggu sekali untuk mengurangi intesitas tumbuh kembangnya jamur, bakteri dan kuman pada handuk Anda.

  • Tangan

Kuman Pada Tangan

Tangan adalah alat untuk memegang benda apapun. Sehingga banyak kuman dan bakteri yang menempel pada tangan. Bayangkan jika kuman dan nakteri itu masuk kedalam makanan yang Anda pegang? Apa yang terjadi? Perut dan organ pencernaan akan terganggu, dapat menyebabkan sariawan, flu, dan lain sebagainya. Jadi, sering-seringlah mencuci tangan dan akan lebih baik dengan menggunakan sabun anti septik dan anti bakteri. Tidak hanya hendak makan saja mencuci tangan, tapi juga saat Anda batuk, bersin-bersin, sehabis dari toilet, setelah menjenguk orang sakit, membuang ingus, memegang sampah dan kotoran, memegang hewan, serta sehabis membersihkan sesuatu seperti membersihkan meja, tempat tidur, buku-buku, dan lain sebagainya.

  • Tempat tidur

Kuman Pada Tempat Tidur

Percaya atau tidak, tempat tidur merupakan tempat terkotor. Apalagi tempat tidur yang jarang sekali dibersihkan dan jarang pula terkena paparan sinar matahari sehingga membuatnya menjadi lembap dan bakteri, kuman, jamur, dan serangga-serangga kecil bersarang di tempat tidur. Biasanya, tempat tidur berdebu dan tak terawat. Kuman-kuman yang terdapat di tempat tidur dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti penyakit kulit, alergi, sesak napas karena pengap dan debu yang tidak terlihat oleh kasat mata. Untuk mengatasinya, pastikan kamar Anda memiliki ventilasi udara yang cukup baik, mendapatkan paparan sinar matahari, bersihkan tempat tidur Anda setiap hari, sebelum tidur dan setelah bangun dari tidur.

  • Keyboard dan Mouse

Kuman Dan Bakteri Pada Keyboard Dan Mouse

Keyboard dan mouse adalah salah satu tempat bersarangnya kuman dan bakteri. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di inggris menyatakan bahwa bakteri yang hinggap pada keyboard dan mouse sama banyaknya dengan bakteri yang ada di WC umum atau toilet. Terutama keyboard dan mouse yang ada di warnet-warnet. Karena selalu bersentuhan dengan tangan-tangan orang. Oleh karenanya, sering-seringlah membersihkan keyboard dan mouse. Jika menggunakan keyboard atau mouse yang ada di warnet, pastikan tangan Anda telah terlindungi dengan anti septic.

  • Mesin ATM

Kuman Dan Bakteri Pada Mesin ATM

Merupakan fasilitas umum yang banyak digunakan oleh beribu dan berjuta-juta tangan manusia. Mesin ATM ini sangat rentan terhadap jamur, bakteri dan kuman. Bahkan kuman yang bersarang pada mesin ATM ini sebanding dengan bakteri dan kuman yang terdapat pada toilet. Jadi, untuk mengatasinya, cucilah tangan atau bersihkan tangan Anda menggunakan air maupun pembersih yang mengandung anti bakteri.

  • Pena

Kuman Dan Bakteri Pada Pena

Siapa sangka pena menjadi tempat bersarangnya bakteri dan kuman?, yaa memang survei membuktikan bahwa pena atau alat tulis lainnya bisa menjadi tempat bersarangnya kuman. Saat seseorang memegang pena, biasanya sambil digigit-gigit, diletakkan disembarang tempat, berpindah-pindah tangan, untuk menggaruk kulit yang gatal dan lain sebagainya. Dengan itu, kuman dan bakteri akan mudah menempel dan berkembang pada pena sehingga akan berpindah pada tangan atau anggota badan kita. Oleh karenanya, berhati-hatilah pada kuman yang bersarang pada penaa. Gunakan pena sendiri yang tidak digunakan banyak orang sehingga lebih terjamin kebersihannya.

Itulah beberapa tempat yang harus diperhatikan agar Anda dapat menghindari atau mengurangi kuman dan bakteri yang bersarang pada tempat-tempat tersebut. Tidak hanya itu, masih banyak tempat-tempat lain yang juga menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri seperti pada kursi-kursi atau pegangan di bis, kereta, eskalator, juga pada remote televisi, keranjang belanja, uang kertas dan uang logam, keran, gagang pintu dan lain sebagainya. Pastikan selalu kebersihan tangan Anda juga anggota badan Anda dari bakteri dan kuman penyebab berbagai penyakit.

Semoga tulisan tentang 12 Tempat Bersarangnya Bakteri Dan Kuman Disekitarmu ini dapat bermanfaat bagi kita semua yang membacanya. Sekian terimakasih 🙂

Comments

comments