Tips Menjadikan Rumah Yang Penuh Berkah

Posted on

Tips Menjadikan Rumah Yang Penuh Berkah – Rumah yang besar dan mewah, istri yang cantik jelita, suami yang rupawan, ilmu yang luas, harta yang berlimpah namun tidak mengangkat derajat pemiliknya, untuk apa?. Kita tidak boleh cukup bahagia dan senang memiliki sesuatu yang berlimpah ruah jika Allah tidak senang. Bukannya bahagia, tapi percekcokkan semakin memanas setiap hari. Bukannya bahagia dan hidup tentram tapi menambah masalah dan malapetaka didalam rumah. Karena apa? Mungkin penyebabnya adalah karena semua itu tidaklah barokah. Jadi, takutlah jika sesuatu yang dimiliki itu tidak membawa barokah.

Tips Menjadikan Rumah Yang Penuh Berkah
Tips Menjadikan Rumah Yang Penuh Berkah

Rumah merupakan tempat satu-satunya untuk menumbuhkan ikatan kekeluargaan, mengembangkan ilmu dan madrasah pertama bagi anak-anak dan keluarga, tempat berkasih sayang, menyalurkan dan membangun keutuhan rumah tangga. Lalu rumah seperti apa yang bisa membuat ketenangan jiwa, kebahagiaan lahir dan batin?

Pastinya rumah yang penuh dengan keberkahan. Iya…rumah penuh berkah merupakan tempat teristimewa yang kita peroleh di dunia. Meskipun rumah itu sangat sederhana, atau bahkan rumah yang bukan milik sendiri (istilahnya rumah ngontrak). Namun jika para penghuninya dicintai oleh Allah dan memberikan rumah itu dengan kebaikan dari_Nya, Insyaa_Allah rumah itu akan menjadi surga bagi para penghuni didalamnya. Berikut ini ada beberapa cara untuk menjadikan dan membuat rumah penuh dengan berkah dan tentram bagi para penghuninya.

Tips Menjadikan Rumah Penuh Berkah

Berkah merupakan suatu kebaikan yang berlimpah, yang diberikan Allah kepada siapapun yang Dia kehendaki. Keberkahan dapat dirasakan manfaatnya, walau sekecil apapun nilainya, tetap dapat dirasa cukup dan membahagiakan. Seperti contoh dari segi makanan. Rasulullah SAW pernah berkata:

makanan untuk satu orang, cukup untuk dua orang, makanan untuk dua orang, cukup untuk dua atau tiga orang dan makanan untuk 3 orang, cukup untuk 4 atau 5 orang.”

Rasulullah berpesan bahwa: “Berjamaahlah kalian dalam menyantap makanan dan sebutlah nama Allah didalamnya, maka Allah akan melimpahkan keberkahan.”

Adapun tips-tips dalam menjadikan rumah penuh dengan keberkahan dan kebaikan dari Allah SWT diantaranya yaitu:

Uluq salam dan berdoa

Selalu mengucapkan salam ketika masuk kedalam rumah dan berdoa ketika keluar dari rumah. Dalam sebuah hadits diriwayatkan bahwa: ‘’Jika kamu hendak masuk rumah, maka sebaiknya kamu ucapkan salam, karena hal itu akan membawa keberkahan bagimu dan keluargamu.’’ (HR. At-Tirmidzi)

Doa keluar dari rumah:

Doa Keluar Dari Rumah

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah aku bertawakkal hanya kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan melainkan atas pertolongan Allah“.

Selalu membaca ayat-ayat Al-Qur’an dan sering berinteraksi dengannya

Rumah yang penuh berkah tidak hanya dengan bangunan yang penuh dengan kemewahan atau glamour, gaya klasik atau modern, besar atau minimalis, kualitas isi perabotan, warna catnya atau berkaitan dengan gaya arsiteknya. Namun rumah yang didalamnya berisikan orang-orang yang taat kepada Allah, yang senantiasa menjaga hari-harinya dengan ayat-ayat Allah dan berinteraksi dengan Al-Qur’an serta selalu melibatkan Allah dalam setiap keadaan, sehingga Allah mengutus MalaikatNya untuk memberikan nur atau cahaya didalam rumah itu dan membuat para penghuninya merasa aman, tentram, bahagia, dan betah di rumah. Rasulullah bersabda:

Bacalah Al-Qur’an, karena ia akan memberikan syafaat (pembelaan) pada hari kiamat“.

Perbanyaklah membaca Al-Qur’an di rumahmu, sesungguhnya di dalam rumah yang tidak ada orang yang membaca Al-Qur’an, akan sedikit sekali dijumpai kebaikan di rumah itu, dan akan banyak sekali kejahatan, serta penghuninya selalu merasa sempit dan susah“.

Naudzubillahi min dzalik. Jika memang ada kesibukan di siang harinya, buatlah jadwal rutin untuk membaca Al-Qur’an. Misalnya setelah sholat magrib sampai datangnya waktu isya atau ba’da sholat shubuh. Kumpulkan anggota keluarga, suami istri dan anak-anak untuk mengaji dengan tartilul Qur’an. Biasakan untuk tidak menghidupkan televisi, radio, musik, mainan, gadget, dan lain-lain saat waktu-waktu terbaik untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Membaca ayat-ayat terakhir dari surat Al-Baqarah

Rasulullah bersabda:

Hadits Tentang Membaca Surat Al-Baqoroh Di Rumah

Artinya: “Bacalah surat Al Baqarah di rumah-rumah kalian karena setan tidak akan masuk ke dalam rumah yang dibacakan surat Al Baqarah di dalamnya. “(HR. Al Hakim).

Hadits Tentang Surat Al-Baqoroh

Artinya: “Dan sesungguhnya Allah turunkan darinya dua ayat penutup surat Al Baqarah. Tidaklah dua ayat tersebut dibaca didalam rumah selama tiga malam berturut-turut lalu setan mendekatinya (setan tidak akan mendekati rumah yang dibacakan dua ayat terakhir Surat Al Baqarah selama tiga malam)”. (HR. Imam Ahmad).

Menjadikan rumah tempat berdzikir kepada Allah SWT

Dengan berdzikir atau mengingat Allah, Insyaa_Allah keberkahan Allah akan turun pada keluarga kita. Allah akan memberkahi rumah kita, karena rumah kita selalu dijadikan tempat untuk berdzikir. Sebagai hamba Allah seharusnya kita selalu tahu diri bahwa kita ini bukan apa-apa, kita tidak bisa sendiri tanpa bantuan Allah dalam segala hal. Oleh karenanya, berdzikirlah, dekatilah Allah Sang Maha Pemberi.

Dari Abu Dzar berkata, “Demi Ayah dan Ibuku, berilah Aku wasiat Ya Rasulullah!” Rasulullah menjawab, “Aku berwasiat kepadamu agar bertaqwa kepada Allah, karena Dia merupakan pangkal segala urusan.” Abu Dzar berkata, “Tambahlah ya Rasulullah!” Jawab beliau, “Hendaklah kamu membaca Al-Qur’an dan banyak mengingat Allah, karena itu akan membuatmu disebut-sebut di langit.” (Shahih Ibnu Hibban dalam syarah Hadits Arba’in).

Rasulullah bersabda:

Hadits Tentang Perumpamaan Sebuah Rumah

Perumpamaan rumah yang dijadikan sebagai tempat mengingat Allah dan rumah yang tidak dijadikan sebagai tempat mengingat Allah adalah bagaikan perbedaan antara orang yang hidup dan mati.” (HR. Muslim).

Oleh karenanya, biasakanlah berdzikir didalam rumah, bisa dilakukan sehabis sholat, atau dilakukan bersama-sama dengan keluarga, sambil duduk, sebelum tidur atau kapanpun ada waktu, gunakanlah untuk berdzikir sesering mungkin.

Para penghuninya selalu patuh dan taat dalam melaksanakan perintah Allah SWT

Membentuk para penghuni rumahnya agar selalu berkepribadian yang islami, menghidupkan suasana didalam rumah secara Islami, menanamkan nilai-nilai keislaman didalam rumah, mengkokohkan keimanan, menumbuhkan kecintaan pada Al-Qur’an, dan selalu menghidupkan sunnah-sunnah Rasul didalam rumahnya. Insyaa_Allah, keberkahan dari Allah akan datang didalam rumah itu.

Allah berfirman yang artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (Q.S. At-Tahrim: 6).

Jadikan rumah sebagai tempat beribadah

Allah berfirman yang artinya: “Dan Kami wahyukan kepada Musa dan saudaranya: “Ambillah beberapa rumah di Mesir untuk (tempat tinggal) kaummu dan jadikanlah rumah-rumahmu itu sebagai tempat ibadah dan  laksanakanlah shalat serta gembirakanlah orang-orang mukmin“. (QS. Yunus: 87)

Oleh karena itu, dirikanlah sholat didalam rumah bersama keluarga tercinta. Karena rumah yang dijadikan tempat untuk beribadah dan bersujud kepada Allah akan diberikan sinar dan cahaya didalam rumah tersebut.

Menurut Syekh Yusuf Al-Qardhawi, setidaknya ada 4 pokok terwujudnya rumah yang Islami, yakni luas dan bersih; menghias rumah dengan cara yang halal dan tidak berlebihan; tidak memajang patung didalam rumah dan tidak memelihara anjing.

Jauhkanlah hal-hal tersebut didalam rumah kita, agar senantiasa rumah kita terjaga dan diberkahi oleh Allah SWT.

Memperbaiki istri

Suami adalah imam dalam keluarga. Tugas suami adalah menjaga istri dan anak-anaknya agar terhindar dari api neraka. Adapun memperbaiki istri itu dengan cara:

  1. Memperhatikan cara beribadahnya apakah sudah benar atau belum. Jika ada kesalahan, maka ajarilah. Berikan contoh yang baik kepadanya.
  2. Berusaha untuk meningkatkan keimanan sang istri. Seperti memberikan semangat dalam menunaikan qiyamul lail atau sholat malam, membaca Al Qur’an, menghafalkan ayat-ayat penting dalam Al-Qur’an dan dzikir atau selalu mengingatkan kepadanya tentang pentingnya menjaga aurat  dan lain sebagainya.
  3. Memberikan motivasi agar rajin melakukan ibadah, membaca kitab atau buku-buku Islam yang bermanfaat, mendengarkan ceramah-ceramah agama atau mengikuti pengajian.
  4. Memilihkan teman pergaulan yang baik agamanya. Karena dengan begitu akan terjalin ikatan persaudaraan dengan mereka, saling bertukar pikiran yang dapat membawa kemajuan dan menambah keimanan, saling bersilaturahmi yang penuh dengan manfaat.
  5. Menghindarkan segala keburukan atau kejelekan darinya serta menutup pintu dari pengaruh setiap keburukan. Yakni dengan cara menjauhkan istri dari segala perkara yang negatif dan semua tempat yang jelek yang membuat Allah murka dengannya.

Rumah yang baik ialah rumah yang bisa memberikan kenyamanan dan perlindungan bagi para penghuninya. Agar rumah itu selalu diberi limpahan keberkahan dari Sang Maha Pemberi, cobalah untuk selalu mengikuti apa-apa yang telah Allah perintahkan dan Rasul ajarkan kepada kita semua serta pandai-pandailah bersyukur atas apa yang telah Allah berikan kepada kita.

Itulah beberapa tips yang bisa langsung dipraktekkan di rumah dan dijadikan kebiasaan sehari-hari. Semoga ulasan mengenai Tips Menjadikan Rumah Yang Penuh Berkah dapat memberikan konstribusi baik dan bermanfaat bagi para pembaca. Sekian terimakasih 🙂

Silakan baca juga artikel menarik lainnya:

Tips Mengundang Kehadiran Malaikat Rahmat Ke Dalam Rumah
Kata-Kata Indah Untuk Ayah Tercinta
Larangan Ikhtilath Dan Bahayanya Yang Harus Anda Ketahui