Nasehat Untuk Remaja Pria Muslim Sebelum Menikah

Nasehat Untuk Remaja Pria Muslim Sebelum Menikah – Menikah itu sekali seumur hidup, bagi yang mampu menahan berbagai cobaan. Walaupun kenyataannya banyak yang berkali-kali menikah. Tapi, coba deh untuk lebih berkomitmen sebelum menikah, agar lebih hati-hati dalam memilih pasangan hidup. Dalam Islam, jika ingin memilih calon pasangan hidup pilihlah yang terpenting yakni agamanya. InysaaAllah, dengan memiliki keteguhan iman dan agama yang kuat akan membawa kehidupan rumah tangga yang dibina mencapai tujuan yang diharapkan, bahagia fiddunya hattal jannah.

Nasihat Untuk Remaja Pria Muslim Sebelum Menikah

Nasihat Untuk Remaja Pria Muslim Sebelum Menikah

Pada kesempatan ini, catatanmuslimah.com akan sedikit memberikan bimbingan dan nasihat kepada para remaja muslim terkait persiapan sebelum menginjak kehidupan berumahtangga.

Nasehat Untuk Remaja Pria Muslim Sebelum Menikah

Sesungguhnya, kehidupan pernikahan itu merupakan salah satu periode paling penting yang dialami oleh manusia. Karena, kehidupan dalam sebuah pernikahan itu akan memindahkan kaum muda dari kehidupan yang serba nikmat menjalani hidup sendiri kepada kehidupan yang penuh dengan tanggung jawab, perjuangan dan keberanian.

Jadi, ketahuilah para kaum muda, bahwa kalian akan menjadi penanggung jawab keluarga yang perlindungan dan pemeliharaannya berada di pundak kalian. Kalian akan mempertanggung jawabkan keluarga kalian dihadapan Allah SWT. Berhasil atau tidaknya sebuah rumah tangga yang dibina, tergantung pada kualitas diri kalian. Jika kalian gagal dalam mengemban tanggung jawab itu, maka kalian tidak layak mendapatkan kehidupan yang sukses dan terhormat. Sebesar kesuksesan kalian dalam membangun kehidupan rumah tangga, sebesar itu pula kesuksesan kalian dalam menjalani kehidupan di masa depan.

Baca juga: Inilah 23 Kriteria “Suami Idaman” Wanita Sholihah

Perbaikilah akhlak dan pengetahuanmu tentang agama. Luaskanlah pengetahuan agamamu. Ini adalah hal yang paling penting sangat penting. Karena suami itu adalah imam dalam keluarga. Jangan pernah sepelekan tentang hal ini. Mereka yang nanti hidup bersamamu pasti ingin bahagia tidak hanya di dunia, tapi juga di akhirat. Juga kelak istri dan anak-anakmu akan membutuhkanmu untuk menjadi seorang imam, guru besar dan suri tauladan didalam kehidupan keluarga. Akhlak muliamu akan menuntunmu dalam bertutur kata yang baik, memperlakukan mereka dengan cara-cara yang benar, penuh kelembutan dan kasih sayang.

Kehidupan berumah tangga itu bukanlah sebuah permainan, hiburan ataupun kenikmatan. tetapi kehidupan rumah tangga merupakan kehidupan yang penuh dengan perjuangan dan kerja keras demi orang-orang yang menjadi tanggung jawab kalian. Ingat, bahwa tanggung jawab kalian tidak hanya di dunia saja, namun tanggung jawab kalian sampai akhir nanti.

Persiapkan mental yang kuat. Dengan persiapan mental yang matang akan membuat kalian lebih siap dan mampu menghadapi berbagai cobaan, beban, dan ujian-ujian dalam rumah tangga. Karena tidak selamanya kehidupan rumah tangga itu akan mulus dengan kebahagiaan tanpa adanya perselisihan. Biasakan untuk bisa meredam amarah dan mengontrol emosi. Karena laki-laki jika tidak bisa mengendalikan diri saat sedang emosi, biasanya akan langsung berkata yang bisa menjatuhkan thalaq kepada istrinya. Jadi, berusahalah untuk menjaga lisan dan mengontrol emosi.

Tumbuhkan semangat dalam bekerja keras. Jangan malas-malasan, karena rezeki itu tidak akan datang dengan sendirinya tanpa usaha dan kerja keras. Penuhilah kebutuhan istri dan anakmu kelak. Tidak ada salahnya, sebelum menikah sudah ada persiapan materi untuk calon keluarga kecilmu nanti.

Tidak kalah pentingnya, carilah wanita yang bisa menjadikan penyejuk matamu, yakni wanita sholehah yang dapat memberikan kelengkapan dan kesempurnaan hidupmu tidak hanya di dunia tetapi juga sampai di surgaNya. Karena istri itu merupakan jantung rumah. Jika hati istrimu tidak bahagia, maka seisi rumah akan tampak seperti neraka. Pilihlah istri yang baik agamanya, karena dia akan menjadi madrasah bagi anak-anakmu dan cahaya bagi hidupmu.

Baca juga: 20 Kriteria “Istri Idaman” Yang Membuat Suami Bahagia

Mungkin itu saja beberapa point penting yang harus diperhatikan oleh para remaja muslim sebelum beranjak pada sebuah pernikahan yang hakiki. Semoga bermanfaat dan ulasan kali ini mengenai Nasehat Untuk Remaja Pria Muslim Sebelum Menikah dapat memberikan motivasi bagi kita semua.  بَلِّغُوا عَنِّى وَلَوْ آيَةً . Sekian terimakasih 🙂

Comments

comments

Nasehat Untuk Remaja Pria Muslim Sebelum Menikah | Catatan Muslimah | 4.5