Bacaan Bacaan Dalam Sholat Terlengkap

Posted on

Bacaan Bacaan Dalam Sholat Terlengkap – Sejak kecil pasti kita sudah pernah diajarkan oleh kedua orang tua, di TPA ataupun guru ngaji tentang sholat dan bacaan-bacaan dalam sholat. Namun tidak sedikit yang mungkin lupa atau jarang digunakan bacaan-bacaan tersebut dalam sholat. Banyak yang masih membaca hanya sekedar membaca niat sholat dan mungkin surat Al-Fatihah saja. Dalam pembahasan kali ini, catatanmuslimah.com akan membantu untuk memudahkan dalam belajar dan menghafal bacaan-bacaan dalam sholat berikut dengan artinya.

 

Bacaan Bacaan Dalam Sholat Terlengkap
Bacaan Bacaan Dalam Sholat Terlengkap

Bacaan Bacaan Dalam Sholat

Sebelum melakukan sholat, tentunya wajib membersihkan diri dari segala hadas dengan cara berwudhu’. Jika tanpa didahului dengan berwudhu maka sholatnya tidak sah. Adapun bacaan-bacaan dalam sholat mulai dari niat sampai salam akan dibahas berikut ini.

Niat sholat fardhu

Bacaan niat sholat shubuh

Niat sholat subuh

Bacaan niat sholat dhuhur

Niat Sholat Dhuhur

Bacaan niat sholat ashar

Niat Sholat Ashar

Bacaan niat sholat maghrib

Niat Sholat Maghrib

Bacaan niat sholat isya

Niat sholat Isya

Bacaan Iftitah atau Takbiratul Ihram

Bacaan Takbiratul Ihram

Artinya: “Allah Maha Besar, Maha Sempurna Kebesaran-Nya. Segala puji bagi Allah, dengan pujian sebanyak-banyanya. Dan Maha Suci Allah sepanjang pagi dan petang. Sungguh telah kuhadapkan wajahku kepada Dzat yang telah menciptakan langit dan bumi dengan kerendahan hati dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang menyekutukan Allah. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan Alam Semesta. Tidak ada sekutu bagi-Nya dan demikianlah aku diperintahkan dan aku termasuk golongan orang-orang yang berserah diri“.

Bacaan Surat Al-Fatihah

Bacaan Al-Fatihah

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Yang Maha pengasih dan Maha penyayang. Yang menguasai hari pembalasan. Hanya kepada-Mulah aku menyembah dan kepada-Mulah aku meminta pertolongan. Tunjukanlah kepada kami jalan yang lurus. Seperti jalannya orang-orang yang telah Engkau beri nikmat. Bukan jalannya orang-orang yang Engkau murkai dan bukan pula jalannya orang-orang yang sesat“.

Setelah membaca surat Al-Fatihah, maka bacalah ayat-ayat Al-Qur’an atau surat-surat pendek seperti surat Al-Ikhlas, An-Naas, Al-Lahab, Ad-Dhuha dls.

Bacaan Ruku’

Bacaan Ruku'

Artinya: “Maha Suci Allah Tuhan Yang Maha Agung dan dengan memuji-Nya“.

Bacaan I’tidal

Bacaan I'tidal

Artinya: “Allah mendengar siapa saja yang memujinya. Wahai Tuhan kami! Bagi-Mu lah segala puji, sepenuh langit dan bumi dan sepenuh barang yang Kau Kehendaki sesudahnya“.

Bacaan Sujud

Bacaan Sujud

Artinya: “Maha Suci Allah Tuhan Yang Maha Tinggi dan dengan memuji-Nya“.

Bacaan Duduk Diantara Dua Sujud

Bacaan Duduk Diantara Dua Sujud

Artinya: “Ya Allah… ampunilah aku, sayangilah aku dan cukupilah segala kekuranganku dan angkatlah derajatku dan berilah aku rizki dan berilah aku petunjuk dan sehatkanlah aku dan maafkanlah aku“.

Bacaan Tasyahud Awal

Bacaan Tayshud Awal

Artinya: “Ya Allah, segala penghormatan, keberkahan, rahmat dan kebaikan hanya milik-Mu ya Allah. Semoga keselamatan, rahmat dan Berkah-Nya tetap tercurahkan kepadamu, Wahai Nabi Muhamad. Semoga keselamatan tercurah kepada kami dan hamba-hamba-Mu yang sholeh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah, limpahkan rahmat-Mu kepada penghulu kami Nabi Muhammad “.

Bacaan Tasyahud Akhir Dan Salam

Bacaan Taysahud Akhir

Artinya: “Ya Allah, segala penghormatan, keberkahan, rahmat dan kebaikan hanya milik-Mu ya Allah. Semoga keselamatan, rahmat dan Berkah-Nya tetap tercurahkan kepadamu, Wahai Nabi Muhamad. Semoga keselamatan tercurah kepada kami dan hamba-hamba-Mu yang sholeh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah, limpahkan rahmat-Mu kepada penghulu kami Nabi Muhammad dan kepada keluarganya penghulu kami Nabi Muhamad. Sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada penghulu kami, Nabi Ibrahim dan kepada keluarganya. Dan limpahkanlah berkah kepada penghulu kami Nabi Muhamad dan kepada keluarganya. Sebagaimana telah Engkau limpahkan berkah kepada penghulu kami Nabi Ibrahim dan kepada keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji Lagi Maha Mulia. Wahai Dzat Yang Menggerakkan Hati, tetapkanlah hatiku pada Agama-Mu dan ketaatan-Mu. Maha Suci Engkau sungguh aku termasuk orang-orang dzalim“.

Nah itulah panduan bacaan-bacaan sholat yang bisa dipelajari dan dihafalkan, semoga Bacaan Bacaan Dalam Sholat Terlengkap ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca sekalian dan sekian terimakasih 🙂

Baca Juga:

Comments

comments