Keutamaan Puasa Senin Kamis Dalam Islam Terdahsyat

Keutamaan Puasa Senin Kamis Dalam Islam Terdahsyat – Puasa senin kamis ini merupakan puasa sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Banyak diantara kita yang masih mempermasalahkan tentang puasa ini, padahal jelas Rasulullah saw sering melakukan dan bahkan tidak telat puasa senin kamis. Beberapa alasan kenapa puasa di hari senin dan kamis diantaranya:

Bahwa pada hari itulah segala amal perbuatan di laporkan. Sebagaimana Rasulullah menjawab pertanyaan tentang alasan puasa senin kamis, beliau menjawab:

Hadits tentang puasa senin kamis

Artinya: “Sesungguhnya amal perbuatan para hamba di laporkan (kepada Allah) pada hari senin dan hari kamis“.

Hadits tentang puasa senin kamis yang sangat dicintai Rasul

Artinya: “Dari Abi Hurairoh ra, bahwa Rasululullah saw bersabda: “Seluruh amal perbuatan dilaporkan pada hari Senin dan Kamis, maka aku lebih menyukai saat amalku dilaporkan, dan aku dalam keadaan berpuasa“. (HR. At-Tirmidzi)

Selain itu, hari senin adalah hari kelahiran Nabi SAW dan hari dimana wahyu pertama kali diturunkan.

Hadits Puasa Senin Kamis
Artinya: “Dari Abu Qotadah ra, sesungguhnya Rasululullah saw. ditanya tentang puasa pada hari Senin? Maka beliau menjawab: “Hari Senin itu adalah hari lahirku, dan hari dimana aku mulai diutus atau hari diturunkannya wahyu (kepadaku)“.

Keutamaan Puasa Seni Kamis

Hadits Mengenai Puasa Senin Kamis

Artinya: “Dari Aisyah ra. telah berkata, Bahwa rasulullah selalu memilih puasa Senin dan Kamis“.(HR. At-Tirmidzi)

Keutamaan Puasa Senin Kamis Dalam Islam Terdahsyat

Keutamaan Puasa Senin Kamis Dalam Islam Terdahsyat

Banyak keutamaan dan faedah dari menjalankannya ibadah sunnah ini. Tidak hanya balasan dari Allah SWT saja, melainkan juga kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa keutamaan puasa senin kamis.

  • Diberikan ganjaran langsung dari Allah SWT

Sebagaimana dalam hadits Qudsi dikatakan bahwa :”Puasa itu milik-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Dan kebaikan itu akan dilipatgandakan sebanyak 10 kali lipat“.(HR. Bukhari dan Abu Daud).

  • Allah sediakan tempat didalam Surga bagi orang-orang yang berpuasa

Allah SWT akan menyediakan tempat di surga bagi hamba-hambaNya yang beriman, dan bertakwa serta beramal saleh. Tidak ada tempat yang paling baik dan paling indah sebagai tempat kembalinya manusia di akhirat kecuali surga. Surga yang penuh dengan segala kenikmatan yang diciptakan Allah SWT sebagai balasan atas jerih payah hambaNya yang bertakwa selama hidup di dunia.

  • Terhindar dari Siksa Api Neraka

Allah itu Maha Pengasih. Siapa saja hamba-Nya yang mendekat, maka Allah akan lebih mendekatinya. Allah akan menjauhkan hamba-hambaNya yang sholeh dari siksa api neraka. Puasa adalah salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah. Dan Allah akan memberi lebih dari apa yang kita ketahui. Rasulullah bersabda yang artinya: “Puasa adalah benteng yg membentengi seseorang dari api neraka yg membara“. (HR. Ahmad dan Al-Baihaqi)

  • Puasa merupakan zakat jiwa

Dalam sebuah hadits dikatakan: “Segala sesuatu itu ada zakatnya, sedang zakat jiwa itu adalah berpuasa dan puasa itu separuh dari kesabaran“. (HR. Ibnu Majah)
Dengan berpuasa, akan dapat meningkatkan kesabaran dan meredam emosional dan amarah. Sehingga puasa sama juga dengan separuh kesabaran.

  • Dapat membantu meningkatkan amalan dan kualitas ibadah

Biasanya jika seseorang tidak sedang berpuasa, akan lebih memikirkan perut sehingga kekenyangan, terlebih semua makanan dilahap sehingga menimbulkan malasnya ibadah. Dengan berpuasa dapat menjadikan kita lebih fokus dalam beribadah dan akan mendapatkan kenikmatan dalam beribadah. Sehingga kualitas ibadah dapat ditingkatkan melalui puasa dalam setiap minggu. Selain itu juga, puasa dapat melembutkan hati. Oleh karenanya, berpuasalah untuk menahan segala bentuk gejolak nafsu.

  • Menjaga kesehatan tubuh

Telah banyak riset yang menemukan bahwa dengan puasa teratur dapat menjaga kestabilan tubuh  dan menjaga kesehatan karena alat pencernaan dapat beristirahat dan juga membuang racun (detoksifikasi) dalam tubuh. Dengan berpuasa seminggu dua kali yakni senin dan kamis, secara tidak langsung kita telah melakukan maintenance untuk diri kita secara rutin baik dari segi jasmani maupun rohani.

Nah, sekarang kita sudah mengetahui manfaat dan keutamaan puasa senin kamis. Puasa ini selalu dilakukan oleh rasulullah saw semasa hidupnya. Tidak ada salahnya jika kita selalu menjaga puasa ini sebagai salah satu ibadah rutin dalam setiap minggunya. Apalagi saat hari dimana amal perbuatan kita disetorkan oleh malaikat kepada Allah SWT. Dan saat Allah menerima segala catatan amal perbuatan kita, kita dalam keadaan berpuasa.

Semoga artikel singkat mengenai Keutamaan Puasa Senin Kamis Dalam Islam Terdahsyat ini dapat memberikan manfaat bagi kita Umat Muslim, dan semoga kita selalu dapat istiqomah menjalankan puasa sunnah ini. Sekian terimakasih 🙂

Comments

comments

Keutamaan Puasa Senin Kamis Dalam Islam Terdahsyat | Catatan Muslimah | 4.5