10 Makanan Berbahaya Bagi Ibu Hamil Yang Harus Dihindari

10 Makanan Berbahaya Bagi Ibu Hamil Yang Harus Dihindari – Kehamilan merupakan sesuatu yang amat sangat berharga, sehingga jangan sampai karena ketidaktahuan dan kelalaian dapat merusak dan membahayakan kehamilan. Sebaiknya para ibu hamil lebih aktif untuk mencari tahu kepada keluarganya, saudara, tim medis, buku-buku kesehatan selama kehamilan, dan media-media informasi lainnya yang dapat bermanfaat dan menambah kehati-hatian dalam memilih asupan makanan. Beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi bagi ibu hamil akan dipaparkan berikut ini.

Makanan Berbahaya Bagi Ibu Hamil Yang Harus Dihindari

Makanan Berbahaya Bagi Ibu Hamil Yang Harus Dihindari

Makanan Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Berikut ada beberapa makanan yang dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan janinnya.

Hindari makanan yang kurang matang, seperti pada daging ayam, telur ayam, jeroan yang dapat meyebabkan diare berlebih pada ibu hamil. Dan tidak disarankan juga pada ibu hamil untuk mengkonsumsi telur ayam setengah matang terutama pada bulan pertama sampai ke tiga.

Hindari makan keju lunak. Dikhawatirkan ada kemungkinan resiko membawa listeria yang merupakan jenis bakteri yang dapat menembus plasenta dan dapat menyebabkan infeksi pada janin, sehingga bisa menyebabkan keguguran, lahir prematur dan juga keracunan dalam darah.

Hindari minuman-minuman beralkohol dan berkafein. Karena dapat menimbulkan kelainan pada janin. Minuman yang mengandung kafein seperti kopi sebaiknya dihindari atau dikurangi, karena dengan minum kopi yang berlebihan dapat mempengaruhi terjadinya keguguran, berat badan bayi dan dapat mengurangi penyerapan zat besi pada janin.

Buah nanas sebaiknya dihindari pada masa kehamilan. Buah nanas ini mengandung enzim protease bromealin yang dapat memberikan efek buruk pada kehamilan, yakni dapat menyebabkan kontraksi pada rahim sehingga dapat mengakibatkan terjadinya keguguran. Oleh karenanya, ibu hamil sebaiknya menjauhi buah ini terutama pada awal kehamilan.

Buah delima merupakan salah satu buah yang harus dihindari oleh ibu hamil. Dengan memakan buah delima secara berlebihan akan menyebabkan terjadinya kontraksi pada rahim, sehingga memiliki potensi keguguran. Terutama biji buah delima yang lebih berbahaya bagi ibu hamil. Memang tidak begitu makan langsung keguguran, namun makan secara berlebihan akan berpengaruh pada kesehatan janin.

Buah pepaya pun sebaiknya dihindari oleh para ibu hamil. Jenis pepaya yang dimaksud adalah pepaya yang masih muda (mengkel dalam bahasa jawa), karena dapat mengurangi perkembangan pada embrio atau janin.

Buah durian juga termasuk jenis makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil. Durian mengandung asam arachidonat yang dapat memicu dalam merangsang terjadinya kontraksi dan sangat berakibat fatal bagi janin. Begitu juga dengan kandungan alkoholnya yang dapat mengakibatkan berat badan bayi sangat rendah juga mengakibatkan kelahiran prematur serta penyebab keguguran.

Hindari mengkonsumsi atau mengurangi ikan tuna dan jenis ikan yang diawetkan didalam kaleng. Selain itu juga ikan mentah atau kurang matang kurang baik untuk ibu hamil. Jika ingin memakan ikan, pastikan ikan tersebut dirawat di tempat yang segar dan bersih.

Kepiting merupakan salah satu seafood yang kaya akan nutrisi, kalsium dan mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun bagi ibu hamil, ternyata kepiting dapat menyebabkan pendarahan dan penyusutan rahim jika sering dikonsumsi selama tiga bulan pertama masa kehamilan. Selain itu juga memakan kepiting secara berlebih dapat mengakibatkan keguguran.

Mie instan jika dikonsumsi secara berlebih atau sering juga dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan janinnya. Untuk itu kurangi dan jika perlu hindari mie instan. Mie ayam yang dikemas didalam plastik juga sangat berbahaya. Jika ingin sesekali memakan mie intsan, sebaiknya bumbu diracik sendiri dan air yang digunakan untuk memasak mie diganti dengan air mendidih yang baru.

Itulah beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil, demi menjaga si buah hati agar tetap sehat hingga terlahir ke dunia. Semoga artikel tentang 10 Makanan Berbahaya Bagi Ibu Hamil Yang Harus Dihindari dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian terimakasih 🙂

Comments

comments

10 Makanan Berbahaya Bagi Ibu Hamil Yang Harus Dihindari | Catatan Muslimah | 4.5